Sudah Yakin isi email Anda aman?

Sstttt…. Anda pasti pernah membuat email untuk hal yang penting, bukan? Akan tetapi, apakah Anda sudah yakin email yang Anda tidak akan dibaca pihak lain? Beberapa tahun lalu, Google dikabarkan mulai mengizinkan pihak ketiga, untuk membaca isi email pengguna layanan Gmail dari si mbah serba tahu ini. Berikut ini ulasannya untuk Anda! 

email Gmail

Email terbaca publik 

Publik yang dimaksud adalah karyawan di berbagai perusahaan pengembang di luar Google alias pihak ke 3. Pada penerapan dilapangan, banyak staf dari berbagai perusahaan teknologi mendapat akses ke berbagai email pengguna Gmail, wah serem juga yah. Perusahaan-perusahaan tersebut mempergunakan algoritma khusus, untuk mengakses email pengguna, dan mendapat keyword penting. Beberapa perusahaan bahkan mengizinkan karyawannya, untuk memeriksa keyword yang telah didapat.

Return Path dan Edison Software

Kabarnya ada dua perusahaan yang diduga mempraktikkan akses email ilegal semacam ini. Perusahaan yang pertama adalah Return Path. Perusahaan ini menyediakan aplikasi untuk menganalisis pesan di kotak masuk pengguna Gmail, yang telah mendaftarkan diri ke salah satu aplikasi partner mereka. Return Path telah membaca sekitar 8.000 email untuk menguji coba aplikasi mereka tersebut. 

Perusahaan kedua yang melakukan praktik ilegal serupa adalah Edison Software. Perusahaan ini telah menciptakan aplikasi bernama Edison Mail untuk iOS. Kabarnya, karyawan mereka diizinkan untuk membaca ribuan email, guna melatih fitur “smart reply” dalam aplikasi tersebut. Wah ini sih udah melanggar privasi para pengguna.

Klarifikasi pembaca email yang tak jelas 

Namun tahukah Anda, saat ini sudah banyak aplikasi semacam itu, yang terkadang meminta izin dari pengguna sebelum mengakses email mereka. Kendati demikian, banyak juga aplikasi yang tak menjelaskan secara transparan, bahwa pembaca email pengguna adalah manusia, bukan hanya mesin. Namun, seorang developer aplikasi yang melakukan praktik ilegal ini berdalih, hal yang mereka perbuat telah tercantum dalam user agreements.  

Google jadi penyedia data 

Selain itu, Google juga menyatakan memang menyediakan data bagi developer pihak ketiga. Tentu saja pengembang pihak ketiga ini adalah mereka yang sudah diverifikasi, dan diizinkan oleh pengguna untuk mengakses email mereka sebelumnya. Untuk dapat melihat, serta mengatur pihak ketiga mana yang dapat mengakses email Anda, lakukan login di halaman My Account. 

So, Apakah masih yakin email Anda aman dari tangan-tangan tak bertanggung jawab? So, mulai saat ini berhati-hatilah dalam menggunakan email untuk mengirimkan data-data penting. Sebab acaman selain dari peretas ada juga dari pengembang aplikasi ilegal tersebut.

Dengan ini Anda pasti paham betul, langkah apa yang akan Anda ambil dalam mengamankan data email Anda. Temukan jawaban pastinya dengan mengikuti Coaching Cyber Security untuk tahu bagaimana hacker mengambil data email Anda. 

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada tim kami.

whatsapp cs1 | Course-Net

whatsapp cs2 | Course-Net

Leave a Reply