Pengertian Data dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Data dan Jenis-Jenisnya

Data adalah sekumpulan informasi atau keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan proses pengamatan dan pencarian dari beberapa sumber terkait. Data yang didapatkan bisa menjadi sebuah hipotesa atau fakta yang belum diuji ke absahannya. Data-data yang sudah diperoleh maka akan diolah dengan beberapa proses percobaan hingga kedalam bentuk yang lebih kompleks.

Secara harfiah, “data” berasal dari kata “datum” yang diambil dari bahasa Romawi, artinya sebagai sesuatu yang diberikan. Dapat disimpulkan arti sesungguhnya dari data adalah “diberikan” bukan “memberikan”. Istilah data memang lebih cendrung berkaitan dengan teknologi dan penelitian.

Dalam teknologi, Anda mungkin tidak asing dengan istilah database sebuah software tempat penyimpanan dan pengolahan data. Sedangkan dalam penelitian, data biasa digunakan sebagai bahan observasi, setelah didapat data-data yang diperlukan barulah dilakukan pengamatan hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Fungsi Data

Setelah Anda mengetahui pengertian data diatas maka ada baiknya Anda mengetahui fungsi data yang sebenarnya. Berikut adalah fungsi data:

  1. Sebagai dasar membuat keputusan terbaik dalam memecahkan sebuah masalah.
  2. Sebagai dasar dalam perencanaan maupun penelitian.
  3. Sebagai acuan dalam implementasi suatu kegiatan atau aktivitas.
  4. Sebagai bahan evaluasi.

Jika dapat diibaratkan, saat ini data menjadi dasar segala sesuatu. Mulai dari perencanaan hingga hasil akhir. Bahkan data saat ini sudah diolah untuk kebutuhan bisnis hingga dapat memprediksi tren pasar bahkan tidak sedikit perusahaan yang mempekerjakan orang-orang dengan keahlian data.

Jenis – Jenis Data

Berikut ini adalah jenis-jenis data yang dikelompokan berdasarkan parameter yang ada seperti sifat data, sumber data hingga waktu pengambilan data:

1. Data Berdasarkan Sifat

Ada dua jenis data yang membedakan data ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Dua jenis data tersebut kerap dipergunakan dalam penelitian karena kedua data tersebut dapat saling melengkapi. Data kualitatif biasanya berbentuk pernyataan, gambar bahkan simbol. Sedangkan data kuantitatif lebih ke arah pernyataan dalam jumlah bilangan atau angka.

2. Data Berdasarkan Sumber

Anda pasti setuju bahwa data bisa bersumber dari mana saja. Faktanya, sumber data memang dapat dijadikan parameter dari jenis data. Jenis data berdasarkan sumber terbagi 2 yaitu data primer dan data sekunder. Data primer atau data asli adalah data langsung dari objek atau sumbernya. Sedangkan data sekunder atau data tambahan berasal dari sumber-sumber diluar objek seperti jurnal, buku, media dan masih banyak lagi.

3. Data Berdasarkan Waktu

Data berdasarkan waktu dibagi menjadi 2 yaitu data berkala dan data cross section. Data berkala diambil secara berkala di waktu yang telah di tetapkan seperti data closing supermarket, data survei penduduk dan masih banyak lagi. Sedangkan data cress section bisa diartikan data yang terkumpul dalam waktu tertentu seperti data hasil ujian masuk perguruan tinggi dan sejenisnya.

Itulah 3 jenis data yang biasa ditemui di masyarakat maupun industri. Saat ini kebutuhan data amatlah penting, data menjadi bahan bakar yang mahal harganya dikalangan industri. Anda yang ingin memiliki keahlian dibidang data, bisa mengikuti kursus data science di Course-Net dan menjadi seorang data scientist andal dengan gaji 2 digit. Minat? Klik tombol dibawah ini.

Klik WA