Fakta-Fakta Unik Android yang Anda Belum Tahu

11:38 By 0 Comments

Fakta-Fakta Unik Android – Tahukah Anda? Ada beberapa fakta unik tentang Android yang belum banyak orang ketahuoi. Namun sebelum pembahasan lebih mendalam. Untuk yang belum tahu apa itu Android? Sedikit Course-Net jelaskan. Android adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan dengan serius oleh Google yang didasarkan pada modifikasi dari Linux-kernel.

Namun, tidak banyak yang tahu jika Sistem Operasi terbaik saat ini nyatanya tidak diketemukan oleh Google, tetapi oleh satu orang pria bernama Andy Rubin yang membangun satu perusahaan bernama Android Inc.

Sejarah mengatakan pada tahun 2005, Google sah mengakuisisi Android serta baru memperkenalkannya pada tahun 2007 silam. Sepanjang perubahannya, Android memperoleh banyak up-date versi. Versi paling baru dari Android sendiri mempunyai nama kode Pie atau versi 9.0 yang baru dikeluarkan pada bulan Agustus 2018.

So, di sini Course-Net tidak mengulas tentang Android versus paling baru karena kami telah menuliskan di artikel sebelumnya “Inilah Kelebihan Android Pie“, dan yang kita akan bahas kali ini adalah fakta unik bin menarik dari OS Android dari massa ke massa. Ingin tahu lebih lengkapnya? langsung scroll.

1. Android tidak selamanya menggunakan nama makanan manis

5 Fakta Unik OS Android yang Jarang Diketahui Orang

Android tidak selamanya menggunakan nama makanan manis

Seperti yang kami kutip dari halaman Androidauthority.com, codename atau kode nama dari Android sebetulnya tidak selamanya mengenai makanan manis atau yang biasa disebut desserts. Sesudah sukses meluncurkan Android 1.5 Cupcake, Google sempat memperhitungkan bila nama versi seterusnya akan memakai nama robot seperti Astro Boy atau Bender.

Tetapi sesudahnya, gagasan itu diurungkan serta Google putuskan untuk menjaga pemakaian nama makanan manis sesuai dengan abjad buat tiap versi paling baru dari Android yang mereka launching.

Gagasan itupun tetap dijaga guna memberikan kesan unik kepada penggunanya dan tetap melekat. Salah satu teknik branding yang baik dan jitu. 

2. OS Android sebelumnya dibuat untuk Kamera

5 Fakta Unik OS Android yang Jarang Diketahui Orang

OS Android sebelumnya dibuat untuk Kamera

Seperti yang kami kutip kembali dari halaman web Phandroid.com, Andy Rubin yang disebut penemu  sekaligus pengagas dari sistem operasi Android, sebelumnya ajukan inspirasi untuk Android jadi skema operasi hebat buat camera digital, di bulan April 2004.

Akan tetapi, selanjutnya dia mengerti jika pasar untuk kamera digital kurang luas serta menguntungkan untuk Android, seandainya diwujudkan. Disinilah kita bisa belajar bagaimana sebelum kita menjual produk harus ada yang namanya riset pasar. 

Lalu 5 bulan selanjutnya persisnya pada bulan September 2004, Andy Rubin bersama dengan teamnya langsung tawarkan Android jadi sistem operasi untuk perangkat mobile pada beberapa perusahaan besar, sebelum pada akhirnya Google sah mengakuisisi Android pada tahun 2005.

3. Patung dari Android seringkali jadi target vandalisme

5 Fakta Unik OS Android yang Jarang Diketahui Orang

Patung dari Android seringkali jadi target vandalisme

Fakta unik lainnya adalah setiap versi terbaru dari Android dikeluarkan ke permukaan, satu patung langsung juga dibikin serta dibangun di luar tempat besar Android di Mountain View, California.

Sayangnya, patung-patung yang awalannya dipakai jadi bentuk apresiasi, justru seringkali jadikan target vandalisme oleh beberapa orang yang tidak bertanggungjawab.

Bagi yang belum tahu apa itu Vandalisme? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Vandalisme adalah “perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya ” atau bisa juga diartikan “perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas”.

Salah satunya yang terpopuler diantaranya, pencurian pantung Android berupa anjing karya Erro Aarnio yang dicuri pada tahun 2009 lalu. Selain itu juga, pada tahun 2012, patung robot “Jelly Bean” yang mempunyai design transparan, sempat juga rusak dikarenakan tidak kuat mengatasi cuaca panas Mountain View saat itu.

4. Design awal smartphone Android pertama berlainan dari saat ini

5 Fakta Unik OS Android yang Jarang Diketahui Orang

Design awal smartphone Android pertama berlainan dari saat ini

Berlainan dengan ponsel cerdas atau smartphone Android jaman sekarang ini yang sebagian besar atau seluruhnya sudah memakai monitor full touchscreen, smartphone pertama dengan skema operasi Android yakni HTC Dream, mempunyai design yang jauh berlainan serta cukup unik. HTC Dream adalah smartphone yang dengan monitor touchscreen sebesar 3,2 inch tetapi mempunyai keyboard QWERTY yang dapat di-slide.

HTC Dream ada karena rujukan dari hp Blackberry serta Palm OS. Diperlengkapi dengan processor OMAP 850 serta RAM 64 MB, HTC Dream pada intinya belum pernah dikeluarkan di publik, tetapi keberadaannya masih buka jalan buat smartphone lain yang kita pakai sekarang. Respect HTC Dream.

5. Ide dari design simbol Android ialah toilet

5 Fakta Unik OS Android yang Jarang Diketahui Orang

Ide dari design simbol Android ialah toilet

Fakta yang cukup mengejutkan dan diluar perkiraan adalah simbol asli dari Android yang didesain oleh Irina Blok yang memperoleh ide dari beberapa film, mainan dan profil robot populer di dunia. Khasnya, ide datar serta simpel dari simbol Android, nyatanya tersirat dari simbol pria serta wanita yang umumnya tertempel di pintu toilet.

Design dari Irina diterbitkan dengan luas, Google dengan terbuka langsung memberikan izin pada siapapun yang ingin membuat design Android bikinan mereka sendiri. Hingga, tidak cuma OS saja, simbol Android dikeluarkan berbentuk open-source.

Nah, itu lah beberapa fakta-fakta tentang OS Android yang belum banyak orang ketahui. Saat ini kita tahu sistem operasi ini sangat berkembang pesat, bahwa lebih dari 60% smartphone didukung oleh Android.

Dengan melihat banyaknya pengguna Android, para developer pun berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan atau hal yang menguntungkan dari sistem operasi ini. Sebut saja, Aplikasi kasir yang sekarang banyak digunakan oleh toko atau ritel untuk memudahkan transaksi jual beli dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan peluang luas, Anda pun dapat merancang aplikasi sendiri sesuai keinginan Anda. Anda bisa membuat Aplikasi atau Game yang mendatangkan pundi pundi dollar kepada Anda. Kami akan ajarkan Anda cara cepat untuk membuat aplikasi Android dan siap menjadi Android Developer.

Penasaran dengan rahasia cepat membuat aplikasi Android? Cukup klik gambar dibawah ini, dan Chat mersa pada staff kami.

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp