DEMI KEAMANAN, HINDARI UPLOAD 4 FOTO INI DI SOSIAL MEDIA – Sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Askfm, Snapchat, Blog maupun Tumblr ini adalah sosial media yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yap sosial media ini kerap kali menjadi ajang kita untuk membagikan sesuatu kepada khalayak, apalagi pada momen-momen jalan-jalan, makan bersama, hingga traveling. Tapi perlu diingat ternyata sharing lewat platform sosial media ini ada rules nya loh. Bahkan pemerintah kita pun sudah memiliki undang-undang ITE.

fungsi sosial media, contoh sosial media, dampak sosial media, sosial media terpopuler, pengguna sosial media Kalau teman-teman lihat di berita-berita TV nasional maupun internasional, banyak sekali kejahatan atau penyalahgunaan sosial media bagi sebagian orang, so banyak juga yang berurusan dengan pihak penegak hukum karena sosial media.

Buat kamu para pengguna sosial media pastinya sering kali kamu membagikan kegiatan-kegiatan kamu lewat lembaran foto-foto di sosial media. Wah hati-hati ternyata ada beberapa foto yang tidak boleh di bagikan ke sosial media, yang jelas itu demi keamanan kamu.

Artikel ini akan membahas apa saja yang tidak boleh di bagikan di sosial media, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Boarding Pass

Bisa berwisata dan keliling dunia adalah mimpi banyak orang. Pastinya kadang kita ingin membagikan rasa bahagia kita ini lewat sosial media. Sering kali kamu membagikan foto tiket pesawat, boarding pass atau bahkan passport di sosial media. Jika kamu sering melakukan kegiatan ini please hentikan!

Boarding pass online, boarding pass garuda, cetak boarding pass di bandara, boarding pass kereta api

Pakar keamanan teknologi Brians Krens menggungkapkan sebaiknya kamu jangan upload foto-foto itu di sosial media karena data-data kamu  tersembunyi di dalam barcode-barcode boarding pass, mulai dari nama, alamat hingga tujuan perjalanannmu. Selain itu, tiket juga biasanya memuat frequent flyer number.

Jika data ini jatuh ke tangan yang salah, pencuri online bisa saja memanfaatkan data Anda untuk melakukan penipuan. Sedangkan frequent flyer number bisa saja disalahgunakan untuk mengakses akun seseorang untuk mengubah atau mengacaukan itinerary pemilik aslinya. Lebih parahnya lagi, mereka bisa mencuri data. Duh mengerikan ya.

2. Akta Lahir

Mungkin kamu mau iseng-iseng fotoin akta lahir dan upload di sosial media, nggak ngerti tujuannya apa? Tapi banyak kalangan pengguna sosial media yang upload foto akta lahir.

akta kelahiran online, akta kelahiran online jakarta, akta kelahiran hilang, bikin akte kelahiran nembak, syarat pembuatan akta kelahiran 2018

Ini sangat berbahaya, karena akta lahir biasa kita pakai untuk meyakinkan pihak bank, institusi pemerintahan, dll dalam urusan tertentu. Bayangkan foto ini jatuh di tangan orang yang jahat maka foto akta kamu ini bisa digunakan untuk meyakinkan pihak bank, pemerintah dalam melakukan sebuah transaksi, data kamu di pakai orang lain loh. Jadi jangan upload akta lahir ya.

3. Foto Anak

Ini yang lagi booming di kalangan orang tua pengguna sosial media. Kebiasaan orang tua menggunggah foto anak di sosial media ini tanpa disadari akan membawa dampak merugikan serta membuka informasi bagi para pelaku kejahatan anak. Anak-anak kita bukan tidak mungkin akan menjadi target mereka.

foto anak kecil, foto anak kecil lucu dan imut, foto anak2, foto anak kecil indonesia, foto anak kecil keren“Karena itu dibutuhkan perhatian khusus untuk sektor ini. Salah satunya adalah dari kita sendiri. Berhati-hatilah mengunggah foto pribadi kita di jejaring sosial,” ujar Ketua komisi perlindungan anak, Arist Merdeka Sirait.

4.  Kartu Kredit/ ATM

kegunaan kartu kredit, kartu kredit bri, aplikasi kartu kredit, kertu kredit bni, kartu kredit terbaik saat ini

Dua kartu ini yang jelas tidak boleh  diupload di media sosial. Jika kamu bagikan foto ini ke media sosial dan lari di tangan orang yang tidak bertanggung jawab maka bukan hanya uang kamu yang ludes tapi data-data kamu akan dimanfaatkan oleh para penjahat. So please, be smart to used a social media!

Zaman semakin canggih. Akan sangat membantu jika kita mengetahui lebih dalam lagi mengenai teknologi informasi. Kabar baiknya, kursus jaringan komputer cisco telah menjadi pilihan yang tepat dan sudah diakui oleh dunia sebagai network equipment yang telah memiliki sertifikasi. Jadi tunggu apalagi, yuk mulai belajar bersama Course-Net!

Cara Cepat Pintar Menjadi Hacker Professional

Menjadi Hacker Professional dengan Gaji Puluhan Juta Perbulan!