Sudah Yakin isi email Anda aman?

Sudah Yakin isi email Anda aman?

Beberapa tahun lalu, Google dikabarkan mulai mengizinkan pihak ketiga untuk membaca isi email pengguna layanan Gmail. Tentunya hal ini cukup mengkhawatirkan, bilamana pihak ketiga menyalahgunakan kewenangannya untuk keuntungan sepihak.

Pada artikel ini, Course-Net akan mengulas mengenai keamanan email yang diberikan kewenangan kepada pihak ketiga. Berikut ulasannya:

email Gmail

Email terbaca publik 

Publik yang dimaksud adalah karyawan dari berbagai perusahaan pengembang di luar Google atau pihak ketiga. Pada penerapannya, banyak staf di perusahaan teknologi tersebut mendapat akses email pengguna Gmail. Perusahaan-perusahaan tersebut mempergunakan algoritma khusus, untuk mengakses email pengguna dan mendapat data-data penting dari email-email tersebut. Dari email tersebut juga, pihak ketiga dapat membaca history penelusuran Anda di Google.

Bagaimana Anda bisa menguasai 5 fase Hacking yang pasti dilakukan Hacker Profesional

Return Path dan Edison Software

Kabarnya ada dua perusahaan yang diduga mempraktikkan akses email ilegal ini. Perusahaan yang pertama adalah Return Path. Perusahaan ini menyediakan aplikasi untuk menganalisis pesan di kotak masuk pengguna Gmail yang telah mendaftarkan diri ke salah satu aplikasi partner mereka. Return Path telah menyimpan sekitar 8.000 email untuk menguji coba aplikasi mereka tersebut. 

Perusahaan kedua yang melakukan praktik ilegal serupa adalah Edison Software. Perusahaan ini telah menciptakan aplikasi bernama Edison Mail untuk iOS. Kabarnya, staf mereka diizinkan untuk membaca ribuan email, guna melatih fitur “smart reply” dalam aplikasi tersebut.

Banyak Aplikasi yang Dapat Akses Email 

Tahukah Anda, saat ini sudah banyak aplikasi yang meminta izin dari pengguna untuk mengakses email. Beberapa aplikasi tersebut juga tidak menjelaskan secara transparan, untuk apa akses email tersebut. 

Jangan ikut kursus CEH, kalau tidak mau tahu bagaimana Black Hat Hacker Bekerja

Google jadi penyedia data 

Selain itu, Google juga menyatakan memang menyediakan data bagi developer pihak ketiga. Tentu saja pengembang pihak ketiga ini adalah mereka yang sudah diverifikasi dan diizinkan oleh pengguna untuk mengakses emailnya. Untuk dapat melihat dan mengatur pihak ketiga mana yang dapat mengakses email Anda, lakukan login di halaman My Account.  

Sekarang apakah masih yakin email Anda aman dari tangan-tangan tak bertanggung jawab?

Mulai saat ini berhati-hatilah dalam menggunakan email untuk mengirimkan data-data penting. Sebab acaman selain dari peretas ada juga dari pengembang aplikasi ilegal tersebut. Semoga dengan artikel ini Anda paham dengan keamanan pada email. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara meningkatkan keamanan email agar aman dari peretas, Anda dapat mengikuti kursus CEH di Course-Net.

Bagaimana Anda bisa Menjadi White Hacker dalam waktu 2 Minggu bahkan Kurang

Anda akan mendapatkan skill white hat hacker yang banyak dicari oleh perusahaan seperti scanning network, session hijacking, hacking web server, SQL injection dan masih banyak lagi. Anda juga akan mendapatkan sertifikasi internasional dari EC-Council dan masih banyak benefit yang akan Anda dapatkan saat belajar cyber security di Course-Net.

Bagi Anda yang ingin mendalami bidang cyber security, kami berikan penawaran spesial untuk Anda dengan menghubungi tim kami dibawah ini. 

Klik WA

Tinggalkan Balasan