Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call – Jika Anda memiliki keluarga, teman atau pasangan yang berada jauh dari tempat tinggalmu saat ini. Maka whatsapp menjadi salah satu solusi untuk berkomunikasi. Whatsapp ini merupakan media sosial yang bisa digunakan untuk chatting, voice call dan video call.

Tidak menggunakan pulsa namun menggunakan koneksi internet. Meskipun tergolong bagus untuk jenis aplikasi komunikasi. Namun whatsapp juga tidak terhindar dari masalah yang mungkin membuat Anda merasa resah dan merasa dirugikan.

Ada beberapa masalah yang muncul pada saat menggunakan whatsapp. Contohnya saja seperti tidak bisa melakukan video call. Di setiap masalah pasti ada penyebab yang menjadi salah satu faktor terjadinya masalah. Jika whatsapp yang Anda miliki tidak bisa digunakan untuk video call mungkin saja terdapat penyebab yang harus Anda perbaiki.

Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Sebelum membahas cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call, Course-Net akan membahas mengenai penyebab terjadinya masalah tersebut agar Anda dapat menghindari penyebabnya.

  1. Whatsapp tidak memiliki izin akses kamera

  2. Whatsapp tidak memiliki izin akses microphone

  3. Whatsapp error tiba-tiba atau bisa juga terdapat bug

  4. Koneksi internet handphone Anda mengalami masalah

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Masih ada banyak penyebab lainnya yang mungkin menjadi faktor terjadinya masalah tidak bisa melakukan video call. Untuk mempercepat, di bawah ini terdapat cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call.

1. Memastikan Koneksi Internet Handphone Anda

 
Memastikan Koneksi Internet Handphone Anda

Memastikan Koneksi Internet Handphone Anda

Jika Anda menggunakan koneksi data untuk terhubung ke internet, maka pastikan terlebih dahulu Anda memiliki paket data. Biasanya jika menggunakan koneksi data tidak ada pemberitahuan mengenai tersedotnya paket data. Jika paket data yang Anda miliki telah habis, kadangkala tidak muncul pemberitahuan. Sehingga Anda harus mengeceknya melalui nomor darurat yang disesuaikan dengan kartu SIM yang digunakan.

2. Pastikan Bahwa Anda Tidak Diblokir oleh Pengguna Lain

Pastikan Bahwa Anda Tidak Diblokir oleh Pengguna Lain

Pastikan Bahwa Anda Tidak Diblokir oleh Pengguna Lain

Jika tidak ada kendala pada koneksi internet, pastikan dahulu Anda tidak terblokir oleh pengguna yang akan Anda hubungi. Jika nomor whatsapp Anda diblokir maka Anda tidak dapat berkomunikasi dengan pengguna tersebut. Anda tidak dapat mengirim pesan, tidak dapat menerima pesan, tidak dapat menelepon dan sebagainya.

3. Izinkan Whatsapp Mengakses Microphone dan Kamera

izinkan kamera dan mickrophone

izinkan kamera dan mickrophone

Kedua hal ini sangat berpengaruh dalam berkomunikasi. Tidak hanya saat menelepone, namun juga saat akan mengirim gambar dan mengirim voice note. Permohonan izin akses mic dan kamera ini biasanya dilakukan pada saat pertama kali pemasangan di handphone android Anda.

Tetapi jika pada saat awal pemasangan tidak ada peringatan izin akses maka Anda harus mengaturnya di menu pengaturan. Caranya yaitu dengan membuka pengaturan handphone. Setelah itu masuk ke menu aplikasi dan pilih whatsapp. Pilih opsi izin pada microphone dan kamera.

4. Hapus Cache Whatsapp

Hapus Cache Whatsapp

Hapus Cache Whatsapp

Jika Anda tidak ingin membuang-buang waktu, maka Anda dapat melakukan hapus cache whatsapp. Caranya yaitu buka pengaturan di handphone Anda lalu masuk ke menu aplikasi. Setelah itu pilih whatsapp lalu masuk ke menu penyimpanan.

Di bagian bawah terdapat tombol hapus cache dan hapus data. Anda juga menekan tombol hapus cache saja. Setelah itu kembali ke whatsapp untuk memeriksa perkembangan,

5. Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Jika keempat cara di atas tidak mempu mengatasi masalah, maka cara lainnya yaitu dengan menginstall ulang aplikasi whatsapp. Anda bisa menginstall ulang melalui playstore atau bisa juga melalui browser yang ada pada handphone Anda. Cara ini mungkin akan sangat bekerja dengan optimal. Dengan menginstall ulang maka bisa mengembalikan semuanya ke keadaan semula.

Itulah beberapa cara mengatasi Whatsapp yang tidak bisa video call. Ingin buat aplikasi android yang bisa video call? Yap, untuk mempermudah komunikasi agar tidak salah penafsiran. Anda bisa join di Kursus Android di Course Net dan dapatkan pengalaman dan ilmu membuat coding aplikasi Android Kotlin dengan mudah dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Let’s Join!!!

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp