Network Engineer, Bagaimana Prospeknya di Indonesia

Network Engineer adalah seseorang yang bertugas untuk menangani jaringan, baik membangun, memperbaharui hingga memperbaiki sebuah jaringan. Intinya setiap kerjaannya berkaitan dengan perangkat keras (hardware) untuk jaringan komputer. Seperti hub, router, modem, switch hingga WAN Accelerator. Pada penerapan dilapangan kerja, seorang network engineer selalu diperlukan disegala bidang industri.

Mengingat saat ini kita memasuki era Industri 4.0, dimana peran dari teknologi infomasi dan jaringan sangat lah penting. Dengan adanya perkembangan  industri tersebut, para Network Engineer dapat kerja di perusahaan berbasis TI maupun Non-TI. Mau bukti? Bisa dicek bergitu banyak nya lowongan di situs pencari kerja online, seperti Jobstreet dan JobDB.

 

Kita ambil contoh dari sekian banyak lowongan networking di situs pencaker. Lowongan pertama dari PT Neptus Teknologi Indonesia merupakan sebuah perusahaan networking infrastruktur dan lowongan kedua dari Eka Hospital yang merupakan sebuah rumah sakit swasta. Sebetulnya masih banyak lagi lowongan jaringan komputer ini, namun 2 saja cukup kita jadikan study kasus.

Prospek Network Engineer, Bagusnya di Perusahaan TI atau Non-TI ?

Banyak yang menanyakan hal ini, yup mencari referensi memang perlu guna mengambil keputusan yang tepat. Yuk, mulai studi kasusnya dari perusahaan TI dan Non TI.

Pertama, jika Anda memilih untuk bekerja di perusahaan TI. Maka Anda akan mendapatkan banyak pengalaman di bidang jaringan. Terlebih lagi Anda akan selalu update dengan teknologi jaringan yang baru. Ada satu keuntungan lagi jika Anda bekerja di perusahaan Networking, biasanya Anda akan diberikan pelatihan mengenai teknologi jaringan, seperti yang banyak menjadi peserta kursus cisco di Course-Net.

Ada banyak perusahaan networking yang bekerja sama dengan Course-Net. Seperti Tel-Net, Metrodata dan masih banyak lagi. Anda bisa cek di halaman Klien Course-Net.

Sedangkan jika Anda memilih bekerja di perusahaan Non TI, maka pekerjaan Anda tidak sesibuk bekerja di perusahaan TI itu dari sisi kesibukannya. Biasanya di perusahaan Non Ti, ketika jaringan sudah terbentuk atau selesai dibangun, maka Anda hanya melakukan pengawasan dan maintenance pada jaringan tersebut. 

Untuk Penghasilan Network Engineer?

Nah, mungkin ini yang menjadi patokan beberapa junior network engineer cari. Kalo masalah penghasilan memang tidak bisa dipungkiri lagi. Anda bisa mendapatkan 4-5 juta untuk level Junior. Untuk yang pengalaman 1-2 tahun bisa mencapai 6-7 juta.

Lain halnya jika Anda mempunyai sertifikasi jaringan komputer berstandar Internasional seperti Cisco Certification. Dengan memiliki sertifikasi tersebut pendapatan dan jenjang karir Anda dapat meningkat lebih cepat.

Berdasarkan penuturan salah satu Praktisi dan sekaligus Coach di Course-Net yang memiliki Cisco Certification, Saat ini banyak perusahaan asing di Indonesia yang siap memberikan penghasilan yang diatas rata-rata.

Wow, penawaran yang fantastis bukan? So, jangan sia-siakan kesempatan ini, jangan biarkan perusahaan memilih selain Anda.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Cisco Certification?

Saat ini banyak sekali tempat kursus Cisco CCNA di Indonesia, salah satunya Course-Net. Namun sayangnya beberapa tempat pelatihan hanya memberikan pelatihannya saja tanpa ada sertifikasi CCNA. Saat ini, Course-Net telah bekerja sama dengan Cisco untuk memberikan Sertifikasi Cisco kepada peserta pelatihan Cisco di Course-Net.

Selain dari kami bekerja sama dengan Cisco, Coach/Trainer kami juga memiliki 3P (Punya Certification CCNA, Praktisi dibidang jaringan komputer dan Prestasi tingkat Internasional). Keuntungan lain jika Anda mengambil kursus CCNA adalah Re-Coaching Lifetime, Anda bebas mengulang kelas kapanpun dan GRATIS.  

Jadi segera amankan Kursi Anda di Kursus Cisco Course-Net sekarang juga. Dapatkan promo potongan harga dengan menghubungi team kami di kontak Whatsapp dibawah ini. Ada banyak yang ingin menjadi Network Engineer handal loch!!!

Klik WA

Leave a Reply