Tugas Utama Data Scientist

Tugas Utama Data Scientist

Data scientist merupakan salah satu profesi yang sedang menjadi primadona di abad 21 oleh banyak pakar dari perusahaan-perusahaan besar di dunia. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi data scientist andal, berikut tugas utama seorang data scientist berdasarkan Dave Holtz seorang pakar dan praktisi data science.

3 Tugas Utama Data Scientist

Data Mining

Analisis Data Perusahaan

Analisis data merupakan tugas yang paling utama dari seorang data scientist. Untuk perusahaan skala kecil menengah, seorang data scientist melakukan beberapa tugas dalam proses analisis data seperti:

  1. Mengambil data dari database dengan query SQL.
  2. Membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau bisa juga menggunakan software lainnya seperti SPSS.
  3. Melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan terkadang untuk data yang sudah masuk kategori big data dapat menggunakan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti R dan MATLAB.

Adapun beberapa case tugas yang diberikan seperti melakukan analisis menggunakan data dari Google Analytic perusahaan, heatmap pada website perusahaan dan masih banyak lagi sumber data yang dapat di analisis lebih mendalam.

Pengujian Data

Data-data yang sudah didapatkan oleh data scientist sepenuhnya belum bisa langsung di proses, perlu adanya proses pengujian data. Beberapa proses pengujian data yang dilakukan oleh data scientist sebelum menyajikan informasi kepada manajemen:

  1. Data Selection : proses pemilihan data pada bank data atau database.
  2. Pre-Processing : proses membuang data duplikasi, memperbaiki data dan memeriksa validasi data.
  3. Transfromation : proses perubahan data guna menyeragamkan data-data.
  4. Data Mining : proses mencari pola berdasarkan data yang ada dengan menggunakan teknik atau metode tertentu.
  5. Interpretation : proses pengolahan kembali dari hasil data mining yang dapat lebih mudah dimengerti.

Penanggung Jawab Data Perusahaan

Data-data dari perusahaan merupakan aset penting yang harus dijaga. Untuk menjaganya perlu dukungan infrastruktur data yang aman agar tidak mudah dicuri. Data scientist dapat bekerja sama dengan data engineer guna membangun infrastruktur data. Dalam membangun infrastruktur tersebut ada beberapa faktor seperti kemudahan akses data hingga kemudahan melakukan analisis data.

Itulah beberapa tugas utama dari data scientist di abad ini. Kebutuhan akan SDM yang ahli dibidang data terus meningkat, peluang berkarier pun terbuka luas. Untuk berkarier dibidang data, Anda perlu memiliki keahlian dalam analisis data. Anda dapat mempelajarinya melalui kursus data science di Course-Net.

Anda akan belajar bagaimana menjadi data scientist andal dari praktisi data sciencenya langsung. Tidak hanya materi saja yang akan Anda dapatkan melainkan ada tips dan trik berkarier dibidang ini.

Dengan mengikuti pelatihan data science di Course-Net, Anda akan mendapatkan sertifikasi internasional dari Wiley. Bagi yang belum paham, Anda masih bisa mengulang di batch berikutnya dan GRATIS.

Dapatkan promo potongan harga khusus untuk Anda yang chat tim kami hari ini juga.

Klik WA