Bagaimanakah Nasib Aplikasi Web dan Aplikasi Mobile di Masa Depan ?

17 December 2016 By 0 Comments

Bagaimanakah Nasib Aplikasi Web dan Aplikasi Mobile di Masa Depan ? – Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, membuat masyarakat semakin dekat dan mengenal dunia digital. Penggunaan teknologi digital pun kini telah merambah ke berbagai sektor seperti berjualan melalui website atau mobile apps, mengirim pesan, dan melakukan transaksi pun sekarang serba digital.

Aplikasi Web dan Aplikasi Mobile Mampu Membawa Perubahan Perilaku Masyarakat

Teknologi juga mengubah perilaku masyarakat yang mulai menyukai belanja online dari pada konvensional sehingga pengguna mobile pun kini mencapai 3,7 miliar di seluruh dunia, peluang tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, oleh karena itu pasar e-commerce mulai berjamuran, banyak bisnis yang beralih atau menghilangkan intermediasi pada jalur distribusinya yaitu dari produsen langsung ke pelanggan. Melihat kondisi seperti itu, kini telah hadir kursus jaringan komputer cisco untuk membantu generasi saat ini yang semakin melek akan teknologi.

Kelebihan Masing-Masing Aplikasi

Bicara tentang perbandingan antara aplikasi web dan aplikasi mobile yang saat ini sedang marak, kedua aplikasi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan. Aplikasi mobile memang sangat mempermudah kita dalam mengakses layanan melalui internet. tetapi tidak boleh di hiraukan bahwa kebanyakan pengguna tidak mau mengunduh terlalu banyak aplikasi di perangkat mobilenya, hanya aplikasi mobile utama saja. sedangkan aplikasi berbasis web saat ini masih banyak digunakan karena bisa memudahkan pengguna dalam menemukan situs-situs layanan baru dan dapat diakses dari sistem operasi mana pun, tidak ada batasnya. Aplikasi web memiliki keunggulan yang luar biasa dimana dengan bantuan link dan adanya mesin pencari, layanan yang kita buat menjadi di kenal masyarakat.

Awalnya aplikasi web hanya berfungsi untuk halaman informasi yang sifatnya statis dan satu arah saja. Namun seiring perkembangan web membuat aplikasi yang awalnya hanya bisa dijalankan pada desktop, sekarang bisa di jalankan via web. Adanya perkembangan ini membuat orang bisa menyimpan data, melihat video, mendengarkan radio bahkan streaming via web. Menurut google, aplikasi web akan mengalami banyak perubahan ke arah yang lebih baik di tahun yang akan datang. Teknologi yang saat ini tengah dilirik adalah PWA (Progressive Web App). Adanya PWA akan menghadirkan sebuah situs dengan tampilan yang serupa dengan tampilan pada aplikasi mobile.

kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta, kursus teknisi komputer dan jaringan

Seiring dengan banyaknya pengguna mobile, maka permintaan pembuatan aplikasi mobile juga terus meningkat, mulai dari aplikasi office, PIM, multimedia, dan games. Ketika kita ingin membuat aplikasi baik itu berbasis website atau mobile pasti kita membutuhkan developer web untuk dapat membuat website yang kita inginkan, di dalam developer web tersebut terdapat spesialisasi baik itu front-end developer atau back-end developer. Back-end dan front-end developer keduanya merupakan bagian yang sama pentingnya dalam pembuatan aplikasi baik itu berupa aplikasi desktop, web atau pun mobile. Front-end developer adalah bagian utama dari sebuah situs website yang berinteraksi langsung dengan pengguna atau pengunjung situs, jika melihat web-web yang bagus tampilannya itu biasanya di buat oleh front-end web developer.

Proses kerja Front-end itu merubah gambar (mockup) menjadi sebuah halaman web static berbentuk HTML, tugas ini lumayan berat dimana front-end developer harus dapat memastikan hasil slicingnya harus sama persis dengan gambar (tampilan, animasi, dll). Para front-end harus paham beberapa bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS, dan Javascript. Setelah front-end menyelesaikan tugasnya kemudian mereka memberikan hasil berbentuk web static yang kemudian akan dirubah oleh back-end developer menjadi web dinamis. Back-end developer mengacu pada program dan skrip yang bekerja pada server di balik layar untuk membuat halaman web yang dinamis dan interaktif, back-end lebih focus pada fungsi-fungsi dari website tersebut (databased dan coding) dan mereka harus paham beberapa bahasa pemrograman yaitu PHP, C#, Java, Java for android, dll. Tugas back-end developer yaitu memastikan semua fungsi berjalan dengan baik dan benar.

Perkembangan teknologi semakin memberikan tantangan bagi para pengembang aplikasi web dan mobile untuk terus mengupdate teknologi dan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada. Banyak tools yang dapat memudahkan pengembangan aplikasi web dan mobile. Bila digunakan dengan optimal, tools tersebut tidak hanya dapat mempercantik aplikasi, tetapi bisa juga semakin mempercepat pengembangan learning curve.