Mengapa Digital Marketing Sangat Penting ?

4 December 2018 By 0 Comments

Di era globalisasi yang semakin maju dan berkembang sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan pokok untuk semua orang yang menggunakan digital marketing. Pada zaman digitalisasi ini hampir 90% orang-orang diseluruh dunia menggunakan digital & internet untuk berkomunikasi antar negara dengan berbagai media social.

Terlebih lagi jaman sekarang banyak orang yang mau nya serba instan. Contohlah belanja, shoping membeli sesuatu kebutuhan semua sudah menggunakan digital. Dan itu banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk menawarkan produk yang dijual kepada konsumen melalui media social.

Akan tetapi banyak juga diantara orang-orang yang belum mengerti akan hal itu. Mereka melakukannya asal menawarkan, asal posting tanpa tahu target pasar dan segment nya. Itulah bagian terpenting dari penjualan di media online. Untuk itu betapa pentingnya kita belajar internet marketing atau biasa orang menyebutnya digital marketing.

Pentingnya digital marketing di jaman modern yang semuanya serba instan membuka peluang usaha bagi pedagang online yang mengerti cara, tips dan trik nya. Banyak seminar yang diadakan oleh pakar-pakar internet marketing yang semuanya membahas tentang digital marketing. Akan tetapi dari itu semua dalam waktu yang singkat tidak akan tuntas untuk belajar digital marketing. Butuh waktu berminggu-minggu untuk memahami, mengerti dan mempraktekan secara langsung dengan benar tentang cara, tips, trik dan lain-lainnya.

Digital Marketing adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunakan media digital. Yang termasuk Media Digital antara lain adalah : Television, Radio, Internet, Mobile, Social Media dan berbagai media digital media lainnya, dimana teknik-teknik internet marketing termasuk dalam kategori Digital Marketing. Apa yang menjadi kelebihan Digital Marketing dibandingkan Conventional Marketing yang lebih mengandalkan pemasaran offline seperti door to door, penyebaran marketing kit seperti (brosur, leafet dan poster), billboard, iklan media cetak seperti (Koran, majalah, dll) telemarketing lewat telpon. Bisa dibilang Digital Marketing menggunakan tools yang dapat mengefektifkan kinerja pemasaran Anda, bayangkan dengan website dan social media maka kita bisa menjangkau pemasaran ke seluruh belahan dunia tanpa dengan mudah, bayangkan bila Anda menggunakan media conventional maka effort yang Anda butuhkan lebih besar untuk menjangkau pasar yang begitu besar.
Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan social media karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu bagi target audience kita untuk membaca promosi kita. Bayangkan seringkali kita diberikan brosur di Mall-Mall dan karena kita belum membutuhkannya maka seringkali brosur itu kita buang sehingga terjadi pemborosan resource pada jenis pemasaran conventional, demikian dengan pemasaran langsung door to door seringkali para sales menawarkan kita pada waktu yang kurang tepat, bahkan untuk pemasaran telemarketing seringkali kita menerima penawaran kartu kredit ataupun produk investasi pada waktu yang kurang tepat sehingga kita merasa terganggu.
Kita harus berterima kasih pada digital marketing  bayangkan apabila semua perusahaan menerapkan metode digital marketing maka kita diberikan kebebasan dan kita tidak  lagi tergganggu oleh para sales produk/ brand, selain itu digital marketing memiliki nilai eco friendly karena sifatnya yang paperless, bayangkan bila semua dari kita menggunakan metode digital marketing berapa banyak pohon yang kita bisa hemat di dunia ini.
Kunci Sukses Digital Marketing adalah Content Promosi Anda Sebenarnya digital marketing maupun conventional marketing semuanya adalah metode marketing keduanya sama-sama memerlukan content marketing yang benar-benar sesuai dengan target market.