Keahlian Dasar Data Scientist di Tahun ini

Keahlian Dasar Data Scientist di Tahun ini

Berikut ini keahlian dasar yang wajib dimiliki oleh seorang data scientist. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu data scientist dapat [klik disini] untuk mengetahui lebih jelas tentang data scientist. Dan ini adalah keahlian yang perlu dimiliki data scientist andal jika ingin berkarier di Industri 4.0:

Keahlian Programming

Keahlian Programming

Dalam proses dan visualisasi data, seorang data scientist memperlukan keahlian dalam bahasa pemograman. Bahasa Pemrograman untuk data scientist yang paling banyak digunakan antara lain bahasa R dan Python. Bahasa R memiliki banyak library untuk mendukung para data scientist dalam melakukan proses analisis data.

Sementara python juga tidak kalah dengan bahasa R, Fitur-fitur dari python akan powerfull saat dikolaborasikan dengan library seperti numphy, panda, scipy, etc. Untuk memiliki skill bahasa R, Anda dapat mengikuti pelatihan data science di Course-Net.

Keahlian Machine Learning

Keahlian Programming

Jika Anda bekerja di perusahaan yang sudah menerapkan Big Data, seperti Tokopedia, Gojek dan masih banyak lagi. Anda akan selalu berurusan dengan machine learning guna mengolah big data.

Machine learning adalah aplikasi dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang menggunakan teknik statistika untuk menghasilkan suatu model otomatis dari sekumpulan data, dengan tujuan memberikan komputer kemampuan untuk “belajar”. Saat ini machine learning sedang naik daun, hal ini dikarenakan telah banyaknya perusahaan yang menerapkan big data dan mengolah data tersebut.

Keahlian Matematika dan Statistika

Keahlian Matematika dan Statistika

Keahlian satu ini diperlukan oleh seorang data scientist guna menganalisis data. Diperlukan kemampuan untuk menghitung standard deviation, central tendency, Q1,Q2,Q3 dan Q4. Ilmu statistika dan matematika adalah pondasi wajib bagi yang ingin berkarier menjadi data scientist.

Anda dapat mempelajari ilmu ini baik secara otodidak atau melalui jenjang pendidikan. Sudah banyak materi tentang matematika yang sudah dibagikan di kanal Youtube atau Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau training data science di Course-Net. Anda akan mendapatkan pemahaman lebih mengenai ilmu ini langsung dari praktisi yang bekerja di bidang data.

Keahlian Data Wrangling

Keahlian Data Wrangling

Data wrangling adalah proses transformasi data mentah atau data yang tidak terstruktur menjadi format yang siap digunakan dalam analisis. Pada umumnya proses inilah yang memakan waktu lama dari keseluruhan proses analisis data. Para data scientist akan menemukan banyak kesulitan pada proses data wrangling seperti jenis file yang sangat beragam, jumlah file yang cukup banyak hingga perbedaan format penulisan data.

Keahlian Komunikasi dan Visualisasi Data

Keahlian Komunikasi dan Visualisasi Data

Komunikasi dan kemampuan visualisasi data adalah salah satu skill yang wajib dimiliki data scientist andal. Dengan visualisasi data yang baik maka akan mudah dipahami oleh manajemen dan dapat berdampak kepada keputusan pihak pemangku jabatan. Bagi sebagian orang, visualisasi data terlihat mudah, namun sebenarnya data-data yang dianalisis memiliki banyak parameter. Visualisasi data juga menjadi jembatan komunikasi data scientist dengan manajemen.

Keahlian Software Engineering

Keahlian Software Engineering

Software engineering atau rekayasa perangkat lunak adalah perancangan sebuah sistem guna memenuhi kebutuhan user atau menyelesaikan masalah-masalah dari user. Skill satu ini perlu dimiliki oleh seorang data scientist guna melakukan proses data atau menyimpan data pada database dan lain sebagainya.

Keahlian Intuisi

Keahlian Intuisi

Seorang data scientist juga perlu intuisi yang tajam, pasalnya intuisi ini dapat digunakan jika data-data yang ada berlawanan dengan apa yang dipercayai. Namun setiap keputusan atau solusi yang diambil pihak manajemen sebaiknya berdasarkan data-data yang ada.

Itulah beberapa keahlian dasar yang perlu dimiliki data scientist, jika Anda tertarik pada bidang ini maka segeralah mengasah skill-skill diatas. Mengingat kebutuhan SDM dengan keahlian data semakin meningkat, peluang karier di bidang ini masih terbuka lebar. Kunjungi link https://www.course-net.com/course/kursus-data-science/ , bila Anda ingin belajar langsung dari praktisi di bidang data.

Klik WA