Manfaat dari Visualisasi Data

Manfaat dari Visualisasi Data

Visualisasi data (Data visualization) adalah representasi grafis dari data guna membantu orang untuk lebih memahami makna dari sebuah data. Saat ini banyak perusahaan sudah menerapkan visualisasi data untuk mempermudah menentukan keputusan. Visualisasi data biasanya disajikan oleh data analyst maupun data scientist dalam bentuk diagram, grafik dan sejenisnya. Berikut ini manfaat visaulisasi data, antara lain:

1. Transfer Wawasan Lebih Cepat

Transfer Wawasan Lebih Cepat

Dengan menggunakan data visualization, Anda dapat dengan mudah mentransfer wawasan atau ide berdasarkan data. Jika semua orang paham dengan wawansan yang dipaparkan maka keputusan akan lebih mudah diambil. Risiko kesalahan keputusan pun dapat diminimalisirkan.

2. Lebih Cepat dan Tepat dalam Membuat Keputusan

Lebih Cepat dan Tepat dalam Membuat Keputusan

Perusahaan atau organisasi dapat membuat keputusan dengan cepat karena dukungan dari visualisasi data yang secara real-time.

3. Meningkatkan Kemampuan Analisis

Meningkatkan Kemampuan Analisis

Implementasi dari visualisasi data memiliki poin positif dengan meningkatkan kemampuan analisis SDM. Seluruh anggota dapat melihat data yang divisualkan sehingga mudah dibaca dan dianalisis bersama.

4. Meningkatkan Nilai Produk/Jasa

Meningkatkan Nilai Produk/Jasa

Saat ini data merupakan bahan bakar yang paling mahal harganya, fungsi dari data juga dapat mempredisi tren yang ada. Bagi yang tidak memiliki cukup data, intuisi akan bekerja dan hasilnya tidak seakurat data yang ada.

5. Waktu Pengerjaan yang Cukup Cepat

Waktu Pengerjaan yang Cukup Cepat

Dengan menggunakan data yang sudah tersedia maka pengerjaan tidak perlu memakan waktu lama. Bagi seorang data scientist, proses yang paling memakan waktu lama adalah mempersiapkan data-data, terkadang data tidak tersruktur sehingga membutuhkan waktu lama.

Itulah 5 manfaat dari visualisasi data, Anda tertarik memiliki skill visualisasi data? Anda dapat bergabung bersama Course-Net di Program Data Science. Anda akan mendapatkan pengatahun para data scientist andal dan memiliki sertifikasi internasional. Mau?

Klik WA