Jangan Langsung Panik Ketika Smartphone Androidmu Raib

15 October 2018 By 0 Comments

Jangan Langsung Panik Ketika Smartphone Androidmu Raib – Pengguna ponsel android semakin bertambah setiap hari. hal tersebut dikarenakan semakin mudahnya mendapatkan ponsel tersebut dari toko-toko elektronik. Hal lain yang menyebabkan tren ponsel android semakin berkembang adalah harga yang ditawarkan. Ada banyak sekali android dengan berbagai macam harga yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial yang dipunya.

Pengguna android juga tidak terbatas oleh orang dewasa, anak-anak dan orang lanjut usia juga banyak menggunakan ponsel android. Android sangat memudahkan pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. ada banyak data yang tersimpan saat menggunakan ponsel tersebut. Hal yang membuat khawatir adalah saat ponsel android yang digunakan hilang, entah karena dicuri, jatuh di perjalanan atau sebab kehilangan lainnya. Namun, sebagai pengguna android jangan langsung panik ketika berada dalam kondisi seperti ini. Ada hal yang bisa dilakukan agar data dalam ponsel tidak disalahgunakan bagi orang yang menemukan.

1. Memasang lock screen

Langkah awal sebagai pencegahan saat ponsel masih berada padamu adalah dengan mengatur kunci layar. Hal ini akan membuat ponsel sulit diakses. Pencuri akan mencari cara untuk membuka pola atau password layar ponselmu. Bila demikian maka akan ada lebih banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk melacak ponsel yang telah hilang. Langkah ini memang sangat sederhana, tapi sangat penting untuk dilakukan.

2. Android device manager

Hal pertama saat yang harus diingat ketika menggunakan ponsel android adalah mengaktifkan android device manager. Ini bukanlah sejenis aplikasi. Fitur ini bisa langsung ditemukan dalam pengaturan ponsel. Arahkan layar menuju fitur keamanan kemudian aktifkan fitur ini. Android device manager akan memudahkan langkah selanjutnya yang akan dijelaskan untuk mengatasi ponsel hilang.

3. Mengakses akun google

Pengguna android pasti akan diwajibkan mengisi alamat email dan password sebagai bentuk pembuatan akun google. Akun ini akan memudahkan akses android, play store dan aplikasi lain yang ada di ponsel. Satu pengguna android bisa menggunakan berbagai macam alamat email, tapi pastikan untuk terus mengingat alamat email yang digunakan sebagai akun google.

Bila ponselmu benar-benar hilang, kamu bisa mengamankan data-data yang tersimpan di akun google dengan mengaksesnya menggunakan personal computer. Caranya adalah dengan mengunjungi laman google.com. di sana masuklah menggunakan alamat email yang sudah terdaftar kemudian amankan data-data apa saja yang sekiranya perlu untuk diamankan.

4. GPS aktif

Gps aktif pada ponsel akan memudahkan proses pencarian ponsel yang hilang. Masih berkaitan dengan dua poin yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah ini bisa sangat mudah untuk dilakukan. pada akun google yang telah diakses, klik pada fitur recent activity. Di sana akan tertera apa saja yang dilakukan ponsel androidmu ketika hilang. Bila gps pada ponsel yang hilang aktif, kamu bisa menekan fitur find your android device. Melakukan hal ini akan semakin memudahkanmu menemukan ponsel yang hilang, dan harapannya hal tersebut tidak pernah terjadi.

5. Jangan menjemput  sendirian

Bila telah mengetahui di mana lokasi ponsel android-mu berada, mintalah bantuan teman untuk menemani. Jangan mendatangi lokasi sendirian. Dikhawatirkan ada kondisi yang tidak diinginkan terjadi padamu. Meminta pertolongan teman akan membuat kondisi tidak terlalu menegangkan.

Melacak ponsel hilang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa kewaspadaan terhadap barang pribadi menjadi hal penting yang harus dimiliki. Jangan sampai keteledoran menjadi hal yang merugikan dirimu sendiri ya. (Course-Net)