Memahami Peran Microsoft Excel untuk Data Analisis

Memahami Peran Microsoft Excel untuk Data Analisis

Memahami Peran Microsoft Excel untuk Data Analisis –  Tidak sedikit orang yang memilih menggunakan Microsoft Excel untuk data analisis. Sebab, sebagian besar dari mereka beranggapan bahwa hasil analisis yang didapatkan dari Microsoft Excel akan akurat karena pengelolaan data yang dilakukan melibatkan fungsi-fungsi yang tepat dan berdasarkan data yang sudah dianalisis dengan benar.

Microsoft Excel itu sendiri adalah sebuah aplikasi pengolahan data yang dikembangkan oleh perusahaan software terbesar di dunia yakni Microsoft. Selain bisa digunakan untuk pengolahan data, Microsoft Excel juga memiliki fungsi lainnya, yaitu membuat grafik dengan cepat.

Ketika seseorang memahami cara membuat grafik dengan cepat, tentu itu akan mempermudah suatu pekerjaan terasa lebih ringkas dan efisien. Anda tidak perlu bingung untuk mempelajari cara pembuatan grafik dengan cepat ini, karena caranya sangatlah mudah untuk dipahami sehingga Anda bisa dengan cepat mempelajarinya.

Mengenal Peran Microsoft Excel untuk data grafik

Meskipun kata grafik sepertinya sudah diketahui oleh hampir seluruh manusia di muka bumi ini, akan tetapi sepertinya sebagian besar dari mereka masih belum mengetahui dengan jelas arti dari kata grafik itu sendiri. Grafik sendiri memiliki arti gabungan dari angka, huruf, lambang, gambar, simbol, dan lukisan yang ditampilkan pada suatu media.

Grafik diciptakan dengan tujuannya sendiri, yaitu untuk memberikan gambaran tentang data dari sang penyedia materi sampai sang penerima materi dalam proses pemberian informasi.

Dari segi perannya, grafik berperan sebagai penggambaran data-data yang berbentuk angka-angka ke bentuk yang lebih sederhana namun dikemas secara detail atau lengkap.

Setelah memahami secara jelas arti dari sebuah grafik, sekarang simak dengan baik langkah-langkah dalam pembuatan grafik pada Microsoft Excel yang ada di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat grafik pada Microsoft Excel tentu saja membuka aplikasi Microsoft Excel yang terdapat pada perangkat Anda.
  • Lalu pilih opsi ‘Blank Workbook’ dan input atau masukkan serangkaian data berupa angka yang akan dijadikan sebuah grafik.
  • Blok semua data termasuk kolom dan baris data.
  • Setelah itu klik menu toolbar Insert’ dan pilih opsi ‘Charts’ atau dalam bahasa Indonesianya ‘Grafik’. Pilih grafik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Setelah memilih grafik yang sesuai, pilih model grafik tersebut.
  • Sesudah melakukan tahapan sebelumnya, maka grafik secara otomatis akan muncul di lembar kerja Microsoft Excel.
  • Langkah terakhir adalah mengklik menu yang bernama ‘Design’ untuk memberikan perubahan pada warna grafik dan lain sebagainya.

Macam-macam jenis grafik pada Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, tersedia berbagai macam jenis grafik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan data dan keinginan masing-masing individu. Berikut daftar lengkap dari jenis grafik yang terdapat pada Microsoft Excel:

  • Column Chart, jenis grafik yang satu ini biasa dikenal juga dengan diagram batang. Biasanya digunakan untuk membandingkan nilai dalam berbagai kategori, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam perbandingan data dalam jangka waktu tertentu.
  • Line Chart, jenis grafik ini biasanya digunakan untuk menampilkan data berkelanjutan dan dipercaya sangat efektif dalam pengidentifikasian pola atau tren. Maka dari itu, penggunaan grafik jenis ini biasanya dilakukan untuk menunjukkan tren data pada jangka waktu tertentu.
  • Pie Chart, sesuai dengan namanya grafik ini berbentuk lingkaran. Pada grafik jenis ini, Anda dapat mengetahui jumlah data yang dimasukkan. Bahkan, Anda juga dapat melihatnya dalam bentuk persentase.
  • Bar Chart, jenis grafik yang satu ini biasanya digunakan untuk membandingkan beberapa item tertentu, sehingga biasanya digunakan untuk data pertumbuhan penduduk di suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.
  • Area Chart, cukup berbeda dengan jenis-jenis grafik sebelumnya, grafik yang satu ini termasuk data grafik yang penuh warna dan menampilkan data yang kuantitatif. Biasanya jenis grafik ini digunakan untuk menampilkan kontribusi dari setiap nilai terhadap total dari jangka waktu tertentu.

Kesimpulannya, karena tidak sedikit data analysis yang menggunakan grafik untuk pengelolaan datanya, alangkah baiknya jika Anda memahami betul informasi mengenai hal ini. Apalagi, Microsoft Excel juga dipercaya memiliki peran yang cukup penting dalam kegiatan analisis data.

Ingin mempelajari bagaimana cara menganalisis data dengan baik agar dapat membaca tren dan mengambil keputusan untuk bisnis kedepannya. Anda dapat mengikuti Pelatihan data science dengan coach yang seorang praktisi di industri data. Anda pun dapat berkarier dibidang ini, jika Anda memiliki sertifikasi Wiley yang sudah diakui secara Internasional.

Informasi lebih lanjut tentang kursus data science ini dapat menghubungi tim kami atau tekan tombol dibawah ini.

Klik WA