Peluang Kerja Cyber Security, Mau Jadi Apa Ya?

Peluang Kerja Cyber Security, Mau Jadi Apa Ya?

Peluang Kerja Cyber Security, Mau Jadi Apa Ya? – Tahukah Anda, saat ini banyak peluang kerja di sektor teknologi informasi (TI). Khususnya, untuk bidang cyber security. Kebutuhan tenaga seorang spesialist cyber security sangat tinggi di era industri 4.0. Bahkan, gaji yang ditawarkan sangat tinggi dibandingkan rata-rata gaji karyawan TI.

Tingkat persaingannya pun tergolong masih rendah. Pada tahun 2015, terdapat lebih dari 209 ribu lowongan kerja cyber security spesialist di Amerika Serikat yang masih kosong. Menurut Peninsula Press, peningkatan pencarian tenaga cyber security terus meningkat berkisar 74% dalam 5 tahun sebelumnya. 

Dilansir dari laman resmi Cisco, ada sekitar 1 juta lowongan kerja tenaga cyber security di tahun 2015. Jumlah tersebut diperkirakan mengalami peningkatan menjadi 7 juta lowongan pada tahun ini. Sebagai informasi tambahan, gaji tenaga cyber security rata-rata lebih tinggi 10% dibandingkan pekerja TI lain. Di Indonesia, saat ini cyber security spesialist dapat mengantongi gaji puluhan juga perbulan.

Saat Ini Indonesia kekurangan tenaga Cyber Security Profesional, Peluang Anda Terbuka Lebar

10 Jenis Pekerjaan Cyber Security

peluang kerja cyber security indonesia

Berikut ini jenis lowongan kerja yang dapat ditempati oleh orang-orang yang mempunyai skill cyber security. Bagi Anda yang berminat ingin mendapatkan pekerjaan di sektor ini, baca artikel ini hingga akhir akan ada promo menarik dari Course-Net. Ada 10 posisi pekerjaan cyber security yaitu sebagai berikut:

1. Konsultan cyber security

Konsultan security bertugas memberikan solusi keamanan yang dihadapi oleh perusahaan. Tanggung jawab dari posisi ini cukup luas. Mulai dari menemukan cara yang paling efektif dalam melindungi jaringan, perangkat lunak, hingga melakukan pengujian dan analisis risiko yang timbul.

2. Chief information security officer

Sesuai dengan namanya, chief information security officer (CISO) merupakan pimpinan yang mengatur sektor keamanan TI sebuah perusahaan. Tentunya orang-orang yang menempati posisi ini memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang cyber security.

3. Security engineer

Security engineer adalah posisi tingkat menengah yang bertugas membangun serta memelihara sistem keamanan perusahaan. Terkadang, mereka harus memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan dari jaringan perusahaan tersebut.

4. Security architect

Security architect adalah bagian yang bertugas mengimplementasikan dan mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan. Tangung jawab pekerjaan ini adalah mendesain, meriset hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

5. Incident responder

Jika ada insiden keamanan atau serangan siber, maka seorang incident responder adalah sosok yang pertama kali harus bertindak. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam edukasi dan melakukan pencegahan terjadinya insiden serupa.

6. Computer forensic spesialist

Posisi pekerjaan ini memiliki tanggung jawab layaknya seorang detektif. Mereka dituntut untuk dapat mengakses dan menganalisis bukti dari beragam hal, mulai dari komputer, jaringan, atau perangkat penyimpan data. Course-Net mengadakan pelatihan untuk Computer Forensic di Kursus CHFI Jakarta.

7. Penetration tester

Penetration tester atau bisa disebut juga white hat hacker. Bertugas untuk mencari celah keamanan dalam sistem perusahaan dan melakukan analisa secara mendalam bug pada sistem. Untuk memiliki skill penetration tester, Anda hanya perlu mengikuti kursus Certified Ethical Hacker di Course-Net.

Bagaimana Anda bisa Menjadi White Hacker dalam waktu 2 Minggu bahkan Kurang

8. Security analyst

Orang-orang yang berada di posisi security analyst ini bertugas mendeteksi serta mencegah ancaman cyber terhadap perusahaan. Termasuk di antaranya adalah perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit internal dan eksternal, hingga koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga.

9. Developer software security

Sesuai dengan namanya, mereka bertanggung jawab dalam mengembangkan software keamanan dan mengintegrasikannya ke dalam sistem perusahaan. Mereka juga memiliki kewajiban untuk memberikan dukungan serta pengujian perangkat lunak yang telah dirancang.

10. Auditor security

Auditor security harus memiliki kemampuan memeriksa efektivitas sebuah sistem keamanan pada perusahaan. Di samping itu, mereka juga harus mampu memberikan solusi guna peningkatan sistem untuk lebih aman dari serangan cyber.

Itulah 10 posisi pekerjaan cyber security yang banyak tersebar di situs-situs pencari kerja. Saat ini, Indonesia masih kekurangan tenaga cyber security. Artinya peluang kerja di bidang ini masih terbuka sangat lebar. Dan kunci utama yang harus dimiliki adalah skill cyber security.

Course-Net menyediakan layanan coaching bagi Anda yang ingin mendalami ilmu cyber security. Setiap peserta coaching yang telah lulus dan mendapatkan sertifikasi maka akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan besar dengan gaji puluhan juta perbulan.

Jika Anda memiliki skill cyber security, Anda dapat meningkatkan jenjang karir ke arah yang lebih menjanjikan. Ingin menjadi penetration tester atau white hat hacker, Anda ikut kursus CEH. Ingin menempati posisi Computer Forensic Spesialist, Anda bisa mengikuti coaching CHFI. Atau Anda ingin berkarir sebagai security analyst, Anda dapat mengikuti Training ECSA di Course-Net. Penasaran dengan apa kata peserta sebelumnya? Lihat video ini sampai habis

Bagaimana? Sudah tertarik mengikuti training cyber security di Course-Net? Kami berikan promo menarik untuk Anda, bagi Anda yang menghubungi tim kami sekarang juga. Segera miliki skill cyber security untuk jenjang karir yang lebih jelas.

Klik WA

Leave a Reply