Gejala Komputer Terjangkit Virus

7 March 2018 By 0 Comments

Gejala Komputer Terjangkit VirusGejala Komputer Terjangkit Virus – Pernahkah kamu mengalami secara tiba-tiba perangkat kamu tidak berjalan dan bekerja dengan baik. Selain karena koneksi internet, menurunnya kinerja komputer bisa jadi karena serangan dari luar yang masuk ke dalam sistem komputer. Ini yang biasa kita sebut terkena virus.

Memasang antivirus di komputer menjadi salah satu cara mengantisipasi datangnya malware. Dengan antivirus maka potensi maupun dampak terinfeksi virus atau malware, bisa diminimalisir.

Namun perkembangan virus dan malware kini makin canggih dan beralih rupa menjadi serangan yang lebih kuat. Sehingga dampaknya malware atau virus bisa menerobos benteng antivirus.


Gejala Komputer Terjangkit Virus

  1. Komputer tidak stabil

Ketika sedang typing maupun browsing di komputer, tiba-tiba perangkat menjadi tidak stabil kinerjanya. Hati-hati, itu bisa jadi beberapa malware telah mengacaukan file penting di komputer, jika dibiarkan mungkin saja menyebabkan komputer mengalami crash.

Jika komputer crash saat pengguna mencoba menjalankan aplikasi tertentu, maupun sistem komputer memberitahu kepada pengguna bahwa data telah terdampak, ini artinya malware sudah berhasil mengacaukan komputer Anda.


  1. Komputer jadi loading lama

Akses komputer yang melambat bisa jadi karena beberapa hal. Koneksi internet tak stabil atau jangan-jangan kena malware.

Melambatnya komputer bisa jadi karena bekerjanya malware yang mulai menguras sumber daya pemprosesan komputer. Jika pengguna sedang tak menjalankan aplikasi yang berat tapi tiba-tiba komputer terasa lama loadingnya, kemungkinan ada malware di dalamnya.


  1. Aplikasi dan file tidak dapat diakses

Sinyal yang menunjukkan komputer terinfeksi virus adalah perangkat dan aplikasi yang tidak dapat diakses. Aplikasi atau file yang tidak dapat diakses kemungkinan karena file telah terinfeksi.

Tanda lain yang bisa dilihat adalah ukuran file berubah fluktuatif, itu menandakan serangan virus komputer. Apalagi jika pengguna menemukan menu dan tampilannya yang aneh, kemungkinan Anda telah menjadi korban serangan malware. Ingin komputer Anda tidak terjangkit virus nakal, Yuk belajar hacker dasar di Course-Net….