You are currently viewing 2 Jenis Metode Penting dalam Analisis Data

2 Jenis Metode Penting dalam Analisis Data

2 Jenis Metode Penting dalam Analisis Data – Metode analisis data adalah suatu komponen penting dalam proses analisa data atau bisa juga disebut dengan data analysis. Metode ini termasuk bagian dari proses analisa data yang telah dikumpulkan, diproses supaya membuahkan kesimpulan dalam pengambilan keputusan.

Pada dasarnya, metode seperti ini dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisa data yang memakai teknik statistik termasuk dalam metode analisa kuantitatif, sedangkan analisa data yang memakai teknik tematik dengan pengkodean dan berbentuk teks merupakan metode analisa kualitatif.

Sebenarnya, Anda dapat melakukan kegiatan analisa data dengan menggunakan metode apa saja yang terpenting tergantung dengan kebutuhan datanya seperti apa. Pada artikel ini, penjelasan mengenai masing-masing metode yang ada akan dijelaskan serinci mungkin.

Metode Penting dalam Analisis Data

metode analisis data

Pada kesempatan ini, penjelasan mengenai 2 jenis metode penting dalam kegiatan analisa data, akan dijabarkan secara jelas dan rinci, sehingga disarankan untuk membaca artikel ini hingga akhir supaya bisa semakin paham dengan maksud dari metode ini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, metode yang satu ini dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sekarang, sudah saatnya untuk membahas mengenai penjelasan dari kedua metode penting ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Qualitative Analysis

Jenis metode yang satu ini merupakan metode atau cara yang menggunakan wawancara dan observasi dengan menjawab beberapa pertanyaan tertentu. Pada umumnya, data-data yang dianalisa dengan menggunakan metode ini akan berupa teks atau narasi. Lalu, keseluruhan data tersebut nantinya akan melalui proses pengklasifikasikan berdasarkan kebutuhan dengan sebuah proses yang bernama pen-coding-an.

Kemudian, tahap terakhir dari metode ini adalah interpretasi data. Proses dari tahap ini sebenarnya dilakukan secara bersamaan dengan proses coding, karena upaya interpretasi data ini dilakukan bersamaan dalam mengklasifikasikan data. Langkah interpretasi data ini berguna untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Namun, terdapat 1 hal yang perlu diketahui, yaitu metode ini memerlukan pendekatan dari data yang memiliki sifat lebih subjektif. Sebab, metode qualitative analysis merupakan metode pengolahan data secara mendalam dengan data yang berasal dari hasil pengamatan, wawancara, dan literatur.

Kelebihan dari metode yang satu ini bisa dibilang memainkan peran penting dalam proses analisa sebagai bagian dari alat penelitian, karena metode qualitative analysis memiliki kelebihan pada kedalaman dari hasil analisisnya.

2. Quantitative Analysis

Berbeda dengan metode sebelumnya, metode yang bernama quantitative analysis ini ialah suatu metode atau cara yang bergantung pada kemampuan untuk menghitung data secara akurat. Selain itu, terdapat informasi penting lainnya mengenai metode yang satu ini, yaitu metode ini memerlukan kemampuan untuk menginterpretasikan data secara kompleks.

Berikut beberapa contoh metode quantitative analysis:

  • Analisis deskriptif
  • Analisis regresi
  • Analisis faktor

Metode quantitative analysis dilengkapi dengan berbagai macam jenis analisis seperti teknik korelasional, regresi, komparasi, deskriptif, dan lain sebagainya. Metode ini termasuk salah satu cara pendekatan dalam pengolahan data melalui metode statistik atau matematik yang terkumpul dari data sekunder.

Untuk kelebihan dari metode yang satu ini ialah kesimpulan yang terbilang lebih terukur dan komprehensif.

Tahapan dalam mengolah data

Tahapan dalam mengolah data

Teknik pengolahan data dalam kegiatan data analysis terdiri dari beberapa tahapan yang perlu untuk diketahui, khususnya bagi para pelaku usaha. Berikut beberapa tahapan yang perlu dilalui untuk mengolah suatu data:

1. Pengumpulan data

Langkah atau tahapan paling pertama dalam kegiatan pengolahan data ialah pengumpulan data. Pada tahapan ini, sang pelaku usaha wajib mengumpulkan data-data yang memang dibutuhkan.

2. Penyuntingan

Tahapan penyuntingan ini juga bisa disebut dengan proses editing. Maksudnya adalah, kegiatan memeriksa kelengkapan dan kejelasan dari suatu pengisian instrumen pengumpulan data.

3. Pengodean

Tahapan pengodean juga bisa disebut dengan proses coding. Proses coding dalam kegiatan analisa data ini adalah proses identifikasi dan klasifikasi dengan memberikan simbol yang berupa angka pada tiap jawaban responden berdasarkan variabel yang telah diteliti dengan benar.

4. Tabulasi

Dan tahapan yang paling terakhir adalah tabulasi. Pada tahapan ini, penting untuk melakukan data entri, menyusun, dan menghitung data yang sudah dikodekan ke dalam tabel yang telah tersedia.

Belajar mengenai ilmu analisis data bisa dibilang cukup menarik. Sebab, semakin Anda mempelajarinya, maka rasa penasaran Anda akan semakin tumbuh, sehingga ilmu akan kegiatan analisa data ini tidak akan pernah habis untuk dipelajari. Jadi, segera pelajari topik ini dengan baik dan buat bisnis Anda semakin berkembang.

Bagi Anda yang tertarik berkarier dalam industri data maka perlu belajar anaslisis data. Anda dapat mendalami bagaimana teknik analisis data yang tepat bersama Coach yang berpengalaman. Gabung segera di Kursus Data Science dari Course-Net Indonesia, Anda juga akan mendapatkan sertifikat internasional yang bisa Anda jadikan bukti bahwa Anda memiliki keilmuan ini. Hubungi tim kami dibawah ini untuk mendapatkan promo potongan harga.

Klik WA