Mari Mengenal Karakteristik Big Data!

Mari Mengenal Karakteristik Big Data!

Karakteristik big data itu berukuran sangat besar, variatif, memiliki laju pertumbuhan yang cepat, dan sebagian besar tidak terstruktur dengan baik.

Secara garis besar, big data berkaitan dengan penggunaan jaringan internet. Mengapa bisa begitu? Pasalnya, sampai saat ini internet masih menjadi tempat penyimpanan big data yang paling efektif. Big data berperan penting dalam proses pencarian di search engine untuk menemukan berbagai macam informasi yang dibutuhkan setiap harinya.

Selain memiliki peran yang cukup besar dalam search engine, big data juga ditemukan dalam smartphone. Banyaknya informasi yang diperoleh dari big data mendorong suatu perusahaan untuk memulai memanfaatkan big data terutama yang bersumber dari media sosial untuk meningkatkan performa dari perusahaan tersebut.

Karakteristik big data

big data
Karakteristik big data

Karakteristik atau ciri-ciri yang dimiliki big data biasa dikenal dengan sebutan 3 V’s Big Data. Volume, velocity, dan variety adalah yang dimaksud dengan karakteristik 3V. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai karakteristik 3V:

  1. Karakteristik Volume

Maksud dari karakteristik volume adalah jumlah big data yang terus-menerus bertambah dan terus-menerus diproduksi setiap harinya dan tersimpan dalam format digital pada internet.

  1. Karakteristik Velocity

Velocity memiliki arti kecepatan pertumbuhan atau pertambahan big data yang tidak bisa dikontrol sehingga akan sulit untuk mengolah data tersebut dengan teknologi konvensional.

  1. Karakteristik Variety

Dan karakteristik 3V yang paling terakhir adalah variety. Maksud dari variety disini adalah berbagai macam data yang tersedia dalam big data.

Cara kerja dan pengolahan big data

Untuk cara kerja dan pengolahan big data sendiri terbilang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan data yang sudah tersimpan di database. Bagaimana proses-prosesnya? Berikut uraian lengkapnya:

  1. Mengintegrasi data

Jika data dari database diproses dengan menggunakan ETL (Extract, Transform, and Load), hal ini berbeda dengan big data yang memiliki proses pengolahan yang lebih rumit karena big data terdiri dari berbagai jenis data dengan berbagai format, jadi diperlukan adanya proses perubahan format agar sama rata dan dapat diolah lebih lanjut lagi.

  1. Me-manage data

Proses kedua yang perlu dilakukan adalah me-manage data. Supaya big data dapat diatur, maka diperlukan adanya proses penyimpanan yang tepat, dan salah satu sistem penyimpanan big data yang tersedia dengan harga murah adalah cloud.

  1. Menganalisis data

Tidak sama seperti data biasa yang bisa diolah dengan menggunakan metode statistik tertentu, big data harus diolah dengan membuat pemodelan terlebih dahulu dengan menggunakan machine learning dan Artificial Intelligence (AI). Ketika data sudah berhasil diolah dan dianalisis, maka input dan insight baru yang berguna bagi proses pengambilan keputusan akan didapatkan.

Fungsi Big Data

Big data dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai jenis perusahaan, dan salah satu contoh manfaat dari big data untuk suatu perusahaan adalah meningkatkan angka penjualan.

Sebab, untuk menganalisis produk apa yang disukai maupun dibutuhkan oleh para konsumen, sebuah perusahaan wajib memiliki data seperti penilaian produk, produk apa saja yang disukai oleh para konsumen, dimana lokasi para konsumen, dan data-data sejenis ini lainnya,

Selain meningkatkan penjualan, big data juga dikatakan memiliki manfaat lainnya, yakni meningkatkan loyalitas para konsumen. Sebab, setiap transaksi yang telah terjadi pasti akan tercatat oleh sistem yang sudah ada, dan dengan adanya informasi dari transaksi tersebut, maka perusahaan bisa menjalin hubungan yang terbilang baik dan relasi dengan para konsumennya.

Jadi, kesimpulannya adalah big data memiliki fungsi yang sangat bagus untuk digunakan oleh berbagai jenis perusahaan di dunia ini. Pertumbuhan big data yang sangat cepat dapat dimanfaatkan oleh penganalisis data untuk membuat grafik interaktif sehingga perusahaan dapat lebih mudah memantau kondisi pasar.

Karakteristik big data sangatlah mudah untuk dipelajari, apalagi sekarang ini informasi apapun itu sudah bisa ditemukan dengan mudah melalui internet. Jadi, selagi Anda memiliki jaringan internet yang stabil, maka Anda bisa mempelajari banyak hal melalui internet dengan mudah, tak terkecuali mengenai karakteristik atau ciri-ciri big data ini.

Untuk Anda yang serius mendalami Big Data, Anda dapat mempelajarinya dengan mudah di Kursus Data Science Course-Net. Anda akan diajarkan oleh ahlinya langsung yang sudah memiliki pengalaman di Industri data. Dapatkan juga sertifikasi internasional dari Wiley yang bisa menambah list sertifikat di CV Anda.

Hubungi tim kami dibawah ini, untuk informasi lebih lanjut.

Klik WA