Digital Disruption di Indonesia 2018

5 July 2018 By 0 Comments

pengertian digital disruption, contoh digital disruption, arti digital disruption, era digital disruption, digital disruption di indonesiaDigital Disruption di Indonesia 2018 – Di Indonesia, perubahan pola hidup dan bisnis akibat teknologi digital (Digital Disruption) mulai terlihat jelas. Bidang yang langsung merasakan pengaruh tersebut mulai melakukan perubahan model bisnis kearah fully digital dan otomatisasi.

Menurut majalah Forbes, beberapa teknologi yang akan menyebabkan disrupsi digital adalah Intelligent Agents, Augmented and Virtual Reality, Internet of Thing, Cognitive Technology dan Hybrid Wireless Technologies. Disrupsi Digital ini akan membawa perubahan besar pada setiap aspek kehidupan Istilah Globalisasi 2.0 sangat erat kaitannya akan kuatnya pengaruh teknologi digital pada proses ekonomi, politik, sosial dan bidang kehidupan lainnya.

Mengapa Indonesia harus memulai era 2.0 ?

Saat ini jumlah pengguna internet aktif di Indonesia sudah mencapai lebih dari 40% dari total penduduk Indonesia yakni sekitar 132 Juta user. Menjadikan Indonesia masuk di 5 besar pengguna internet terbesar di dunia. Diprediksi user di Indonesia akan semakin tumbuh pada tahun 2020. Besarnya jumlah pengguna aktif ini dianggap sangat potensial.

Pesatnya proses digitalisasi pada berbagai bidang saat ini menuntut kita terus beradaptasi dengan perubahan dan terus berinovasi. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti kursus teknisi komputer dan jaringan. Peluang yang muncul karena perubahan digital ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik, penggunaan teknologi digital dalam proses ekonomi nantinya juga bisa menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi nasional

Jika kita melihat realitas di lapangan, beberapa bidang telah mengalami proses disrupsi digital antara lain: bidang transportasi, retail, jasa, dan keuangan. Kuatnya pengaruh teknologi tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah siap dengan perubahan dan inovasi.

Ditahun berikutnya Teknologi Digital akan semakin memainkan peran penting di Indonesia, Perubahan pola di bidang transportasi, retail dan keuangan saat ini hanyalah awal dari Digital Disruption yang akan mengubah banyak aspek kehidupan manusia di masa depan.

Digital Disruption is unavoidable, it will change various way of our life whether we’re ready or not.