Mengapa Gaji Data Scientist Diatas 2 Digit

Mengapa Gaji Data Scientist Diatas 2 Digit

Sudah banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya mengolah data untuk mendapatkan solusi di era Industri 4.0. Beberapa waktu lalu terjadi workshop yang menghadirkan Data scientist perusahaan besar di Indonesia dan dihadiri juga pengusaha dari berbagai sektor industri. Workshop tersebut diselenggarakan guna menjelaskan mengapa dan bagaimana data science dapat membantu perkembangan perusahaan.

Peranan seorang data scientist dalam sebuah perusahaan cukup penting, perusahaan mana yang dapat mengelola datanya dengan baik maka ia akan maju. Kita ketahui bersama bahwa tangung jawab dari data scientist sangatlah kompleks dan tidak heran jika orang-orang yang bekerja pada profesi ini dibayar mahal dengan rata-rata gaji diatas 2 digit.

Inilah salah satu alasan mengapa data scientist dinobatkan menjadi karier terseksi tahun ini dan menjadi pekerjaan yang paling diminati generasi milenial.

Seberapa Penting Peranan Data Science di Indonesia Saat Ini?

Beberapa perusahaan memang belum terpikir untuk merekrut seorang data scientist. Pasalnya data-data yang ada masih bisa terselesaikan hanya dengan Microsoft Excel. Namun bukan berarti data scientist selamanya tidak dibutuhkan.

Seorang data scientist bertugas untuk membantu manajemen membuat keputusan berdasarkan data-data yang telah dianalisis secara mendalam. Bagi Anda yang tertarik menjadi data scientist, Anda wajib memiliki minimal 3 skill, yaitu statistika, pemrograman dan bisnis.

Menurut Felius sebagai penyedia Internet of Things (IoT) pada industri manufaktur di Indonesia, beliau memaparkan “Di Industri manufaktur, mereka tidak hanya perlu mengedukasi tentang pentingnya pemanfaatan Data Science. Tapi, bagaimana caranya untuk meyakinkan klien bahwa cloud computing dan edge computing yang merupakan bagian dari data science itu aman bagi perusahaan”.

Dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian data science pada industri yang dinilai paling siap adalah di sektor Finansial, E-Commerce dan masih banyak lagi. Namun sebaliknya untuk industri manufaktur dinilai paling belum siap untuk mengadaptasi data science.

Lantas, Apa yang Dimaksud dengan Data Scientist?

Menurut DJ Patil dari U.S Office Data Analyst, Data scientist adalah seseorang yang dapat menceritakan sesuatu informasi dari kumpulan data yang banyak atau seseorang profesional yang memiliki skill untuk mendapatkan data untuk selanjutnya dianalisis dan ditindaklanjuti.

Data scientist perlu memiliki dasar-dasar ilmu data science yang mendalam. Data science lahir dari kombinasi beberapa ilmu pengetahuan, seperti matematika, statistika, programming dan bisnis. Dengan berbekal ilmu tersebut, data scientist dapat menganalisis big data dan melakukan visualisasi data guna dipahami oleh manajemen.

Bagaimana Data Scientist Bekerja?

Langkah awal adalah mengetahui masalah-masalah yang dihadapi pada sektor bisnis tersebut, dari sini dibutuhkan ilmu bisnis yang baik dan pengalaman akan sangat menentukan. Pada fase ini, Data scientist harus mengerti masalah-masalah yang ada pada perusahaan tersebut.

Selanjutnya memahami data-data yang telah ada, seperti data transaksi, data penawaran, data keluar masuk barang dan data-data yang masih berhubungan. Setelah data didapatkan maka langkah selanjutnya data akan di analisis.

Setelah mendapatkan hasil analisisnya maka data scientist akan melakukan visualisasi data untuk report kepada manajemen. Jika ada beberapa masalah yang harus diselesaikan, tugas data scientist perlu untuk merunut masalah berdasarkan skala prioritas.

Ingin Jadi Data Scientist dengan gaji 2 digit?

Tahun ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi data scientist andal. Pasalnya beberapa perusahaan sudah mulai melek, bahwa mereka butuh seseorang dengan skill di bidang data. Dengan kebutuhan akan data scientist yang terus meningkat maka memberikan peluang untuk Anda berkarier dibidang ini.

Posisi data scientist bukan posisi yang siapa saja bisa masuk, perlu ada ilmu dan sertifikasi pendukung yang menjelaskan bahwa Anda memiliki kemampuan dibidang ini. Course-Net menyediakan kursus data science dengan sertifikasi internasional. Anda akan belajar bagaimana menganalisa data, masalah perusahaan dan membuat machine learning yang menjadikan Anda seorang data scientist andal.

Anda juga akan dibimbing langsung oleh coach yang berkecimpung dibidang data science selama belasan tahun. Takut tidak paham? Tenang saja, Anda dapat mengulang sebanyak yang Anda suka. Course-Net memberikan kepada seluruh peserta pelatihan “1 kali bayar, belajar sampai bisa”.

Jadi tunggu apa lagi, Gaji data scientist mulai dari 2 digit dan akan terus naik dari waktu ke waktu. Cek langsung informasinya di https://www.course-net.com/course/kursus-data-science/ atau hubungi tim kami dibawah ini.

Klik WA