Mengenal Lebih Dekat CCNA

Mengenal Lebih Dekat CCNA

Mengenal Lebih Dekat CCNA – Sertifikat CCNA sering kali menjadi persyaratan seorang network engineer dapat diterima di perusahaan besar atau tidak. Hal ini karena pemilik CCNA diharapkan sudah mampu dan ahli dalam bidangnya, terutama networking. Hingga banyak orang yang sampai mengikuti kursus atau pelatihan terlebih dulu untuk mendapatkan sertifikasi CCNA.

Namun, sebelum membahas terlalu jauh, apa sebenarnya CCNA ini? Mengapa sertifikat ini sangat diminati oleh para network engineer dan pencari kerja?

CCNA(Cisco Certification Network Associate) adalah sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Cisco System, sebuah perusahaan besar di bidang IT terkhusus jaringan komputer yang telah diakui secara global oleh dunia internasional. Bahkan Cisco juga menjadi standar untuk produk jaringan komputer perusahaan-perusahaan di dunia.

Hal tersebut menjadikan CCNA mendapat nilai khusus di mata perusahaan dalam negeri maupun internasional. Program sertifikasi yang sudah dimulai sejak tahun 1998 ini merupakan sertifikasi tingkat pertengahan, di mana mereka yang punya sertifikatnya dianggap sudah mampu mengoperasikan jaringan komputer di skala menengah ke atas.

CCNA ini sebenarnya dibagi menjadi beberapa sertifikasi dalam bidang-bidang khusus, yaitu CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA CyberOps, CCNA Data Center, CCDA, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA SP dan CCNA Wireless. Namun, yang lebih populer adalah CCNA Routing and Switching yang biasa disebut sebagai CCNA R&S.

Keuntungan Memiliki Sertifikasi CCNA

Banyak sekali lembaga pelatihan Cisco yang mengkhususkan pada CCNA R&S, termasuk lembaga kursus CCNA Course-Net Indonesia. Di mana para peserta training akan diajari mulai dari dasar-dasar jaringan komputer, switching, routing sampai teknologi WAN. Namun, mengapa harus CCNA R&S yang lebih diunggulkan? Karena ada banyak keuntungan yang didapatkan dari pelatihan routing and switching.

Pertama, karena switching dan routing adalah dasar atau pondasi dari jaringan komputer yang akan Anda utak-atik nantinya. Berbicara mengenai jaringan komputer sudah jelas tidak jauh dari pemilihan lalu lintas jaringan(routing) hingga proses untuk menerima data dan bagaimana cara mengirimnya lewat lalu lintas itu tadi(switching).

Selain itu, Anda yang bersertifikasi CCNA RS juga bisa melanjutkan untuk ke tahap selanjutnya, seperti mengambil ujian untuk CCNA Security, CCDA untuk desain dan CCNA Wireless.

Tempat untuk Kursus CCNA R&S di Jakarta

Apabila Anda serius ingin melakukan kursus Cisco Jakarta, maka tempat yang paling recomended adalah Course-Net. Mengapa demikian? Pertama, Course-Net punya tenaga profesional untuk mengajar Anda secara bertahap. Fasilitasnya pun lengkap untuk mendukung proses belajar, mulai dari wi-fi yang memadai, e-book untuk panduan, dan Anda dapat melakukan konsultasi selama yang Anda inginkan. Bahkan Anda juga mendapatkan sertifikat khusus dari Course-Net.

Tidak hanya itu, Course-Net pun punya program kursus untuk CCNP R&S, yaitu pelatihan untuk persiapan mengikuti ujian CCNP, level sertifikasi Cisco yang satu level lebih tinggi daripada CCNA.

Jika mengikuti kursus CCNP R&S maka yang diajarkan pun sudah tahap yang lebih tinggi. Misalnya seperti implementasi EIGRP based solution, implementasi multi-area OSPF Network atau bagaimana cara mengatasi masalah pada multi protocol system network dan lain-lain.

 

Oleh sebab itu, penting sekali bagi para network engineer dan Anda yang ingin bergelut di bidang jaringan komputer, untuk mengikuti Cisco training Jakarta seperti yang ada di Course-Net. Selain meningkatkan kualitas Anda sebagai engineer network, Anda juga bisa meningkatkan standar gaji ketika berada di sebuah perusahaan. Sertifikat CCNA ini bersifat internasional, sehingga sudah pasti bisa digunakan untuk mengajukan diri ke perusahan-perusahaan internasional pula.

Konsultasi lebih dalam mengenai CCNA dapat menghubungi Call Center kami di bawah ini.

Klik WA

 

Leave a Reply