Cara Lakukan Backup Dan Restore Pesan WhatsApp Dengan Google Drive

Cara Lakukan Backup Dan Restore Pesan WhatsApp Dengan Google Drive – Di era modern ini banyak teknologi yang semakin canggih. Contohnya saja dalam hal komunikasi, kita tidak perlu lagi menggunakan kertas. Kini sudah hadir banyak sekali aplikasi chatting salah satunya Whatsapp.

Selain bisa mengirim pesan, Whatsapp juga bisa digunakan untuk video call, voice note, voice call, dan masih banyak lagi. Kelebihan lain yang dimiliki Whatsapp yaitu mampu menyimpan pesan berupa teks, gambar maupun video ketika Anda akan ganti smartphone atau akan mereset smartphone.

Hal demikian dikarenakan adanya fitur backup atau cadangkan pesan whatsapp. Backup pesan whatsapp ini sangat penting untuk Anda yang merupakan orang yang memiliki banyak tugas penting. Pasti akan ada file yang dikirim melalui Whatsapp, sehingga pencadangan pesan Whatsapp sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Manfaat Fitur Backup Dan Restore Pesan WhatsApp

Pada kesempatan kali ini, Course-Net akan membahas mengenai cara backup dan restore aplikasi chat terbaik Whatsapp dengan Google Drive. Tetapi sebelum lebih lanjut sedikit kita akan membahas tentang pentingnya fitur ini.

  • Backup dan restore pesan Whatsapp sangat penting dilakukan untuk mencegah kehilangan data.
  • Backup dan restore pesan Whatsapp sangat berguna dilakukan apabila Anda akan mengganti handphone lama dengan yang baru.
  • Fitur pada Whatsapp ini penting dilakukan agar pesan berupa teks, video maupun gambar memiliki cadangan pada google drive.

Itulah pentingnya pencadangan atau backup pesan Whatsapp. Maka dari itu aplikasi Whatsapp kadangkala melakukan pencadangan secara otomatis. Hal demikian dikarenakan agar pesan yang Anda miliki memiliki cadangan dan tidak hilang.

Namun belum banyak orang yang berpikir jauh tentang fitur ini. Banyak orang yang seringkali menolak untuk mencadangkan pesan whatsapp secara otomatis.

Cara Lakukan Backup Dan Restore Pesan WhatsApp

Bagi Anda yang ingin mengamankan pesan Whatsapp agar tidak hilang dan bisa direstor sewaktu-waktu, di bawah ini terdapat cara backup dan restore pesan Whatsapp dengan Google Drive dengan beberapa langkah saja.

1. Cara Backup Pesan Whatsapp

Backup Dan Restore Pesan WhatsApp

Cara Backup Pesan Whatsapp

  • Langkah yang pertama yaitu membuka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu.
  • Setelah itu masuk ke menu pengaturan Whatsapp atau settings.
  • Kemudian pilih chats and calls lalu pilih chat backup.
  • Berikutnya hubungkan Whatsapp Anda ke Google Drive milik Anda dengan cara pilih backup to Google Drive.
  • Nanti akan muncul pop up mengenai akun Google mana yang akan digunakan, kemudian Anda pilih salah satu akun yang Anda miliki.
  • Jika sudah berhasil dihubungkan langsung saja klik tombol backup yang berwarna hijau.
  • Anda juga bisa mengatur kapan saja whatsapp akan dicadangkan atau bisa juga mengatur agar pencadangan pesan whatsapp dilakukan secara otomatis.

2. Cara Restore Pesan Whatsapp

Cara Restore Pesan Whatsapp

Cara Restore Pesan Whatsapp

Restore pesan whatsapp ini dilakukan apabila Anda akan mereset handphone atau akan memindahkan ke Smartphone baru.

Caranya sama seperti pada saat pemasangan Whatsapp pertama kali di smartphone Anda. Anda bisa mendownload aplikasi Whatsapp di playstore atau bisa juga di browser. Setelah proses installasi selesai, kemudian buka aplikasi Whatsapp dan masuk dengan nomor yang sama dengan sebelumnya.

Jika sudah menerima kode verifikasi dan Anda sudah berhasil login, nanti akan muncul pilihan restore pesan Whatsapp atau tidak. Untuk melakukan restore tinggal pilih opsi restore kemudian pilih Google Drive yang digunakan pada saat melakukan pencadangan pesan whatsapp.

Itulah cara melakukan backup dan restore pesan whatsapp secara mudah dengan akun Google Drive milik Anda. Caranya cukup mudah bukan? Bahkan tidak memakan banyak waktu yang sangat lama.

Jika Anda punya ide briliant untuk membuat aplikasi Android yang mampu backup segala jenis aplikasi chatting seperti Whatsapp Messenger, Line, Telegram dalam satu tempat segera wujudkan. Untuk membuat aplikasi android sangat mudah, Anda bisa mengikuti Kursus Android di Course-Net.

Anda dipastikan akan bisa membuat aplikasi kurang dari 1 bulan. Mengapa demikian? Karena Coach/Pengajar di Course-Net memiliki 3P (Praktisi dibidangnya, Punya Sertifikasi Internasional dan Punya Prestasi). Segera dapatkan seat Anda sebelum terlambat. Hubungi staff kami melalui live chat atau whatsapp dan dapatkan harga terbaik.

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp