Dark Mode? Apa Sih Manfaatnya?

Dark Mode? Apa Sih Manfaatnya?

Apa Manfaat Dark Mode?Dark Mode atau sering juga disebut mode gelap di aplikasi mulai bermunculan. Diawali dari Twitter pada 2016 lalu, Dan mulai merambah ke berbagai aplikasi-aplikasi lainnya, sebut saja Whatsapp, Instagram dan Facebook. Namun tahukah kamu manfaat akan mode gelap ini? Berikut ini beberapa hal yang mendasari adanya perkembangan Dark Mode di Aplikasi Android.

Mengurangi kelelahan pada mata

Mengurangi kelelahan pada mata

Penerapan mode gelap diklaim mampu membantu mengurangi kelelahan pada organ mata yang secara terus menerus menatap layar. Tentunya cahaya dari smartphone ketika membuka aplikasi dengan mode ini mengurangi aktifitas mata dan lebih nyaman untuk dilihat.

Menciptakan kontras yang lebih sempurna

Menciptakan kontras yang lebih sempurna

Aplikasi pasti akan melakukan pembaharuan dari segi apapun, termasuk dari segi UI dan UX. Penggunaan mode gelap ini juga menjadikan kontras yang dihasilkan lebih sempurna. Mengapa demikian? Karena cahaya yang dihasilkan dari smartphone akan sedikit di minimalisirkan, sehingga tidak terlaku terang saat pengguna aplikasi sedang berada di tempat yang minim cahaya.

Cahaya biru dari Smartphone berkurang

Cahaya biru dari Smartphone berkurang

Salah satu penyebab sering terjadinya penyakit berbahaya yang disebabkan oleh smartphone adalah cahaya biru yang berasal dari smartphone. Sebut saja yang belakangan ini sedang marak seperti kanker. Penerapan mode malam ini juga akan berdampak pada pengurangan cahaya biru yang muncul sehingga pengguna akan sedikit terhindar dari risiko-risiko penyakit yang berbahaya dari cahaya biru.

Pengguna mudah terlelap

Pengguna mudah terlelap

Pengurangan cahaya biru pada mode gelap pada aplikasi juga berujung baik pada sistem kerja otak manusia. Menurut ilmu kesehatan, dalam kondisi kinerja otak sedang prima maka tubuh akan cendrung lebih mudah memproduksi melatonin (hormon tidur). Dengan banyaknya hormon tidur maka pengguna akan mudah terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas super.

Tulisan pada aplikasi jelas

Tulisan pada aplikasi jelas

Dark mode juga berfungsi untuk membuat mata pengguna lebih fokus dengan apa yang ditampilkan, sehingga secara tidak langsung pengguna akan mampu membaca tulisan lebih jelas ketimbang di mode normal. 

Tampilan aplikasi lebih keren

Tampilan aplikasi lebih keren

Ketika mode ini diaktifkan maka layar smartphone akan redup dan aplikasi akan berubah menjadi gelap, lihat saja gambar diatas. Aplikasi akan terkesan lebih premium dan elegan, macam black diamond.

Menghemat baterai

Menghemat baterai

Kontras yang terlalu tinggi akan memacu borosnya penggunaan daya baterai pada smartphone. Fakta yang baru baru ini dipublikasikan adalah dengan penggunaan mode gelap ini, konsumsi daya akan 6 kali lebih hemat dibandingkan mode normal. 

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika aplikasi android Anda memiliki fitur mode gelap/night mode. Bagi Anda yang mempunyai keinginan meng-upgrade aplikasi dengan fitur ini. Anda bisa mempelajarinya di Kelas Android Developer Course-Net

Anda akan diajarkan bagaimana cara menambahkan/membuat mode gelap pada aplikasi Android. Jangan khawatir! Jika Anda punya keinginan lain tentang perkembangan skill android developer Anda, Course-Net menjamin Anda akan mendapatkannya. Silahkan hubungi tim kami untuk lebih jelasnya.

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp

Tinggalkan Balasan