Bagaimana Cara Menjadi Android Developer Handal dalam Hitungan Minggu

Bagaimana Cara Menjadi Android Developer Handal dalam Hitungan Minggu

Saat ini dunia teknologi khususnya perkembangan smartphone terus meningkat dengan pesat. Hal ini terlihat dengan jelas, banyak orang yang berlomba lomba menjadi Android developer. Mulai dari mahasiswa, wiraswasta, hingga anak SMP pun ingin membuat aplikasi Android dengan tujuan yang berbeda-beda.

Lantas, Kenapa Harus Membuat Aplikasi Android?

Android OS adalah sebuah sistem operasi ponsel pintar (smartphone) yang paling populer sekarang. Menurut data dari Interntional Data Coporation (IDC), pada periode 2016, Sistem operasi ini menguasai market sharing dunia yang mencapai angka 86.2%. Dari sinilah dapat kita lihat, jika kemungkinan Android  OS besutan dari Google .Inc mempunyai kepopuleran dalam periode yang cukup lama.

Setelah melihat tabel di atas, kita ketahui bersama bahwa di tahun 2016 saja sudah banyak yang peminatnya. Tentunya angka tersebut akan terus meningkat selaras dengan semakin banyaknya vendor ponsel pintar menggunakan Android.

Dan sekaranglah waktu yang pas untuk mengawali karier di sektor pengembang Aplikasi Android. Apakah terlambat? Tentu tidak. 

Course-net sangat pahami menjadi seorang Android Developer memanglah bukan hal yang mudah. Tetapi, bukan pula hal yang tidak mungkin selama Anda memiliki kemauan serta tekad pasti ada jalannya.

Terus belajar menjadi salah satu kunci yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya teknologi akan selalu berkembang yang artinya akan semakin banyak peluang sukses menjadi Android Developer Handal. 

So, Course-Net akan memberikan beberapa panduan untuk menjadi pengembang aplikasi sistem operasi terbaik saat ini. Berikut ini beberapa panduan untuk menjadi Android Developer handal.

Dalami Bahasa Pemrograman

1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk pengerjaan aplikasi android dengan native/ bawaan asli dari Android. Menguasai bahasa pemrograman Java adalah kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh seorang Android developer.

Banyak orang yang langsung membuat coding dengan bahasa Java untuk merancang aplikasi android lalu alami kesulitan dalam perancangannya. Itulah sebabnya, lebih baik pelajari serta mengerti bahasa Java ini terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi android.

Bagi Anda yang ingin serius mempelajari pembuatan aplikasi Android. Tidak ada salahnya Anda mempelajari Bahasa Pemrograman Kotlin. Saat ini Kotlin tengah naik daun dan banyak diminati banyak developer karena berbagai keunggulannya. Mengapa demikian?

Faktanya, Kotlin dirancang oleh praktisi industri yang notabenenya tahu kebutuhan industri yang tengah berkembang. Salah satu kelebihannya adalah bahasa Kotlin cukup sederhana dan mudah dipahami, karena itu banyak yang mengebut Kotlin sebagai Swift-nya Android.

Jika Anda tertarik mempelajari Kotlin lebih dalam lagi, Anda bisa bergabung bersama Course-Net di Kursus Android Developer.

2. XML (eXtensible Markup Language)

XML adalah bahasa markup yang dipakai untuk menggambarkan data. Dengan pelajari sintak-sintak dasarnya XML akan membantu dan memudahkan dalam mengembangkan sebuah aplikasi android seperti membuat layout tatanan letak antarmuka pemakai (UI) serta parsing data dari internet.

3. SQL(Structured Programming Language)

SQL adalah hal yang tidak kalah penting untuk dipelajari dalam merancang database dalam aplikasi android. SQL adalah bahasa ekspresi query untuk mengeksekusi data yang berada di database.

Rujukan

Menjadi Android developer yang handal tentu saja kita dituntut untuk selalu up-date mengenai info di dunia android khususnya dalam hal pengembangannya. Dengan beberapa langkah contohnya berkunjung ke beberapa situs web yang sediakan informasi paling baru.

Ikuti satu forum, komunitas atau pelatihan baik dengan off-line seperti Course-Net atau online serta sama-sama bertukar pikiran dengan developer yang lain juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan informasi baru.

Alat untuk bikin aplikasi

Dalam merancang atau meningkatkan aplikasi android ada dua alat yang seringkali dipakai yakni Android Studi serta Eclipse dan masih banyak IDE yang lain. Tetapi Google sudah jadikan Android Studio jadi IDE sah dalam meningkatkan aplikasi Android. Diluar itu Android Studio adalah peningkatan dari Eclipse, hingga mempunyai banyak fitur-fitur yang lebih baru dibandingkan Eclipse. Tetapi untuk jalankan Android Studio, komputer Anda harus mempunyai spesifikasi yang lumayan tinggi.

Mengerti Arsitektur Android

Dalam membuat aplikasi android tentu saja ada ketentuan yang perlu dimengerti. Contohnya design, elemen, pattern, serta masih banyak lagi. Karena itu sebaiknya jika memulai dengan mengerti apakah itu android serta langkah-langkah meningkatkan aplikasi yang ingin Anda buat.

Soft Skills

Soft Skills ini cukup diperlukan untuk membantu Anda dalam meningkatkan ketrampilan menjadi Android Developer.

1. Ketekunan

Dalam lakukan satu hal, tentu saja Anda tidak langsung berhasil. Begitu juga dalam peningkatan aplikasi android, Anda akan menjumpai banyak kendala ditambah lagi saat mengawali pertama-tama dalam merancang aplikasi karena disanalah Anda membutuhkan sebuah Mentor yang mampu membimbing Anda.

Tak hanya itu saja, Anda juga butuh keteguhan hati yang kuat untuk belajar serta menangani masalah yang cukup rumit. Akan tetapi, keuntungan dari Android adalah open source, Anda bisa memanfaatkan library-library serta framework yang ada github.

2. Kerjasama

Kerjasama adalah hal yang penting untuk pekerjaan developer. Sekalinya kita kerja sendiri dalam satu project, tentunya harus punyai urusan dengan orang lain seperti perancang, atau manajemen projek di perusahaan atau organisasi, dan lain-lain. Awalilah merasakan nyaman dengan bekerja bersama dengan rekanan kerja lain untuk membuat aplikasi yang mengagumkan.

3. Haus akan pengetahuan

Jadi Developer tentu saja selalu harus up-date tentang perubahan teknologi yang terus berkembang. Ini membuat beberapa developer baik itu mobile atau yang lain memiliki komitmen untuk terus belajar tanpa lelah. Jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah didapatkan, Ingatlah developer bukan hanya Anda, ada banyak yang akan bersaing dengan Anda.

Itulah sedikit panduan untuk menjadi seorang Android developer yang handal. Anda pasti bertanya-tanya lalu bagaimana cara menjadi Android Developer Handal dalam Hitungan Minggu, Bukan? Silahkan kontak WA kami cukup klik gambar dibawah, kami akan langsung kasih tahu rahasianya.

Klik WA

Leave a Reply