Profesi Business Intelligence pada Berbagai Industri

Profesi Business Intelligence pada Berbagai Industri

Apa yang dimaksud dengan profesi Business Intelligence? Business Intelligence adalah sebuah profesi yang berperan untuk menganalisis suatu data dan mengubahnya menjadi sebuah prospek bisnis dari perusahaan atau klien yang menggunakan jasa perusahaan tersebut.

Pada dasarnya, semua orang yang berprofesi ini akan memberikan analisa data yang mendalam yang dapat menentukan keberlangsungan perusahaan tertentu.

Dengan bantuan informasi yang berasal dari analisa data tersebut, maka sebuah perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengambilan keputusan yang akurat dengan diiringi resiko yang minimal, sehingga keuntungan yang maksimal dan kemajuan perusahaan akan tercapai dengan mudah.

Juga, Business Intelligence ini bisa membantu sebuah perusahaan untuk identifikasi macam-macam pelanggan, menghasilkan produk yang terbukti bisa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, menentukan strategi penetapan harga dalam menghasilkan sebuah manajemen pendapatan terbaik pada masa mendatang.

Mari mengenal profesi Business Intelligence di berbagai bidang industri yang berbeda lebih jelas lagi!

Penerapan Business Intelligence pada setiap industri dengan bidang yang berbeda tentu tidak akan sama. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jelas lagi mengenai Business Intelligence. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Online Transaction Processing (OLTP)

Untuk sistem pemrosesan transaksi online (OLTP), informasi yang dapat dimasukkan ke dalam database product seolah-olah penambahan lini produk dan perubahan harga produk.

Selain itu, di dalam sistem query dari sebuah Business Intelligence yang akan diatasi pada area subjek produk dapat dilakukan penambahan lini produk baru atau perubahan pendapatan kenaikan harga dari suatu produk.

Jika dilihat dari database periklanan, sistem query dapat dijalankan seperti perubahan opsi iklan dan meningkatkan anggaran iklan.

Maka, selama sistem ini berjalan, Business Intelligence akan menganalisa jumlah banyak klien baru yang akan ditambahkan karena terdapat perubahan anggaran pada iklan.

2. Industri Perhotelan

Masih sedikit orang yang tahu bahwa sebagian besar dari pemilik hotel juga menerapkan Business Intelligence untuk mengumpulkan informasi statistik yang berkaitan dengan rata-rata hunian dan tarif per kamar.

Selain itu, profesi Business Intelligence juga dipercaya dapat membantu untuk menemukan total pendapatan yang dihasilkan per kamar dan dapat membantu dalam pengumpulan data statistik mengenai market share serta data survei pelanggan dari hotel lainnya guna mencari tahu posisi kompetitif hotel tersebut.

Maka, dengan menganalisis tingkat tren yang sedang berjalan pada waktu tertentu, hal ini dapat membantu manajemen hotel untuk memberikan beberapa penawaran kepada calon pelanggannya atau pelanggannya saat itu.

3. Industri Perbankan

Untuk penerapan sistem pada profesi Business Intelligence pada industri perbankan dipercaya akan menjadi kunci sukses dalam efektivitas dan efisiensi perusahaan, khususnya dalam kemampuan mendapatkan, mengelola, dan menganalisa data nasabah, produk, jasa, dan kolega dalam jumlah dengan angka yang besar.

Peran Business Intelligence dalam kegiatan seperti manajemen hubungan pelanggan dan kegiatan sejenis ini lainnya dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada nasabah dan secara fundamental dapat meningkatkan kualitas pelayanan suatu bank.

3 tools terbaik dalam Business Intelligence yang paling direkomendasikan

Seiring jaman semakin canggih, semakin banyak juga beberapa jenis teknologi dengan fungsinya yang berbeda-beda yang bermunculan.

Hal ini tidak mengecualikan dengan kemunculan tools yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan pemasaran, penjualan, dan kemajuan perusahaan.

Namun, sepertinya masih banyak individu yang merasa kesulitan untuk mengelola data perusahaan hingga menjadi referensi yang berguna untuk menjalankan strategi bisnis.

Di situasi seperti inilah tools-tools akan memainkan peran yang penting dalam membantu jalannya bisnis dari suatu perusahaan.

Berikut 3 tools terbaik dalam Business Intelligence yang paling direkomendasikan oleh beberapa ahli:

  • Microsoft Power Business Intelligence
  • Tableau (biasanya digunakan untuk berurusan dengan data yang berjumlah besar)
  • FineReport

Bagaimana, menarik bukan? Sepertinya di Indonesia sendiri profesi Business Intelligence masih belum terlalu dikenal oleh kalangan banyak, sehingga masih sedikit orang yang mengenal dengan baik apa yang dimaksud dengan profesi ini.

Maka dari itu, Course-Net sangat berharap artikel ini dapat membantu banyak orang untuk lebih mengenal lagi perihal profesi ini, sehingga keberadaan profesi ini di Indonesia dapat lebih dikenal lagi bahkan bagi kalangan awam.

Hubungi tim kami untuk info lebih lanjut.

Klik WA