Cara Menghindari “Meltdown” dan “Spectre”

virus terbaru, cara menghapus malware, contoh malware, virus malware adalah, cara menghapus malware di laptop

Cara Menghindari “Meltdown” dan “Spectre” – Microsoft baru saja merilis fitur untuk mendeteksi keberadaaan malware berbahaya seperti Meltdown dan Spectre pada perangkat. Fitur tersebut disematkan dalam aplikasi Windows Analytics yang sering digunakan para programer untuk mendeteksi kondisi perangkat mereka.

Menurut  Executive Vice President, Windows and Devices Group, Terry Myerson, fitur baru ini bakal memungkinan Windows Analytics  memeriksa kondisi firmware pada perangkat. Setelah itu, Analytics akan memberikan notifikasi mengenai keadaan perangkat serta langkah apa yang harus dilakukan.

Tool Windows Analytics bersifat add-on, dan bisa dipasang di jaringan komputer Windows. Selain bisa mendeteksi status firmware, fitur Windows Analytics juga meningkatkan layanan yang sudah ada seperti fitur untuk memeriksa kompatibilitas antivirus dan keamanan sistem operasi Windows.

Dikutip dari Microsoft, Senin (19/2/2018), Myerson menambahkan jika fitur ini kompatibel dengan sejumlah OS Windows populer, seperti Windows 7, 8.1, dan 10. Baiknya lagi, layanan ini dapat dimanfaatkan secara gratis.

Bahaya Meltdown dan Spectre

Kemunculan Meltdown dan Spectre pada Januari lalu menjadi sumber masalah bagi keamanan perangkat. Sebab keberadaan celah ini memungkinkan sejumlah orang mencuri informasi yang terdapat pada perangkat. Celakanya lagi, perangkat yang terlanjur terinfeksi dua malware ini tidak dapat diperbaiki. Untuk memasang tambalan lubang keamanan ini juga tak mudah, tidak semua orang mengerti dan tahu cara melakukannya.

Dengan adanya tool ini, Microsoft berharap pengguna bisa dengan mudah mengidentifikasi dan meminimalisir penyebaran infeksi. Sebab, Analitycs akan rutin memberi saran pada penggunanya tentang cara meningkatkan keamanan agar perangkat tidak terjangkit Meltdown  atau Spectre.

Seperti itulah cara menghindari meltdown dan spectre. Untuk mengetahui informasi lainnya, tetap pantau Course-Net ya. Dan untuk menambah skill dalam teknologi informasi, Course-Net juga membuka kursus android, kursus jaringan komputer, kursus cyber security, dan juga kursus hacker. Jadi, segera daftarkan diri kamu ya 🙂