Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti di Smartphone Android

Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti di Smartphone AndroidBagi Anda yang merupakan seorang gamers pasti harus menginstall google play terlebih dahulu di Smartphone android Anda. Bahkan jika di lihat di Play store sudah ada jutaan orang yang mengunduh aplikasi ini.

Google play ini digunakan untuk menyimpan data-data aplikasi yang Anda di smartphone. Satu akun google play bisa digunakan untuk banyak aplikasi seperti game android secara bersamaan. Dengan adanya akun google play maka data game tidak akan hilang meskipun game sudah terhapus.

Jika dilihat dengan seksama, Google play ini sangat berperan penting dalam penggunaan smartphone sehari-hari. Tanpa menggunakan google play mungkin Anda akan sulit mengakses game, mengakses film, mengakses buku, musik dan lain sebagainya.

Meskipun berperan penting bagi penggunaan sehari-hari namun kadangkala Google play mengalami masalah. Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada smartphone Anda. Di bawah ini terdapat beberapa penyebab yang bisa terjadi.

Penyebab Google Play Error

  1. Terjadi crash data pada layanan Google play.
  2. Koneksi internet yang tidak stabil.
  3. Google play tidak diperbarui.
  4. Kekurangan kapasitas penyimpanan pada smartphone Anda.
  5. Cache yang terlalu banyak dan menumpuk pada Google play Anda.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi di Google play milik Anda. Cara mengatasinya juga sangat beragam tergantung dengan penyebabnya. Cara mengatasi Google play telah berhenti di smartphone tidak memakan waktu yang lama.

Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti

Tetapi jika Anda tidak tahu pasti apa penyebabnya maka Anda harus mengikuti cara-cara di bawah ini sampai berhasil memperbaiki masalah Google play ini.

1. Perbarui Layanan Google Play

update Layanan Google Play

Jika penyebab sudah diketahu karena belum di update, maka Anda harus melakukan update Google play agar bisa digunakan kembali. Caranya cukup mudah, cek versi terbaru Google play pada menu pengaturan smartphone.

Kemudian masuk ke menu aplikasi dan cari layanan Google play. Jika sudah menemukan kemudian pada bagian atas biasanya berisi mengenai versi yang digunakan. Untuk melakukan update google play, Anda bisa mengeceknya di Play store. Jika ada versi terbaru maka akan ada opsi update.

2. Paksa Berhenti Layanan Google Play

paksa berhenti Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti

Jika dengan memperbarui layanan Google play tidak dapat mengatasi masalah, Anda perlu melakukan pemberhentian paksa layanan ini. Caranya yaitu lihat info aplikasi layanan Google play ini di menu pengaturan. Kemudian klik paksa berhenti atau force stop. Jika sudah, kemudian tunggu beberapa saat setelah itu aktifkan kembali layanan google play ini.

3. Hapus Data Google Play

Clear Cache Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti

Jika dengan cara di atas belum juga bisa mengatasi masalahnya. Maka Anda perlu menghapus data layanan Google play. Caranya hampir sama dengan cara yang kedua namun Anda perlu memiliki tombol clear data.

Jika sudah kemudian buka kembali Google play di Smartphone Anda. Biasanya dengan cara yang ketiga ini sudah mampu mengatasi masalah tersebut. Namun jika masih belum teratasi maka Anda perlu melakukan cara berikutnya.

4. Restart Smartphone

restart untuk Memperbaiki Layanan Google Play Telah Berhenti

Cara yang keempat yaitu dengan menghidupkan ulang Smartphone Anda. Setelah itu buka kembali Google play. Jika masih belum berhasil mungkin smartphone Anda harus direset terlebih dahulu. Sebelum direset alangkah baiknya untuk mencadangkan data yang ada di dalamnya agar tidak ikut terhapus.

Itulah cara mengatasi layanan google play telah berhenti dari Course-Net dengan mudah. Cara lainnya juga Anda bisa membuat aplikasi Android untuk memperbaiki Layanan Google Play. Dengan mengetahui bagaimana arsitektur dari aplikasi, maka Anda akan dengan mudah menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Arsitektur Android lebih dalam lagi? Anda bisa mengikuti Training Android di Course-Net yang diadakan setiap bulannya. Anda juga akan diajarkan bagaimana membuat aplikasi android dengan cepat. Dan dapat dipastikan setelah mengikuti Training Android Developer ini, Anda akan menjadi pengembang aplikasi handal.

Kursus Ethical Hacker, Cyber Security Terbaik Jakarta Tangerang, Kursus Jaringan Komputer Bersertifikat International Cisco CCNA CCNP Terbaik, Kursus Pemrograman Android Developer Terbaik di Jakarta Tangerang,Kursus Membuat Website dengan Pemrograman PHP Laravel, Java Spring, ASP, Bayar 1x Belajar Sampai Bisa, Coach Praktisi Kelas Dunia Certified International, kursus laravel jakarta, belajar laravel

So, Amankan kursi Anda sekarang juga. Karena maksimal kursi hanya 8 Seat. Hubungi tim kami via live chat atau dengan whatsapp di bawah ini.

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp