Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking serta Jenis-Jenis Hacking

Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking serta Jenis-Jenis Hacking

Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking serta Jenis-Jenis Hacking – Hacking telah menjadi bagian dari komputasi selama hampir lima dekade dan telah menjadi pembahasan yang sangat luas yang mencakup berbagai topik. Tahukah Anda sebenarnya aktivitas hacking itu sendiri tidaklah 100% merugikan. Bahkan banyak perusahaan besar saat ini mencari orang-orang yang mempunyai skill tersebut.

Penasaran dengan hacking? Mari kita ulas lebih dalam apa itu hacking dan jenis-jenisnya.

Pengertian Hacking

Hacking adalah tindakan menemukan titik entri yang mungkin ada dalam sistem komputer atau jaringan komputer dan hingga berhasil mengambil alih. Hacking biasanya dilakukan untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem komputer atau jaringan komputer, baik untuk membahayakan sistem atau mencuri informasi sensitif yang tersedia pada komputer.

Lain halnya dengan aktivitas hacking yang dilakukan untuk menemukan kelemahan dalam sistem komputer atau jaringan untuk tujuan pengujian. Aktivitas tersebut sering disebut Ethical Hacking. Ethical hacking adalah tindakan hacking yang dilakukan atas izin dan atas sepengetahuan pemilik. Sedangkan Hacking sendiri memiliki pengertian menembus keamanan sistem suatu jaringan komputer dengan cara apapun.

Dapatkan Lebih Banyak Dari Strategi Hacker, Langsung dari White Hacker Profesional

Pengertian Hacker

Seorang ahli komputer yang melakukan perbuatan hacking disebut “Hacker“. Hacker adalah mereka yang mencari pengetahuan, untuk memahami bagaimana sistem bekerja, bagaimana mereka dirancang, dan kemudian mencoba untuk bermain dengan sistem ini.

Mengetahui beberapa jenis hacking sebagai ilmu dasar untuk Anda para pemula untuk mengetahui pentingnya menjaga keamanan internet.

  • Website Hacking − Hacking website berarti mengambil kontrol tidak sah atas webserver dan perangkat lunak terkait seperti database dan antar muka lainnya.
  • Network Hacking − Hacking jaringan berarti mengumpulkan informasi tentang jaringan dengan menggunakan alat-alat seperti Telnet, NS lookup, Ping, Tracert, Netstat,dll dengan maksud untuk membahayakan sistem jaringan dan menghambat operasinya.
  • Email Hacking − termasuk mendapatkan akses yang tidak sah di Email account dan menggunakannya tanpa mengambil persetujuan dari pemiliknya.
  • Ethical Hacking − Ethical hacking adalah sebuah aktivitas menemukan kelemahan pada sistem atau jaringan untuk dilakukan pengujian agar mengetahui dimana letak kesalahannya dan dapat segera diperbaiki.
  • Password Hacking − ini adalah proses pemulihan password rahasia dari data yang tersimpan di atau dikirimkan oleh sistem komputer.
  • Komputer Hacking − ini adalah proses mencuri komputer ID dan password dengan menerapkan metode hacking dan mendapatkan akses tidak sah ke sistem komputer.

Mau dibimbing oleh Praktisi Kelas Dunia secara face to face? Temukan hanya di Course-Net

Itulah Perbedaan Hacking dan Ethical Hacking serta Jenis-Jenis Hacking. Bagi Anda yang tertarik dengan ethical hacking atau white hat hacker, Anda bisa mengikuti Kursus CEH di Course-Net. Anda akan dibimbing oleh coach kelas dunia dimana memiliki sertifikasi dan memang praktisi dibidang cyber security. Dibawah ini salah satu testimoninya.

 

Bagaimana dengan testimoni kak Trifena Caroline yang mempelajari ethical hacker di Course-Net guna melanjutkan studinya di Computer Security. Ethical hacker tak hanya untuk pendidikan saja, melainkan untuk jenjang karir kedepannya. Mengingat Indonesia kekurangan tenaga cyber security.

Tertarik mengikuti kursus etchical hacker di Course-Net, hubungi tim kami sekarang untuk dapatkan penawaran potongan harga.

Klik WA

Leave a Reply