Contoh Penerapan Data Science di Industri 4.0

Contoh Penerapan Data Science di Industri 4.0

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai contoh penerapan data science di dunia perindustrian, mari simak terlebih dahulu definisi dari data science itu sendiri.

Data science ini merupakan sebuah disiplin ilmu yang memanfaatkan data berskala besar entah terstruktur hingga yang tak terstruktur. Data science ini nantinya akan memiliki peran yang penting dalam pembuatan sebuah keputusan yang tepat.

Karena semakin ke sini data science semakin populer, jadi sekarang data science menjadi satu dari sekian istilah paling populer dalam dunia perindustrian.

Selain itu, data science juga menjadi teknologi yang berperan besar dalam dunia perindustrian, sehingga secara tidak sadar hampir semua perusahaan di muka bumi ini menerapkan sistem data science.

Beberapa contoh penerapan data science yang sangat berguna pada dunia perindustrian

Data science adalah bidang big data di mana bertujuan untuk memberikan data yang signifikan atas dasar ketersediaan data yang cukup banyak.

Selain itu, data science pun ikut menghubungkan berbagai bidang pekerjaan dengan tujuan melakukan proses perhitungan yang bertujuan untuk menerjemahkan data untuk pengambilan.

Jadi, apa saja contoh dari penerapan ilmu data science di bidang atau dunia perindustrian? Berikut uraian lengkapnya:

1. E-Commerce

Saat ini di Indonesia sendiri, E-Commerce sudah semakin marak bermunculan dan tidak sedikit orang-orang yang memilih berbelanja secara online melalui situs sejenis ini.

Jika Anda masih merasa asing dengan nama E-Commerce, situs seperti ini biasanya dikenal juga dengan marketplace.

Penjual online yang terdapat pada E-Commerce biasanya akan secara otomatis menyesuaikan etalasenya berdasarkan profil data pembeli. Dengan mengubah tata letak halaman dan menyesuaikan produk yang dijualnya secara otomatis dan real-time.

Selain itu, beberapa toko online atau online shop juga akan menyesuaikan harga berdasarkan profil penghasilan konsumen atau bisa juga disebut dengan harga yang dipersonalisasi.

Teknologi seperti inilah yang termasuk dalam salah satu aplikasi penerapan ilmu data science.

2. Fraud Detection

Fraud Detection atau mendeteksi penipuan adalah bagian terpenting dari segala industri keuangan, sehingga data science dan Artificial Intelligence (AI) adalah kedua ilmu yang sering digunakan untuk melakukan proses ini.

Sebab, kerusakan dan gangguan sekecil apapun itu dapat menyebabkan kerugian finansial bagi suatu perusahaan tertentu.

Dengan melakukan analisis prediksi real-time, hal ini akan membantu dalam peningkatan deteksi penipuan dan juga keamanan cyber.

Selain itu, dengan bantuan dari sebuah data science, suatu perusahaan dapat menyediakan layanan keuangan yang lebih efektif, sehingga teknologi ini dipercaya dapat membantu untuk mengidentifikasi potensi transaksi penipuan yang dilakukan di setiap aktivitas.

Fungsi data science lainnya dalam bidang fraud detection adalah dapat membantu untuk memblokir sesi atau akun jika terdeteksi terdapat aktivitas keuangan yang tidak normal.

3. Dynamic Pricing

Penetapan harga dinamis pada umumnya digunakan oleh suatu perusahaan dengan menggunakan data untuk mensegmentasikan pelanggan atau konsumen secara akurat.

Sehingga setiap kelompok pelanggan atau konsumen ke depannya akan dapat ditawari produk dengan harga yang berbeda. Penawaran seperti ini didasari pada informasi yang dihasilkan oleh data science dari berbagai faktor lainnya.

Penggunaan algoritma dynamic pricing pada suatu perusahaan biasanya memperhitungkan dari berbagai macam kategori, misalnya saja seperti lead time, review properti, dan fasilitas yang telah disediakan.

Beberapa disiplin ilmu yang membentuk ilmu data science

Data science menjadi salah satu bidang keilmuan yang dikatakan dapat diterapkan di hampir semua sektor. Sebab, manfaat dari data science itu sendiri sangatlah beragam bagi semua jenis sektor, sehingga istilah “Data is the new oil” muncul ke permukaan.

Istilah ini memiliki arti bahwa data adalah sesuatu yang kita gali dan ke depannya bisa dijadikan sebagai bahan bakar supaya bisa terus melaju.

Selain itu, terdapat beberapa disiplin ilmu dalam pembentukan ilmu data science yang perlu untuk diketahui, yaitu:

  • Data mining
  • Statistik
  • Machine learning
  • Analitik
  • Programming

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda sudah semakin paham dengan topik penerapan data science, bukan? Sebenarnya ilmu seputar pembahasan ini tidaklah susah untuk dipahami jika Anda belajar dengan Coach yang TEPAT.

Course-Net Indonesia memberikan pelatihan data science untuk Anda yang ingin terjun dalam industri ini. Dengan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi 3P yaitu seorang praktisi dibidang data science, punya sertifikasi internasiona dan prestasi dibidang data.

Anda akan diajarkan semi private, jadi kapasitas kelas maksimal 8-12 orang saja. Jangan lewatkan penawaran ini untuk berkarier di Industri Data. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Klik WA