Ponsel Hang Akibat Pesan dalam Whatsapp bukan Hoax

Posted by Vicca
Ponsel Hang Akibat Pesan dalam Whatsapp bukan Hoax Sejumlah pengguna WhatsApp melaporkan ponselnya menjadi hang setelah menekan sebuah pesan bintik hitam. Sempat dikira malware, rupanya penyebab masalah tersebut hanyalah kode ASCII.
ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange). Merupakan kumpulan kode-kode yang dipergunakan untuk mempermudah interaksi antara pengguna dan komputer.
Ponsel Hang Akibat Pesan dalam Whatsapp bukan Hoax Masalah pesan yang bikin ponsel hang tidak hanya terjadi di WhatsApp. Kejadian serupa bisa terjadi di Skype, Telegram dan Facebook Messenger. Di dalam pesan tersebut terdapat kode ASCII dalam jumlah massive yaitu 23.643 karakter.
WhatsApp rupanya tidak didesain untuk menampilkan kode ASCII. Maka yang muncul hanya bintik hitam. Jadi setiap kali kita menekan bintik hitam itu, WhatsApp memproses dan berusaha menampilkan semua karakter ASCII tersebut. Lantaran jumlahnya sangat banyak sehingga resource ponsel jadi banyak terpakai. Akibatnya pengguna merasa ponselnya lambat atau tidak merespon atau hang.
Kalau spesifikasi ponselnya cukup tinggi, maka proses tersebut hanya menghabiskan beberapa detik saja. Jadi apabila sudah terlanjur menekan pesan berisi ASCII tersebut, sebaiknya didiamkan saja sampai ponsel selesai menampilkan semua karakter ASCII. Setelah itu, ponsel akan kembali normal lagi.

Leave a Reply