Peranan Data Mining Dalam Perusahaan

Peranan Data Mining Dalam Perusahaan

Apakah Anda pernah mendengar istilah Data Mining?

Mungkin Anda juga pernah mendengar data science. Lalu apa definisi dan peranan data mining bagi perusahaan?

Course-Net akan membahas secara detail tentang data mining hingga peranan dari data mining.

Pengertian Data Mining

Data Mining

Data mining adalah suatu proses pengumpulan informasi-informasi penting dari bank data/ database/ big data. Proses data mining ini biasanya menggunakan metode statistika, matematika, hingga memanfaatkan teknologi artificial intelligence.

Data mining juga memiliki nama lain seperti Knowledge Discovery in Database (KDD), Data/pattern Analysis, Data Archeology, dan masih banyak lagi.

Gambar KDD

Jika Anda amati gambar dalam proses KDD diatas, ada banyak tahapan dan teknik yang digunakan dalam proses data mining. Pada setiap proses membutuhkan beberapa langkah untuk mendapatkan sebuah data yang diinginkan.

Dalam proses data mining di perusahaan perlu dilakukan pembersihan data, integrasi data, seleksi data, transformasi, penambangan data, evaluasi pola, dan presentasi pengetahuan guna menghasilkan informasi yang dapat membantu perkembangan bisnis.

Fungsi Data Mining di Perusahaan

Data mining memiliki fungsi yang cukup banyak. Untuk fungsi utama dari data mining adalah fungsi descriptive dan fungsi predictive. Apa itu fungsi descriptive dan apa itu fungsi predictive, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Fungsi Descriptive

Fungsi deskripsi (descriptive) pada data mining adalah sebuah fungsi untuk memahami lebih jauh tentang data yang sedang dianalisis. Dengan melakukan sebuah proses data mining diharapkan management dapat mengetahui perilaku bisnis dari sebuah data. Data inilah yang nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan gambaran trend bisnis yang sedang berkembang.

Dengan menggunakan fungsi descriptive dari data mining maka baik data analyst maupun data scientist dapat menemukan pola tertentu yang tersembunyi dalam sebuah data.

2. Fungsi Predictive

Fungsi prediksi (predictive) adalah sebuah fungsi dimana proses yang dilakukan akan menemukan pola tertentu dari suatu data. Pola-pola tersebut dapat diketahui dari berbagai variabel-variabel yang ada pada data maupun tidak ada dalam data.

Ketika data scientist atau data analyst telah menemukan pola dari data mining maka pola yang didapat tersebut dapat digunakan untuk memprediksi variabel lain yang belum diketahui nilai ataupun jenisnya.

Dengan melakukan data mining maka akan menguntungkan bagi manajemen untuk melihat prediksi trend pasar guna membuat keputusan dalam hal bisnis perusahaan.

Itulah pengertian dari data mining beserta dengan peranan data mining dalam perusahaan. Dapat disimpulkan, data mining adalah proses pengumpulan data guna diproses lebih lanjut untuk mendapatkan masukan-masukan baru guna memenangi trend bisnis.

Saat ini, Indonesia masih minim ahli bidang data. Permintaan ahli data semakin banyak dilakukan oleh perusahaan yang tidak mau ketinggalan tren mengolah data maka tidak heran banyak yang mencari seorang data scientist.

Inilah kesempatan emas Anda untuk berkarier dan menjadi profesional dibidang data. Ikuti Training Data Science di Course-Net dengan Coach yang seorang praktisi dibidang data dan kaya akan pengalaman. Dapatkan penawaran menarik hanya hari ini, hubungi tim kami sekarang untuk dapatkan penawaran tersebut.

Klik WA