Manfaat Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

Untuk waktu yang lama, Java dikenal sebagai bahasa utama dalam mengembangkan aplikasi Android. Namun, tidak dibenarkan juga untuk mengatakan bahwa Java adalah satu-satunya atau pilihan terbaik dalam membangun andorid apps. Meskipun Java telah menandai kehadirannya sebagai bahasa resmi, ia juga hadir dengan berbagai tantangan yang dapat membuat para developer enggan menggunakannya dan mencari bahasa alternatif.

Baca Juga : Apa itu Java Programming

logo java programming
Java programming

Dengan meningkatnya teknologi yang ada saat ini, berbagai bahasa pemrograman turunan dari Java mulai menarik perhatian pengembang, dan tidak diragukan bahwa Kotlin memimpinnya. Integrasi Kotlin bagi para pengembangan aplikasi android dapat menjaga bisnis tetap update dengan teknologi terbaru.

Kotlin mengkompilasi ke byte code yang sama dengan pemrograman Java, berinteroperasi dengan  Java class dengan cara yang natural, serta berbagi tools dengan Java. Karena belum adanya overhead antara Kotlin dan Java, menambahkan Kotlin dilakukan secara bertahap pada aplikasi Android yang saat ini masih menggunakan bahasa Java. Beberapa kasus di mana interoperabilitas antara Kotlin dan Java code, seperti properti Java set-only, kasus tersebut jarang ditemui dan sangat mudah diperbaiki.

Keuntungan Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Kotlin

kotlin | Course-Net

Dengan setiap modifikasi dalam pembaruan aplikasi menggantikan yang lama atau perbaikan bug. Meskipun Java masih tetap menjadi basis pengembangan aplikasi android, Kotlin memiliki efisiensi untuk melakukan tugas pengembangan dan eksekusi dengan maksimal.

Anda perlu tahu, beberapa manfaat dalam pengembangan aplikasi android dengan Kotlin,

Lebih sedikit pengkodean

Kotlin dikembangkan untuk mengurangi enkripsi yang terjadi pada Java. Menurut perkiraan para developer, itu sekitar 20% lebih rendah dari bahasa Java. Secara garis besar, Kotlin mengurangi jumlah pengkodean standar yang harus ditulis programmer sebelumnya.

Interoperability a Key

Ini adalah alasan utama di balik meningkatnya popularitas Kotlin. Kotlin dan Java bisa berjalan secara bersamaan. Pasca kompilasi proyek menggunakan kedua bahasa, tentu akan menjadi sulit untuk membedakan bagian mana yang dibuat dengan Kotlin dan yang Java. Berkat interoperabilitas ini, Anda dapat menggunakan fungsional dan kemudahan penggunaan Kotlin tanpa harus membuat proyek baru atau mengubah kode proyek saat ini.

Sangat aman

Dengan mengode dengan Kotlin, Anda dapat menghindari kesalahan seperti NullPointExceptionsIni mencegah Anda dari bekerja pada tipe null, baik sengaja ataupun tidak sengaja. Kompiler dirancang untuk mengidentifikasi kesalahan secara otomatis.

Mudah untuk dipelajari

Anda mungkin tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar Kotlin dengan Android. Bahasa ini dapat dikuasai dalam beberapa jam setelah membaca referensi bahasa. Kotlin hadir dengan sintaks yang disederhanakan dan intuitif dan dirancang untuk memberikan jalur pembelajaran yang lancar bagi pengembang sebelumnya menggunakan Java.

Tidak menerima biaya alias free

Karena Kotlin adalah bahasa open source, Anda tidak perlu menghabiskan uang Anda yang berharga. Anda dapat mulai menggunakan bahasa canggih ini menggunakan alat konversi Java ke Kotlin untuk mengonversi file Java yang ada. Dengan bantuan alat ini, Anda dapat mengubah kode kompleks menjadi bentuk yang lebih mudah, tanpa mengurangi waktu dan upaya yang dihematnya.

Platform yang kompatibel dengan Kotlin dalam pengembangan web dan aplikasi

Kotlin digunakan dalam berbagai tahap pengembangan seperti sisi klien, sisi server, dan lainnya. Itu tidak terbatas pada dukungan aplikasi Kotlin asli juga melayani platform lain seperti iOS, embedded system, dan macOS.

Di bawah ini adalah platform;

  • iOS (arm32, arm64, simulator x86_64)
  • macOS (x86_64)
  • watchOS (arm32, arm64, x86)
  • tvOS (arm64, x86_64)
  • Android (arm32, arm64, x86, x86_64)
  • Perakitan Web (wasm32)

Jadi kesimpulannya adalah, Kotlin tampaknya memimpin jika kita membandingkan kedua bahasa tersebut. Ini memiliki penawaran luas saat berjalan pada JVM dan juga dapat membuat kode asli dan Javascript. 

Melihat keuntungan seperti ringkas, eksplisit, dan lebih aman, juga memberikan akses ke banyak fitur yang berguna seperti lambdas, builders, extension functions, coroutines dan masih banyak lagi. Pengembang Android lebih akrab dengan Java saat ini, akan mulai membandingkan antara kedua bahasa ini. Baik Java maupun Kotlin tentunya memiliki kelebihan masing-masing.

Baca Juga : Cara Menjadi Android Developer Handal dalam Hitungan Minggu

Jadi, jika Anda ingin beralih dari Java ke Kotlin, Course-Net dapat membantu Anda untuk pengembangan aplikasi android dalam Kotlin. Anda akan diajarkan mulai dari dasar hingga tingkat paham membangun aplikasi menggunakan Kotlin. Dengan Coach yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang software development tentunya ide-ide Anda akan tertuang dalam aplikasi yang ingin Anda rancang. 

Hubungi tim expert kami untuk mendapatkan penawaran menarik mengikuti Coaching Android Development.

whatsapp cs1 | Course-Net

whatsapp cs2 | Course-Net

Leave a Reply