Langkah Jitu Menjadi Data Scientist Andal

Langkah Jitu Menjadi Data Scientist Andal – Perkembangan jaman yang semakin hari semakin berkembang pesat. Banyak ilmu-ilmu pun yang mengikuti perkembangannya salah satunya data science. Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan ilmu data science dalam mengolah data, baik hasil survey maupun hasil penjualan perusahaan tersebut. Tidak dapat dipungkiri juga saat ini pekerjaan Data Scientist sedang naik daun dan banyak dicari terutama perusahaan startup.

Sayangnya, keberadaan data scientist di Indonesia masih terbilang jarang, karena ada banyak langkah untuk menjadi seorang data scientist yang andal dibidang pengolahan data. Mungkin Anda salah satunya yang akan menjadi salah seorang dari itu.

Untuk Anda yang berniat mempelajari data science baik otodidak maupun melalui kursus data science, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Komponen Dasar Data Scientist

Pada penerapan dilapangan, Data scientist membutuhkan sekitar beberapa komponen dasar yang berkaitan satu sama lain untuk melakukan pekerjaannya. Komponen tersebut antara lain ketersediaan data, ketersediaan hasil riset, adanya laporan insight dan rekomendasi.

Nah, setelah komponen tersebut dikumpulkan guna membangun machine learning. Analoginya itu machine learning adalah sebuah rumah, yang membutuhkan pondasi. Pondasinya tidak lain dan tidak bukan adalah beberapa komponen yang telah disebutkan. 

Jika pondasinya kuat maka rumah pun dapat dibangun dengan mudah, mau tingkat berapapun juga bisa asalkan dengan pondasi yang kuat. Begitu pula dengan machine learning akan bekerja dengan baik jika komponen yang terkumpul valid dan bernilai tinggi.

2. Kemampuan yang Dibutuhkan 

Dalam membangun karir sebagai seorang data scientist yang andal, Anda harus memiliki 3 kemampuan yang minimalnya diatas standar. Apa saja kemampuan yang harus dimiliki? 

Yang pertama adalah ilmu matematika, seorang data scientist harus dapat membaca data dan ilmu yang sangat diperlukan adalah ilmu statistika. Dalam membaca data, dan mengambil beberapa kesimpulan kegunaan bidang studi ini sangat penting.

Yang selanjutnya adalah kemampuan programming. Siap atau tidak siap kemampuan ini harus dimiliki  guna menggembangkan kecerdasan buatan atau dalam bahasa data science nya machine learning. mulai dari ilmu komputer, ilmu rancang perangkat lunak hingga penerapannya.

Dan yang terakhir adalah ilmu bisnis, kemampuan ini sebagian besar didapatkan saat dilapangan, bisa dibilang teorinya hanya 10% sisanya akan didapat setelah terjun kelapangan. Dengan banyaknya kemampuan bisnis, maka data yang tersedia pun akan lebih mudah terbaca.

3. Data Scientist dan Data Analyst itu Beda

Beberapa orang mengira data scentist dan data analyst itu sama namun pada pekerjaan dilapangan itu berbeda walaupun namanya hampir sama. Jika data analyst, pekerjaannya hanya menganalisis data yang tersedia. Lain hal dengan data scientist yang menganalisis data hingga melakukan pembuktian kesimpulan.

Dan ada banyak tahapan yang dilakukan oleh data sicentist, hal ini bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan, ibarat kata hasil yang nyata bukan hasil hipotesa.

4.  Komponen Perangkat Lunak yang digunakan

Langkah selanjutnya adalah pelajari komponen perangkat lunak ini. Jika dihitung ada sekitar 5 komponen yang diperlukan data scientist dalam melakukan pekerjaannya. Antara lain data warehouse, status model, art, data treatment dan teknologi. 

Untuk data warehouse biasanya menggunakan database yang banyak tersedia, seperti MySQL dan lain sebagainnya. Komponen software yang lainnya dapat Anda pelajari di Training data science Course-Net.

5. Memahami Bisnis

Seorang data scientist yang andal tidak hanya dituntut untuk hebat dalam menganalisa sebuah data. Melainkan juga harus tahu bagai mana menganalisa bisnis sebuah perusahaan. Bisa dibilang data scientist adalah penasehat langkah bisnis dari sebuah perusahaan. Maka tidak heran jika gaji yang ditawarkan lumayan besar. 

Contohnya saja dalam bisnis online, seorang data scientist dapat mempolakan konsumen yang dapat dirangkul oleh bisnis online tersebut. Dapat memberi tahu langkah tepat agar penjualan melesat. Dan beberapa tindakan untuk perkembangan bisnis tersebut.

Hal baiknya, ilmu data science dapat diterapkan di perusahaan bidang apa saja. Karena fungsinya yang cukup penting demi kemajuan bisnis. Maka prospek data scientist saat ini sangat menjanjikan.

Dan itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam perjalanan karir Data Scientist andal. Jika Anda ingin berniat mempelajari ilmu data science lebih mendalam, Anda dapat mempelajarinya di Course-Net. Saat ini Course-Net telah bekerjasama dengan Wiley Internasional, dan saat Anda lulus dari pelatihan menjadi data scientist ini Anda akan mempunyai sertifikasi data science yang diakui banyak perusahaan besar.

Jangan biarkan perusahaan memilih orang lain untuk menempati lowongan data scientist kecuali Anda. Hubungi kami di Whatsapp 08111811110.

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp