Tingginya Permintaan Android Developer di Indonesia

15:03 By 0 Comments

Tingginya Permintaan Android Developer di Indonesia – Peluang kerja yang besar dalam dunia IT khususnya bidang mobile berbasis android saat ini sedang berkembang sangat pesat. Penggunaan Smartphone memudahkan kita untuk melakukan segala aktivitas, misalnya dalam bidang pelayanan dan pemesanan jasa atau pun lainnya selain dari fungsi hardware tersebut.

Software atau aplikasi sangat berperan dalam kegunaan smartphone, jadi tunggu apa lagi? Ingin Menjadi Android Developer yang Baik? Berikut ini adalah beberapa caranya :

1. Pengetahuan Dasar JAVA & XML

Pengetahuan Dasar JAVA & XML

Pengetahuan Dasar JAVA & XML

Pengetahuan ini sangat penting karena bahasa java dianggap sebagai bahasa pemrograman dasar untuk pengembangan aplikasi android. Pemahaman Java berguna dalam konsep seperti Class, Package, access modifier (public/private/protected) dan konsep lainnya yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

XML adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari, yang perlu Anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya,kuasai dua hal tersebut.

Adapun bahasa pemrograman yang sedang ramai dikalangan industri yang patut Anda pelajari yaitu Kotlin. Kotlin baru-baru ini pembicaraan dikalangan Android developer karena mempunyai peranan yang mempermudah dalam perancangan aplikasi. Dengan mahir dalam bahasa pemrograman ini, Anda akan mudah masuk ke bidang industri Aplikasi Android.

Anda dapat mencari referensi tentang bahasa pemrograman Kotlin melalui internet. Atau Anda juga bisa mempelajarinya secara intensif dengan Coach yang juga seorang praktisi dibidangnya hanya di Course-Net

2. Pemilihan Tools yang Akan Digunakan

Android Studio

Android Studio

Para Android Developer lebih banyak menggunakan Android Studio. Android Studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan Android. Selain itu Android Studio merupakan pengembangan dari Eclipse, sehingga memiliki banyak fitur-fitur yang lebih baru dibanding Eclipse. Hanya saja, Android Studio memakan lebih banyak RAM dibandingkan dengan Eclipse.

3. Pemilihan Library Android yang Terkini

library Android

library Android

Gunakan fungsi library pada android studio, untuk mempercepat pengerjaan project pengembangan aplikasi di android, kita biasanya tidak lepas dari menggunakan library-library open source yang sangat membantu dalam pengembangan aplikasi kita. Karena banyaknya library yang tersedia di github dan lainnya kadang kita kebingungan menentukan library mana yang akan kita pakai.

Sangat penting kita mengupdate informasi tentang fungsi library ini dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti :

a. Fungsional

Kita harus memilih library yang memiliki fungsi yang cukup untuk aplikasi kita, semisal dapat dilakukan oleh satu library cukup dengan satu library saja.

b. Read Me & Quick Start

Kita harus periksa Read Me dan Quick Start dari library tersebut karena sangat membantu sekali nantinya. Karena masing-masing library memiliki method dan teknik penggunaan yang berbeda pula, pilihlah yang semudah dan se-efisien mungkin dalam mempelajarinya, agar tidak menghabiskan waktu dalam mempelajari mengintegrasikan library tersebut pada aplikasi kita.

c. Source Code

Source code dari library apakah tersedia atau dalam bentuk open source, karena apabila kita ingin meng-customize dengan kebutuhan aplikasi kita dapat menelusuri method-method yang ada di library tersebut.

d. Visualisasi

Visualisasi library tersebut yakni video tutorial, screenshots, demo aplikasi yang menggunakan library tersebut, dan real aplikasi yang ada di Playstore yang menggunakan library tersebut. Berdasarkan hal tersebut kita sangat memberikan kredibilitas atas kemampuan dari library.

e. Dokumentasi

Library tersebut dibuat dengan dokumentasi yang baik yang menujukan class-class yang ada serta reference yang dapat kita akses semudah mungkin demi menunjang proses mempelajari dan integrasi library dengan aplikasi kita.

4. Mencari Referensi

Mencari referensi

Mencari referensi

Untuk menjadi developer yang baik sebaiknya Anda selalu mengupdate informasi dengan hal hal terbaru di dunia Android, dengan berbagai cara misalnya mengunjungi beberapa situs website yang menyediakan sumber-sumber informasi terbaru.

Mengikuti suatu komunitas atau forum untuk saling bertukar pendapat atau pandangan dengan pengembang lainnya.

Selalu update informasi melalui website pengembang android developer. Atau mungkin dengan mengikuti kursus android yang diadakan oleh Course-Net setiap bulannya.

5. Memahami Arsitektur Android

Memahami Arsitektur Android

Memahami Arsitektur Android

Membuat aplikasi android memiliki hierarki. Misalnya desain, komponen, pattern, dan masih banyak lagi. Untuk itu ada baiknya bila Anda mengawali dengan memahami apa itu android dan cara mengembangkan desainnya.

Tentu Anda tidak ingin membuat aplikasi android yang mainstream. Karena itu, Anda harus hadir dengan desain beda yang unik dan menarik.

6. User Interface dan Experience

User Interface dan Experience

User Interface dan Experience

Hal penting lain dalam pembuatan aplikasi yaitu tampilan dan penggunaan, sejumlah web seperti Android Niceties, Android Holo Color Generator, Android UI & UX, dan Android Asset Studio bisa diakses untuk membantu pengembangan aplikasi oleh android developer pemula.

Seorang developer harus paham betul dalam mendesain tampilan antar muka antara pengguna dan sistem adalah hal yang perlu dicermati.

Hal ini bertujuan untuk bagaimana cara memanjakan pengguna secara tampilan dan kegunaan fungsi yang dibuat, seorang developer harus mempertimbangkan user dari segi pemakaian.

Saat ini dalam situs lowongan pekerjaan banyak sekali ditemukan lowongan android developer. Itu artinya karir menjadi developer Android terbuka luas, Jangan sia-siakan waktu berharga Anda. Hubungi staff kami untuk memberikan arahan untuk berhasil di bidang ini dengan penghasilan puluhan juta tiap bulannya,

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp