Mudah & Simple, 5 Cara ini Bisa Anda Gunakan untuk Menghemat Baterai Handphone Anda

24 November 2016 By 0 Comments

5 Cara ini Bisa untuk Menghemat Baterai Handphone Anda – Mungkin sebagian dari anda sering mengalami baterai handphone yang cepat habis alias boros atau baterai yang bocor, menyebalkan bukan ketika anda harus selalu mencharger handphone anda beberapa kali dalam satu hari.

kursus android, kursus android jakarta, kursus android developer, kursus pemrograman android, kursus aplikasi android

Source : UPN Connect – UPN Veteran Yogyakarta

Seharusnya pemakaian normal handphone bisa digunakan seharian penuh tanpa harus dicharger, tetapi saat kini handphone hanya dapat bertahan 6 sampai 7 jam. Jika anda menggunakan secara terus menerus tentunya akan kurang dari waktu tersebut. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips atau cara agar baterai handphone anda dapat digunakan secara maksimal, simak berikut ini :

  • Mengurangi kecerahan cahaya layar handphone anda ke tingkat minimum

Cara menghemat baterai dengan cara ini sangat membantu dimana layar handphone anda merupakan sumber utama yang paling menguras baterai. Anda hanya perlu mengatur tingkat kecerahan layar handphone anda dengan menguranginya hingga tampak agak gelap. Pada blackberry dan android cara ini bisa menghemat sebesar 30% sampai 40%. Mengenai android, kini anda bisa mengikuti pelatihan android yang diadakan oleh Course-Net perusahaan terpercaya di dunia.

  • Menutup aplikasi yang berjalan di background

Jika ada aplikasi yang tidak anda gunakan di handphone anda, tetapi masih berjalan di background anda itu akan terus menerus menggunakan baterai anda sehingga cepat habisnya. Sering sekali kita lupa untuk menutup atau kita menganggap ketika kita membuka aplikasi lain, aplikasi tersebut sudah tertutup. Kenyataannya tidak, aplikasi tersebut hanya di minimize dengan menekan tombol back/home. Jadi kalau tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut apa lagi aplikasi yang menggunakan koneksi internet sebaiknya anda close agar baterai dan kuota anda tidak cepat habis.

  • Mematikan WiFi, GPS Bluetooth, NFC apabila tidak digunakan

Meskipun anda tidak menggunakan fitur WiFi, GPS, Bluetooth dan NFC tetapi fitur tersebut akan tetap memakan baterai handphone anda saat aktif. Sebaiknya non-aktifkanlah fitur tersebut jika anda tidak menggunakannya atau sudah selesai menggunakannya.

  • Set koneksi jaringan seluler menjadi manual

Jika anda berada di suatu titik lokasi yang hanya mendapatkan sinyal 3G dan itu pun tidak selalu stabil, selalu bergerak secara otomatis dari sinyal 3G menjadi EDGE / GPRS / 4G dll. Sangat disarankan anda mengatur sinyal jaringan anda menjadi EDGE/ GRPS / 4G saja sesuai handphone kamu menangkap sinyal apa di titik lokasi tersebut.

  • Mengupgrade firmware / OS

Terkadang kapasitas baterai yang cukup singkat bisa dikarenakan firmware (OS) yang tidak benar. Hal ini bisa saja terjadi apabila anda membeli handphone seri terbaru. Beberapa bulan para vendor akan meluncurkan update-an firmware yang terbaru yang lebih baik lagi, sehingga anda disarankan perlu mengupgrade OS pada handphone yang anda miliki.