kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

Mengapa Cyber Security Harus Jadi Perhatian Utama Perusahaan? – Banyak faktor yang menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Sebut saja faktor seperti kepemimpinan, kualitas pekerja, kemampuan perusahaan dalam berkomunikasi, atau pun cara perusahaan menangani komplain pelanggan. Di era digital seperti sekarang, ada satu faktor lagi yang perlu diperhatikan. Tak lain adalah cyber security atau keamanan teknologi informasi (TI).

Inilah Mengapa Cyber Security Sangat Berperan Penting dalam Perusahaan

Cyber security memang berdampak secara langsung dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Apalagi, cyber security merupakan salah satu faktor yang menjadi cara menilai kemampuan perusahaan dalam mengamankan data-data pentingnya. Hanya saja, perusahaan kerap mengabaikan hal ini.

Hal tersebut bisa dilihat dalam survei yang dilakukan oleh Kaspersky Lab pada rentang 2011-2014. Dalam survei ini, diketahui kalau sebanyak 27% perusahaan mengalami kehilangan data akibat minimnya keamanan TI. Bahkan, secara khusus bisnis infrastruktur seperti telekomunikasi punya tingkat kerentanan perangkat lunak yang sangat tinggi, mencapai 35%.

Selain itu, pemberitaan mengenai tingkat kerentanan cyber security perusahaan ternama dunia juga kerap muncul di jagat maya. Salah satunya adalah serangan hacker yang secara masif menimpa Yahoo beberapa waktu lalu. Dalam serangan hacker tersebut, sebanyak 1 miliar data pengguna Yahoo berhasil dicuri.

yahoo hacked Mengapa Cyber Security Harus Jadi Perhatian Utama Perusahaan? Di sini, terlihat bagaimana Yahoo yang notabene perusahaan teknologi abai dalam mengamankan data-data penting miliknya. Secara tidak langsung, hal ini pun mempengaruhi tingkat kepercayaan para penggunanya. Hasilnya pun terlihat jelas, Yahoo kini telah gulung tikar dan diakuisisi oleh Verizon. Beragam jenis ancaman di dunia cyber perlu menjadi perhatian bagi para pemilik perusahaan. Di antaranya adalah pemanfaatan backdoor, serangan denial-of-service (DoS), spoofing, phising, clickjacking, atau pun social engineering. Motivasi para penyerang pun beragam. Beberapa di antaranya dilakukan sebagai tindakan iseng. Tak sedikit pula yang melakukan penyerangan dengan motif finansial. Bahkan, ada pula aksi penyerangan yang didanai oleh pemerintah.

Langkah Best Practice Amankan Data Penting Pribadi Anda

Untuk itu, para pemilik perusahaan pun harus menyiapkan sejak dini pertahanan keamanan TI miliknya. Di sini, perusahaan membutuhkan tenaga seorang hacker yang bertugas menguji tingkat keamanan TI. Di sisi lain, ada pula tenaga seorang spesialis cyber security yang berperan memperbaiki celah keamanan serta menangkal setiap serangan cyber yang ada. Cara penangkalan serangan pun bisa dilakukan dengan beragam metode. Baik dari segi perangkat lunak ataupun perangkat keras.

Sebagai tambahan, perusahaan besar seperti Microsoft, Google, ataupun Apple pun bahkan kerap menjalankan program bug bounty untuk mengetahui celah keamanan cyber dalam perusahaan. Di waktu yang sama, program tersebut juga menjadi sarana dalam melakukan perekrutan karyawan di sektor ini.

Tidak ketinggalan, perusahaan harus menyiapkan produk software dan hardware mutakhir untuk menangkal setiap serangan cyber. Hanya saja, keberadaan perangkat canggih tersebut akan sia-sia kalau tidak dibarengi dengan kecanggihan penggunanya. Bukan hanya seorang tenaga cyber security, tapi juga karyawan lain yang memiliki peran penting dalam penyimpanan data penting perusahaan.

Akan menjadi sangat penting bagi karyawan dan calon karyawan untuk mengikuti kursus jaringan komputer, kursus cyber security, bahkan kursus hacker sekali pun untuk menghadapi kemajuan teknologi.

Apakah perusahaan Anda sudah siap?

Lindungi Bisnis Anda! Menguak Cara Hacker Mencuri Data-Data Anda dan Antisipasinya

Rahasia Supaya Anda Terhindar dari Serangan Hacker

Temukan Cara Praktisnya Disini! Bersama Pakar Cyber Security No.1 Di Asia.