Cara Menjadi Data Analyst dengan Penghasilan Besar

Cara Menjadi Data Analyst dengan Penghasilan Besar

Kebutuhan terhadap Data Analyst masih terus meningkat. Berdasarkan penelusuran Course-Net di situs lowongan kerja Jobstreet.co.id, terdapat 1.135 lowongan data analyst untuk berbagai posisi mulai dari junior hingga manager. Mayoritas perusahaan yang mencari data analyst adalah perusahaan yang berbasis teknologi seperti software, e-commerce dan startup.

Peranan seorang data analyst memang sangat diperlukan untuk mengelola data perusahaan. Secara garis besar, tanggung jawab seorang data analyst adalah menerjemahkan data yang terstruktur maupun tidak terstruktur menjadi laporan yang dapat dipahami oleh manajemen. Laporan tersebut digunakan oleh manajemen dalam mengambil langkah bisnis kedepannya.

Jika Anda tertarik menjadi seorang data analyst, berikut ini cara menjadi data analyst dengan penghasilan besar:

1. Memilih Jurusan Tertentu

Universitas Indonesia, Memilih Jurusan Tertentu

Poin pertama adalah jurusan, biasanya pekerjaan data analyst untuk tingkat pemula hanya ditempati oleh lulusan dari jurusan tertentu. Jurusan yang sering menempati posisi ini antara lain Ekonomi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika dan Bisnis. Lulusan dari jurusan tersebut telah mempelajari seluk beluk data, meskipun belum terjun langsung namun pondasinya sudah ada.

Tak perlu khawatir untuk Anda yang ingin berkarier menjadi data analyst, Anda dapat mengikuti kursus data scientist di Course-Net. Anda akan mendapatkan ilmu mengolah data dari ahlinya langsung. Anda juga akan mendapatkan sertifikasi internasional dari Wiley yang sudah diakui banyak perusahaan.

Dengan sertifikasi tersebut, Anda akan mendapatkan nilai plus karena telah diakui skill dalam hal data.

2. Memiliki Kemampuan Analisis

Memiliki Kemampuan Analisis

Menjadi seorang data analyst diharuskan memiliki kemampuan analis yang baik. Kemampuan ini berfungsi untuk mempelajari trend bisnis pada sektor perusahaan tersebut untuk mendapatkan beberapa data lalu dianalisis lebih mendalam. Hasil analisis akan digunakan manajemen untuk menentukan langkah bisnis kedepannya.

3. Memiliki Skill Bisnis

Memiliki Skill Bisnis

Selain memiliki skill analisis yang baik, seorang data analyst perlu memiliki skill bisnis untuk menilai tingkatan bisnis suatu perusahaan. Skill ini juga dapat membantu data analyst untuk melihat masa depan perusahaan secara bisnis.

4. Memiliki Skill Komunikasi

Memiliki Skill Komunikasi

Seorang data analyst juga perlu memiliki skill komunikasi yang baik karena tanggung jawab profesi ini tidak hanya menganalisis data saja namun mempresentasikan data didepan manajemen. Dengan komunikasi yang baik, Anda akan mudah untuk memaparkan hasil analisis data yang sudah dilakukan.

5. Memahami Konsep Machine Learning

Memahami Konsep Machine Learning

Baik data analyst maupun data scientist memerlukan pemahaman machine learning. Machine learning merupakan metode yang digunakan untuk merancang program yang dapat belajar sendiri berdasarkan data-data yang ada. Tahukah Anda, machine learning berbeda dengan program komputer. Jika program komputer bersifat statis maka machine learning bersifat dinamis yang dirancang mampu belajar dengan sendirinya.

Dalam aktivitas analisis data, peranan machine learning itu sangat penting. Mayoritas orang yang berkarier diprofesi ini adalah orang-orang yang menguasai machine learning. Anda dapat mempelajari machine learning lebih mendalam di kursus data science Course-Net.

6. Memahami Ilmu Statistik

Memahami Ilmu Statistik

Beberapa hal yang harus Anda pahami sebagai data analyst pada ilmu statistik seperti mean, media, devisiasi dan masih banyak lagi. Seorang data analyst andal diharuskan mampu untuk menafsirkan data baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

7. Memahami Pemrograman

Memahami Pemrograman

Seorang data analyst andal disarankan untuk memahami atau menguasai pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman, namun Anda sebaiknya mempelajari pemrograman SQL karena lebih banyak digunakan untuk mengolah data pada database.

8. Pelajari Fitur Microsoft Excel

Pelajari Fitur Microsoft Excel

Siapa yang tidak tahu dengan software dari Microsoft Office satu ini, Anda dapat mempelajari fitur Macro dan VBA pada Microsoft Excel untuk membantu pekerjaan Anda dalam menganalisis data.

9. Mengikuti Kelas Data Science

Training data science terbaik

Salah satu cara menjadi data analyst andal dengan penghasilan besar adalah mengikuti kelas data science. Kini ada banyak lembaga yang membuka pelatihan big data seperti Course-Net. Di Course-Net, Anda akan banyak mempelajari tentang analisis data. Berikut ini materi yang akan Anda dapatkan di kelas Data Science Course-Net:

  • Introduction to Big Data
  • Business application of Big Data
  • Technologies for handling big data
  • Framework for Processing on Hadoop – MapReduce and YARN
  • Introduction to Analytics and R
  • Understanding analytics
  • Analytical tools
  • Exploring R
  • Reading datasets into R
  • Exporting, manipulating and processing Data in R
  • Data Analysis using R
  • Analyzing data using functions, loops and data frames
  • Graphical analysis & Hypothesis testing in R
  • Big Data Analytics Methods
  • Data Cleaning and Preprocessing Big Data visualizations
  • Machine Learning Foundation
  • Linear Regression in R
  • Non-linear Regression
  • Graphical models and Bayesian Networks Decision Trees
  • Advanced Machine learning
  • Cluster Analysis
  • Artificial Neural Networks Support Vector Machines Time Series Analytics
  • Statistic Fundamental

10. Mempunyai Sertifikasi

Dwi Tjahyo Kurniawan bekerja sebagai Database Analyst di PT LIK telah mengikuti Kursus Data Science di Course-Net dengan Coach Kelas Dunia.

Cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan besar adalah adanya sertifikasi atau pengakuan. Dengan Anda memiliki sertifikat maka Anda akan mendapatkan nilai tambah di depan HRD. Jika Anda mengikuti pelatihan di Course-Net maka Anda akan mendapatkan sertifikat dari Course-Net dan sertifikasi dari Wiley yang telah diakui secara Internasional.

Dengan memiliki sertifikasi maka Anda telah diakui kemampuannya dibidang data, Perusahaan akan berani membayar mahal untuk kemampuan Anda.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti pelatihan data science untuk mendapatkan penghasilan besar, Course-Net pilihan yang tepat. Anda akan diajarkan banyak sekali ilmu data science mulai dari statistik, machine learning, programming hingga bisnis langsung dari ahlinya. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan promo menarik hari ini.

Klik WA