Hati-Hati!! Hacker Kini Makin Pandai Menipu Orang untuk Menyerahkan Password

Hati-Hati!! Hacker Kini Makin Pandai Menipu Orang untuk Menyerahkan Password

Tahukah Anda, kini para pelaku penipuan atau phising kini makin pandai dan canggih dalam mencuri password para pengguna di jagat maya.

Dikutip dari Bussines Insider, Tanmay Ganacharya selaku Direktur Utama Tim Riset Keamanan Microsoft memaparkan bawha sebagian besar peyerangan (peretas) berpindah ke metode phising karena dinilai lebih mudah mendapatkan korban.

Ganacharya juga telah memonitor beberapa metode phising untuk membangun sistem keamanan dari para peretas yang dilakukan terhadap pengguna layanan Microsoft, seperti Windows, Outlook, Azure dan layanan cloud.

Baca Juga : Ada Celah Keamanan di Microsoft Word

Layanan Microsoft juga mengumumkan bahwa pihaknya mulai menjual layanan perlindungan keamanan untuk platform lain seperti Linux, iOS dan Android. Ganacharya menambahkan para peretas pasti akan terus menerus menemukan teknik atau metode baru untuk melewati keamanan Microsoft.

Mulanya hacker akan mulai mengirim e-mail ke karyawan tingkat rendah, tentunya membuat e-mail itu terlihat dapat dipercaya, namun terdapat tautan/link yang mengarahkan karyawan ini ke situs web penipuan lalu memintanya untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi/password.

Setelah peretas ini mendapat akses ke akun karyawan tersebut, mereka dapat menggunakannya untuk mengirim e-mail yang tampaknya dapat dipercaya. Tentunya alamat pengirim e-mail peretas akan menggunakan e-mail korban yang telah memberikan nama pengguna dan kata sandinya, maka seakan-akan email tersebut dipercaya oleh semua orang.

Dalam metode phising ini, dikenal juga sebagai pembajakan URL. Ciri-ciri phising adalah menggunakan domain yang ada sedikit kesalahan penulisan situs web populer seperti google.com menjadi goggle.com atau youtube.com menjadi y0utube.com dan lain sebagainya. Cara satu ini menjadi andalan pada awal-awal kemunculan internet, tetapi baru-baru ini mengalami kebangkitan kembali.

Baca Juga : Web Phising dengan Informasi Diskon dari Produk Ternama

Sebenarnya ada banyak cara peretas mendapatkan password, cara lainnya dapat Anda dapatkan dengan mengikuti Coaching Cyber Security di Course-Net. Di sana Anda akan diajarkan berbagai teknik atau metode peretasan sistem tentunya tidak hanya phising saja. Dengan mengikuti program coaching ini, Anda akan mengetahui bagaimana peretas melakukan aksinya, dan Anda akan tahu bagaimana cara menghadapinya.

cyber security di course-net Indonesia terbaik se Indonesia
Coaching Cyber Security

Ingin tahu lebih banyak, Konsultasi gratis dengan tim kami, untuk menambah minat Anda.

Klik WA

Leave a Reply