Dapat THR, Pakai Cara Hemat Berbelanja dan Bijak Menggunakannya agar Tidak Langsung Habis

20 Mei 2019 By 2 Comments

Mendekati hari libur Lebaran atau Idul Fitri, pasti kebanyakan orang tidak sabar untuk pulang ke kampung halamannya. Bertemu dan menghabiskan waktu Lebaran bersama dengan keluarga tercinta akan sangat menyenangkan apalagi menyantap makanan khas Idul Fitri di rumah bersama-sama.

Tidak hanya hari libur yang cukup panjang saja yang di tunggu-tunggu, masih ada THR atau Tunjangan Hari Raya yang pasti di dapat dari tempat kerja atau perusahaannya. Uang itu merupakan tunjangan yang tidak boleh dilewatkan oleh para karyawan karena mereka akan menerima tambahan 1 kali gaji bulanan yang sudah termasuk gaji pokok serta tunjangannya yang tetap.

Kalau dijumlahkan, nominal yang akan di dapat tentu sangat besar sehingga bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk menyambut Idul Fitri nanti. Ada juga yang memakainya untuk kepentingan masing-masing, seperti untuk bayar utang atau belanja barang-barang yang sudah mereka inginkan dari sejak lama.

kursus cisco murah, kursus cisco murah di jakarta, training cisco murah di jakarta, kursus cisco bandung, kursus cisco di bandung, tempat kursus cisco di bandung, kursus cisco ui, kursus cisco ccna, training cisco ccna, pelatihan cisco ccna, cisco training ccna ip addressing, kursus cisco jogja, training cisco jogja, kursus cisco gunadarma, kursus cisco bekasi, kursus cisco di bekasi, kursus cisco depok, kursus cisco di depok, kursus cisco jakarta, kursus cisco jakarta selatan, training cisco jakarta selatan, tempat kursus cisco di jakarta, kursus cisco, kursus hacker di bekasi, kursus hacker bekasi, kursus hacker di jakarta, kursus hacker jakarta, kursus hacker di bogor, kursus hacker semarang, kursus hacker medan, kursus hacker di bandung, tempat kursus hacker di bandung, kursus hacker jogja, kursus hacker yogyakarta, kursus hacker di jogja, pelatihan hacking, tempat belajar hacking, tempat belajar hacker, website tempat belajar hacking, website belajar hacker indonesia, kursus hacker online, kursus hacker,

Tapi, salah-salah berbelanja justru bisa membuat uang THR yang baru saja di dapat cepat habis. Maka dari itu, kamu harus dengan bijak berbelanja saat memakai uang tunjangan seperti yang akan di bahas di bawah ini.

1. Rencanakan besar pengeluaran untuk berbelanja

Sebelum kamu berbelanja, sebaiknya kamu buat dulu rencana pengeluaran yang kira-kira menjadi patokan kamu agar tidak terpakai semua. Tanpa membuat rencana ini, kamu bisa gampang kalap apalagi selama bulan Ramadhan akan ada banyak diskon atau promosi yang menanti kamu.

Buatlah daftar barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Misalkan yang pertama kamu mau memberikan hadiah untuk orang tua atau anggota keluarga yang lain, pastikan kamu pasang anggaran yang sesuai dan jangan kamu lebih-lebihkan terlalu banyak.

Di daftar itu juga kamu harus pastikan anggaran untuk setiap itemnya. Kalau memberikan batasan per itemnya, kamu bisa memperkirakan besaran pengeluaran kamu nanti. Nominal yang diperkirakan jangan terlalu mendekati besaran uang THR yang kamu dapatkan karena tidak bisa dialokasikan untuk yang lainnya.

2. Cari promosi

Selama bulan Ramadhan, berbagai macam toko pasti akan menawarkan berbagai macam promosi. Dari toko ke toko pasti kamu melihat tanda-tanda penawaran harga spesial agar menarik minat calon pembelinya. Tidak hanya toko offline saja, marketplace online juga tidak kalah meriahnya menyambut bulan Ramadhan dengan memberikan bermacam-macam promosi.

Promo-promo yang dilakukan toko online biasanya berupa flash sale, potongan harga, sampai gratis ongkir. Manfaatkan kesempatan itu untuk berbelanja dengan menggunakan uang THR kamu. Nominal yang ditawarkan biasanya sangat fantastis sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.

Tips Bijak Mengalokasikan Uang THR

Selain memakai cara hemat berbelanja menggunakan uang tunjangan, ada cara-cara lainnya yang membuat kamu tidak cepat boros mengelolanya. Di bawah ini ada beberapa tips bijak mengalokasikan THR agar tidak langsung habis.

1. Sisihkan untuk ditabung

Masalah utama seseorang ketika mau menabung adalah tidak ada uang yang bisa dimasukkan ke dalam celengan atau tabungan. THR yang baru saja kamu dapatkan bisa menjadi sumber uang yang bisa kamu alokasikan untuk menambah tabungan sebelumnya yang jumlahnya masih segitu-gitu saja.

Agar lebih efesien, sebaiknya kamu pisahkan langsung sejumlah uang tunjangannya ke tabungan kamu. Setidaknya sekitar 10 persen perlu kamu sisihkan ke rekening tabungan agar tidak langsung terpakai untuk keperluan yang lain. Dengan menyisihkannya, tentu akan sangat baik untuk masa depan terutama buat kamu yang sudah mulai merencanakan berumah tangga.

2. Bayar utang

Selain menabung, permasalahan keuangan yang biasanya dialami seseorang yaitu utang atau cicilan. Banyaknya utang yang semakin menumpuk tentu akan menambah beban biaya yang lebih besar pada kondisi keuangan kamu. Banyak yang memutuskan untuk meminjam di lembaga finansial lainnya agar bisa melunasi utang sebelumnya.

Sebelum beban utang atau cicilan kamu semakin menumpuk, sebaiknya alokasikan juga uang THR kamu untuk membayar utang-utangnya. Kalau melunasinya lebih cepat, pasti pikiran akan lebih tenang karena tidak ada bayang-bayang cicilan yang menghantui kondisi finansial kamu.

Kalau memang tidak ada utang, kamu bisa menyimpannya sebagai dana darurat ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkan yang tergesa-gesa. Selain itu, dana darurat juga bisa menjadi penolong kamu di akhir bulan saat gaji sudah mulai menipis dan kebutuhan kamu tidak bisa tercukupi. Sekitar 10 sampai 15 persen uang THR perlu kamu ambil sebagai dana darurat.

3. Berbagi ke orang yang lebih membutuhkan

Uang THR bisa dikatakan sebagai berkat dalam menyambut Idul Fitri. Tidak ada salahnya kalau kamu juga mengalokasikannya untuk membagikannya ke orang lain, setidaknya ke mereka yang lebih membutuhkan. Cari tahu dan buka mata kamu lebar-lebar dengan kondisi orang-orang yang masih kekurangan di sekitar kamu.

Masih banyak orang yang masih susah dalam memenuhi kebutuhan untuk menyambut Lebaran, karena itu, kamu sisihkan THR kamu agar bisa membantu mereka dalam mendapatkan keperluan yang mereka butuhkan. Kalau menurut kamu langsung memberikan uang tidak efesien, kamu bisa langsung memberikan sejumlah bahan sembako, seperti beras, minyak, gula, dan sebagainya.

Cara lainnya yaitu ajak teman-teman kamu untuk berbagai dengan membuat acara buka bersama. Buat saja event buka bersama di tempat-tempat yang masih susah kehidupan finansialnya, tentu mereka sudah senang. Tidak ada salahnya juga kalau kamu mengadakan lomba-lomba yang bisa menyenangkan hati mereka. Jangan lupa berikan hadiahnya agar mereka semakin terhibur.

Dengan berbagi, kamu bisa semakin memahami dan merasakan apa yang orang-orang itu alami dalam hal kesulitan finansial. Selain itu, kamu juga belajar untuk lebih menghargai hidup, sehingga kamu tidak usah lagi menyia-nyiakan berkat yang sudah kamu dapatkan selama ini.

4. Untuk investasi pendidikan

THR biasa disebut orang sebagai gaji ketiga belas, sehingga kebanyakan orang suka langsung menghabiskannya dengan membeli kebutuhan yang sifatnya lebih konsumtif. Padahal, kamu bisa mengalokasikannya untuk investasi yang bisa membawa keuntungan dalam jangka panjang. Tidak hanya kamu saja, nanti keluarga kamu juga bisa ikut merasakannya secara tidak langsung.

Ada banyak lembaga dan jenis-jenis investasi yang bisa kamu ikuti. Tapi ikuti sesuai kebutuhan kamu, ya. Misalkan kamu mau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, kamu bisa menginvestasikan uang THR kamu untuk dana pendidikannya.

Cara investasi tidak hanya menabung ke lembaga investasi saja, tapi juga dengan mengikuti program belajar tambahan seperti yang diberikan oleh course-net.com. Sebagai tempat pelatihan IT, kamu yang mau mendalami lebih jauh lagi tentang networking, cyber security, website, mobile app, dan digital marketing, bisa mengikuti kursusnya dengan guru-guru yang berpengalaman.

Masih bingung mau ikut yang mana? Tidak usah bingung lagi karena ada Expert Team yang menjadi media konsultasi kamu yang akan membantu kamu untuk memilih minat dan potensi yang pastinya menguntungkan kamu ke depannya. Kalau sudah berhasil mendalaminya, siapa tahu kamu bisa direkrut oleh perusahaan-perusahaan kelas atas di Indonesia karena mereka memiliki koneksi yang kuat dengan berbagai perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Daripada uang THR kamu langsung dihabiskan begitu saja, sebaiknya alokasikan ke arah yang lebih baik, apalagi mengikuti program kursus IT dari course-net.com. Bisa menjadi batu loncatan mau pun modal yang menguntungkan untuk masa depan kamu nanti.

Promo discount early bird course-net kursus jaringan komputer ccna, certified ethical hacker, website, android, java springs