You are currently viewing Mengenal Lebih Dalam Lagi Teknik Pengolahan Data

Mengenal Lebih Dalam Lagi Teknik Pengolahan Data

Teknik pengolahan data adalah termasuk dari bagian yang krusial dalam proses analisis data. Sebab, metode pengolahan data ini bertujuan untuk memproses data mentah dengan menggunakan komputer untuk mendapatkan sebuah output yang memang diinginkan.

Jadi, sebuah data tertentu dapat diolah secara manual maupun otomatis.

Pada umumnya, output yang diperoleh setelah pengolahan data mentah direpresentasikan dalam berbagai format, misalnya saja seperti angka, format string, format abjad (alphabet), format alfanumerik, atau bisa juga dalam bentuk grafik seperti diagram, grafik, peta, dan bentuk grafik sejenis ini lainnya.

Biasanya, metode pengolahan data ini dilakukan oleh data scientist atau tim data scientist. Disebabkan oleh pengolahan data yang wajib dilakukan dengan tepat. Tujuannya supaya tak menghasilkan efek negatif khususnya untuk produk akhir juga output data.

Selain itu, alasan lain dari mengapa biasanya pengolahan data hanya dilakukan oleh data scientist atau tim data scientist adalah untuk melakukan metode ini diperlukan pengetahuan dan keahlian yang khusus supaya menghasilkan output yang tepat dengan rentang error yang kecil, sehingga dapat meminimalisir resiko saat output tersebut diimplementasikan.

Langkah-langkah teknik pengolahan data

Fungsi dasar dari teknik atau metode pengolahan data adalah validasi, pengurutan, peringkasan, agregasi, analisis, laporan, dan klasifikasi. Jadi, proses ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Maka, simak dengan baik langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pengumpulan data

Langkah pertama dalam pengolahan data adalah pengumpulan data. Data dapat diambil dari sebuah sumber yang telah tersedia, dan salah satu contohnya adalah data warehouses. Sumber data haruslah terpercaya, supaya kepastian data yang akan digunakan terbukti berkualitas dan tidak sembarangan.

2. Mempersiapkan data (data preparation)

Langkah yang satu ini adalah langkah untuk membersihkan dan mengatur data mentah supaya dapat digunakan untuk proses setelahnya. Selama proses ini, data mentah diperiksa secara tepat untuk menemukan kesalahan yang ada. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan data yang buruk seperti misalnya data yang berlebihan, tidak lengkap, atau data yang kebenarannya tidak jelas.

3. Peng-input-an data

Langkah ketiga dalam proses pengolahan data adalah meng-input data. Data yang telah dibersihkan melalui proses sebelumnya, bisa dimasukkan ke CRM. Kemudian, data tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang mudah dipahami oleh komputer. Proses input data merupakan tahapan paling pertama dimana data mentah mulai berbentuk informasi yang dapat digunakan.

4. Menyimpan proses dan hasil pengolahan data

Dan langkah terakhir dalam proses pengolahan data ialah menyimpan proses dan hasil pengolahan data. Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan dengan benar dan tepat, maka simpan semua data yang ada agar dapat digunakan lagi di masa yang akan datang.

Kelebihan dan kekurangan metode pengolahan data

Semua hal yang ada di dunia ini tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pun juga dengan metode pengolahan data ini. Sekarang, mari simak terlebih dahulu kelebihan yang dimiliki metode pengolahan data, berikut daftar lengkapnya:

  • Sangat efisien
  • Menghemat waktu
  • Lebih cepat
  • Meminimalisir resiko terjadinya kesalahan

Jika hanya dengan melihat kelebihan yang dimilikinya, tentu itu akan membuat semua orang ingin melakukan metode ini. Namun, nyatanya metode ini juga memiliki kekurangannya tersendiri, yaitu:

  • Membutuhkan daya yang besar sehingga membutuhkan daya listrik dan energi yang terbilang besar
  • Selain membutuhkan daya yang besar, metode ini juga membutuhkan memori yang besar jadi akan terjadi pemborosan pada memori
  • Biaya pemasangan mahal
  • Biaya perawatan relatif mahal

Ketika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari suatu hal, maka Anda pasti bisa mempertimbangkan dan memperhitungkan resiko yang ada, sehingga tidak akan terjadi kekecewaan di masa mendatang.

Teknik pengolahan data dapat diterapkan di berbagai sektor. Jadi, tidak mengherankan jika ilmu mengenai hal ini termasuk salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula. Selain itu, metode pengolahan data dan data science dapat diibaratkan sebagai kunci dan gembok.

Karena, metode atau cara pengolahan data tak bakalan lepas dari namanya ilmu data science. Maka dari itu, sebelum mempelajari metode pengolahan data, alangkah baiknya jika Anda mempelajari arti dari data science terlebih dahulu. Lagipula, ilmu pengetahuan seperti ini tidak susah untuk dipahami dan bisa tersedia secara online maupun offline.

Anda pun dapat mengikuti kursus data science untuk mendalami teknik pengolahan data khususnya big data. Saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak sekali sumber data manusia yang bisa melakukan pengolahan data untuk membantu memajukan bisnis.

Dengan Anda mengikuti pelatihan di Course-Net, Anda akan diajarkan bagaimana mengolah data dengan baik dan benar. Anda pun akan mendapatkan sertifikasi Internasional dari Wiley. Dan ini menjadi nilai tambah Anda untuk berkarier di Indonesia. Informasi lebih lanjut hubungi tim kami dibawah ini.

Klik WA