Inilah 4 Custom ROM Terbaik untuk Android Kesayangan Anda

10 October 2018 By 0 Comments

Inilah 4 Custom ROM Terbaik untuk Android Kesayangan Anda – Apabila ditanya, sistem operasi untuk smartphone paling populer, kebanyakan orang pasti menjawab Android. Hampir semua smartphone, dari range harga terendah sampai tertinggi, memang sebagian besar dipasangi OS Android. Kelebihan Android juga ada pada OS-nya yang bisa diutak-atik. Terutama dipasangi Custom ROM, alias OS yang sudah dimodifikasi sehingga memberi tampilan berbeda pada Android Anda. Beberapa Custom ROM yang paling terkenal adalah sebagai berikut.

1. Resurrection Remix

Custom ROM yang satu ini memang sudah cukup lama dipakai di smartphone Android. Tahun lalu, banyak yang memfavoritkannya. Kelebihannya adalah selain mendukung jaringan 4G, yang memang wajib di masa sekarang ini, Resurrection Remix juga memiliki tombol virtual, yang cocok digunakan ketika tombol hardware rusak. Fitur live display juga membantu pengguna dalam mengatur pencahayaan ketika malam tiba. Apalagi custom Rom satu ini memiliki double screen, jadi Anda bisa memutar video sekaligus aktif internet di browser. Sudah mirip PC saja.

2. Paranoid Android

Paranoid Android memiliki tampilan yang hampir sama dengan Android Stock pada umumnya, tetapi jelas punya beberapa perbedaan, terutama pada fitur-fiturnya. Custom ROM ini memungkinkan anda untuk menjalankan fitur navigasi dengan cepat. Terutama fitur untuk mengubah mode tampilan, dari mode smartphone biasa, ke mode tablet atau bahkan mode phablet. Paranoid Android banyak disukai juga karena dapat digunakan di ponsel berspesifikasi sedang-sedang saja. Sehingga tidak perlu khawatir harus membeli smartphone dengan spek sangat tinggi.

3. PAC ROM

Apabila Anda bingung memilih Custom ROM terbaik mana yang sekiranya cocok dengan ponsel Android Anda, mungkin sebaiknya mencoba PAC ROM ini terlebih dulu. Custom ROM yang ini terhitung kompatibel di banyak smartphone dan stabil penggunaannya. Berbagai fitur custom ROM hampir semua ada pada PAC ROM. Tidak salah jika PAC ROM menjadi pilihan banyak orang untuk di uji coba pada perangkat Android mereka.

4. CyanogenMod

Keunggulan CyanogenMod adalah pada device yang dihadirkan, meskipun menghilangkan device bawaan ponsel Anda, tapi device yang dihadirkan CyanogenMod cenderung memiliki fungsi sama dan malah lebih ringan. Selain itu, penghilangan beberapa aplikasi bawaan juga membuat ruang penyimpanan ponsel lebih luas. Fitur tema yang ditawarkan pun sangat banyak, dan lebih penting lagi bahwa custom ROM ini sangat stabil untuk berbagai smartphone. Tidak heran jika sering digunakan sebagai percobaan di smartphone keluaran terbaru.

Itu tadi adalah beberapa Custom ROM terbaik yang dapat Anda coba pada perangkat ponsel bersistem operasi Android milik Anda. Namun perlu diingat, pemakaian Custom ROM akan membuat segala operasi bawaan dari vendor terhapus dan diganti dengan Custom ROM yang sudah Anda pakai tersebut, sehingga akan menghilangkan garansi. Jadi sebaiknya gunakan Custom ROM pada perangkat yang sudah habis masa garansi, atau jika memang Anda sudah terbiasa dengan bongkar pasang Custom ROM, maka tidak masalah. Ingin tahu banyak tentang pemrograman android kunjungi Course-Net selalu.