Menggali Prospek Karier di Perusahaan Jaringan

13:10 By 0 Comments

Menggali Prospek Karier di Perusahaan Jaringan – Bagi sebagian besar orang menganggap bahwa, profesi pekerjaan bagi lulusan IT (Teknologi Informasi) hanya terpusat menjadi Programmer saja. Namun sebenarnya, ruang lingkup pekerjaan di bidang IT sangatlah beragam dengan ditunjang nominal gaji yang menggiurkan. Salah satunya, lulusan IT dapat mengepakkan jenjang kariernya ke perusahaan network (jaringan).

internet of things, internet of things adalah, internet of thing, internet of things pdf, internet of things artinya, internet of things indonesia, internet of things contoh, internet of things ppt, internet of things (iot), internet of things journal, inovasi internet, inovasi internet of things, inovasi internet banking, difusi inovasi internet, proses inovasi internet, inovasi teknologi internet,

Ranah pekerjaan di perusahaan network terbagi menjadi dua yaitu :

  • Perusahaan USERmerupakan perusahaan besar seperti Bank, Rumah Sakit, Industri Rokok, Oil and Gas Company yang memiliki jaringan luas atau mempunyai cabang yang banyak. Di perusahaan berskala besar inilah membutuhkan Network Administrator yang bertangggung jawab terhadap sistem yang berjalan di perusahaan. Jenis pekerjaan yang dilakukan seorang Network Administrator antara lain memegang password utama jaringan internal perusahaan, melakukan deal, dan maintenance jaringan agar dapat berfungsi dengan baik.
  • Perusahaan CONSULTANT, merupakan perusahaan dengan sepak terjang tinggi yang dapat memberikan solusi terbaik bagi perusahaan user mengenai jaringan yang akan dibangun atau diperbaharui. Di samping itu tidak hanya sekedar maintenance, Perusahaan Consultant juga bertugas men-design dan melakukan instalasi. Scope kerja di perusahaan consultant sendiri terbagi ke dalam dua bagian yang berbeda yaitu pre sales dan post sales. Kedua jenis pekerjaan ini mempunyai tugas yang saling berkaitan. Kami akan membahas kedua pekerjaan tersebut di artikel berikutnya 🙂 Stay tune for more informations!

Namun sebenarnya ada yang lebih penting, dibalik dua profesi pekerjaan tersebut yaitu untuk memulai karier sebagai IT People di Perusahaan User maupun Perusahaan Consultant, seorang IT People harus memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh Perusahaan Cisco yang bertujuan memvalidasi kualitas dan kemampuan IT People.

Mengenai Perusahaan Cisco

Perusahaan Cisco merupakan produsen Network Equipment terbesar di dunia yang mempunyai tiga macam sertifikasi yang diakui di seluruh negara antara lain Cisco Certified Network Associate (CCNA), Cisco Certified Network Professional (CCNP), dan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE). Ketiga macam sertifikasi ini memiliki perbedaan kurikulum mendasar dan syarat tertentu. (Baca juga: Mengenal Cisco Lebih Dekat).

Setelah memperoleh sertifikasi tersebut, IT People tidak akan kecewa dengan apa yang akan didapatkan selanjutnya. Pasalnya, pendapatan yang mengisi kantong bulanan pemegang sertifikasi kursus CCNA berkisar 6 juta, CCNP berkisar 8 juta, dan CCIE mencapai kisaran 15 jutaan. WOW!