Cyber Security Membutuhkan Perhatian Lebih dari Para Pebisnis

Cyber Security Membutuhkan Perhatian Lebih dari Para Pebisnis

Pada Mei 2017, hampir seluruh kota di Dunia, termasuk Indonesia dihebohkan dengan kehadiran “Ransomware WannaCry”. Bagaimana tidak ? Banyak pihak yang menjadi korban tidak dapat mengakses data-data penting yang dimilikinya, alias terkunci secara tiba-tiba dan jika ingin data-data kembali, pihak korban harus membayarkan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin kepada pihak peretas.

Ransomware WannaCry, cyber security wikipedia indonesia, cyber security universitas indonesia, cyber security training indonesia, cyber security tutorial indonesia, cyber security salary indonesia, cyber security summit indonesia, national cyber security strategy indonesia, s2 cyber security indonesia, startup cybersecurity indonesia, sekolah cyber security di indonesia, seminar cyber security 2019 indonesia, indonesia cyber security strategy, cyber security indonesia pdf, cyber security indonesia ppt, perusahaan cyber security indonesia, peraturan cyber security indonesia, pameran cyber security indonesia, perusahaan cyber security di indonesia, perkembangan cyber security di indonesia, pwc indonesia cyber security, indonesia cyber security policy, indonesia national cyber security strategy, indonesia cyber security market, masalah cyber security di indonesia, cyber security law indonesia, komunitas cyber security indonesia, kuliah cyber security indonesia, kasus cyber security indonesia, kursus cyber security indonesia, kuliah cyber security di indonesia, cyber security jobs indonesia, cyber security job indonesia, jurusan cyber security indonesia, cyber security in indonesia, cyber security company in indonesia, cyber security issue in indonesia, internship cyber security indonesia, apa itu cyber security indonesia, cyber security companies in indonesia, horangi cyber security indonesia, gaji cyber security indonesia, gaji cyber security di indonesia, cyber security forum indonesia, fakultas cyber security di indonesia, cyber security event indonesia, cyber security event indonesia 2020, cyber security engineer indonesia, ebook cyber security indonesia, ebook cybersecurity bahasa indonesia, cyber security di indonesia, cyber security di indonesia pdf, jurusan cyber security di indonesia, kasus cyber security di indonesia, universitas jurusan cyber security di indonesia, cyber security indonesia conference, cyber security company indonesia, buku cybersecurity bahasa indonesia, belajar cyber security bahasa indonesia, belajar cyber security indonesia, bootcamp cyber security indonesia, indonesia cybersecurity bill, cyber security agency indonesia, asosiasi cyber security indonesia, ahli cyber security indonesia, statistik serangan siber di indonesia, serangan siber ke indonesia, kasus serangan siber di indonesia, jumlah serangan siber di indonesia, serangan siber di indonesia, serangan cyber di indonesia, serangan cyber di indonesia 2020, data serangan siber di indonesia, data serangan siber di indonesia 2019, dampak serangan siber di indonesia, data serangan siber di indonesia 2020, cyber security indonesia, cyber security indonesia 2020, cyber security indonesia 2021, cyber security indonesia 2019, serangan siber indonesia, serangan siber indonesia 2020, serangan siber indonesia 2015, serangan cyber indonesia,

Tak hanya Malware tersebut yang mulai menggegerkan dunia maya, tetapi juga mulai banyak hacker bermunculan dengan tujuan negatif untuk meraup keuntungan pribadi tanpa pandang bulu ketika menyerang korbannya, baik perseorangan sampai ke perusahan besar sekali pun.

Maka, jangan remehkan isu keamanan dunia maya ini sebagai masalah teknologi biasa yang hanya akan dihadapi oleh para teknisi di bidang IT. Tak lama lagi, Anda para pebisnis akan mulai kewalahan menghadapinya. Mengapa? Seperti yang dapat kita lihat, bahwa saat ini hampir semua bisnis sudah mulai aktif secara digital, baik transaksinya atau pun pengarsipan data-data pentingnya.

Berita pada media online, Forbes menyebutkan bahwa berdasarkan pada data laporan cyber security salah satu perusahaan telekomunikasi internasional, Telstra menunjukkan sebesar 59% perusahan bisnis Asia mengalami gangguan keamanan maya, setidaknya satu bulan sekali.

Tentunya hal ini menunjukkan, semakin meningkat perangkat yang kita gunakan untuk terhubung dengan internet, maka semakin besar pula kebutuhan untuk meningkatkan keamanan jaringannya.

Saat ini, gangguan keamanan maya global yang berdampak pada kurang lebih 200.00 komputer di 150 negara dan menghabiskan jutaan dollar, merupakan isu/masalah yang masih bisa diatasi.

Namun, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan dapat muncul gangguan yang lainnya dan tak terduga bentuknya. Ada baiknya, setiap perusahaan yang beroperasi secara digital untuk memerhatikan secara lebih intens terhadap isu ini, karna isu ini bukan lagi hanya isu untuk para pekerja perusahaan divisi IT, melainkan semua divisi yang beroperasi harus memiliki rasa aware juga terhadap isu  tersebut dan saling berintegrasi, bekerja sama untuk mencegah gangguan maya.

Seperti yang dilakukan juga oleh Telstra Company, semua pekerjanya diberikan pelatihan terkait kebijakan kemananan di dunia maya, baik dari sisi sebagai pengguna mau pun pencipta sistem. Tujuannya agar keamanan sistem maya yang dimiliki perusahaan merupakan tanggung jawab bersama semua tim divisi dan bukan hanya divisi IT saja.

Kini tak usah susah untuk mencari tempat kursus cyber security, karena Course-Net telah memberikan solusinya. Belajar mengamankan jaringan hingga mempelajari bagaimana peretas melakukan aksinya. Anda akan mempelajarinya dengan coach kelas dunia. Hubungi tim kami untuk info lebih lanjut.

Klik WA

Tinggalkan Balasan