Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke PHP Laravel Framework

Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke PHP Laravel Framework

Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke PHP Laravel Framework – Saat ini dunia pemrograman di Indonesia sedang dalam masa peralihan. Hal ini terlihat dari banyak sekali developer yang dimudahkan dalam membangun program atau aplikasi.

Beberapa tahun lalu, untuk membangun sebuah software atau aplikasi mengharuskan developer untuk merancang setiap bagian dengan coding. Dengan adanya framework membuat aplikasi berbasis web ataupun desktop menjadi lebih mudah. Framework adalah software pendukung para developer profesional dalam merancang aplikasi untuk lebih tersusun dan terstruktur.

Ada 2 jenis Framework dalam dunia pemrograman yaitu Desktop Framework dan Web Framework. Kedua framework tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Desktop Framework digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop sedangkan Web Framework digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web.

Secara umum, Framework tersusun dengan struktur MVC ( Model View Controller ) yang memungkinkan developer dapat mengelompokan fungsi-fungsi seperti fungsi inputan, proses dan output dari sebuah aplikasi.

Beberapa Framework yang biasa digunakan oleh developer di Indonesia:

  • Desktop Framework : Net. Framework, JavaFx, Electron dan lain sebagainya.
  • Web Framework : Laravel, Yii, CodeIgniter, Phalcon, Symfoni, Meteor, Bootsrap, Bulma dan lain sebagainya.

Dari banyaknya framework yang digunakan oleh apps developer saat ini, Laravel framework yang paling banyak digunakan. Selain karena bersifat opensource, framework populer satu ini juga menawarkan banyak fitur-fitur powerfull guna pengembangan aplikasi.

Tidak sampai disana saja keunggulan dari Laravel Framework. Berikut Course-net akan memberikan alasan beberapa developer beralih ke PHP Framework terbaik saat ini.

Mengapa Banyak Orang Beralih ke PHP Laravel Framework, Ini Alasannya :

laravel framework

1. Mendukung Arsitektur MVC

Laravel Framework menerapkan arsitektur MVC dalam membantu perancangan aplikasi. MVC adalah sebuah singkatan dari Model, View dan Controller. Ini adalah keunggulan Laravel yang pertama. MVC Laravel memiliki fungsi built-in yang cukup diminati para developer. Seluruh fitur tersebut dirancang untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan keamanan dan skalabilitas dari aplikasi yang dirancang.

2. Keamanan yang Kuat

Alasan selanjutnya adalah keamanan yang sangat kuat.  Laravel Framework menerapkan mekanisme kata kunci (password) dengan metode hashed dan salted. Dengan metode tersebut password akan dienkripsi pada database. Sehingga administrator pun tidak bisa melihat passwordnya. Pihak Laravel juga mengklaim bahwa hasil enkripsinya tidak akan tertembus oleh ancaman SQL Injection karena menggunakan metode “Bcrypt Hashing Algorithm“.

3. Eloquent ORM

Eloquent Object Relational Mapping (ORM) adalah salah satu penerapan dari PHP lanjutan yang mengimplementasikan PHP Active Record yang membantu mengatasi beberapa masalah yang timbul pada hubungan objek database. Hal ini cukup menguntungkan para web developer, karena biasanya menuliskan query database menggunakan sintaks PHP dibandingkan dengan code SQL.

4. Unit Testing

Ada yang menarik perhatian banyak orang yang memilih Laravel Framework dibanding Framework yang lain yaitu unit testing. Beberapa developer yang telah menggunakan Laravel mengatakan unit testing pada framework ini sangat mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan saat selesai create project dapat langsung mengimplentasikan unit testing. 

5. Library + Modular

Keunggulan lainnya dari Laravel Framework adalah tersedianya library dan modular yang lebih banyak dibandingkan beberapa web framework lain. Dengan banyaknya modular dan library yang bisa dibongkar pasang, maka tidak heran membangun aplikasi web dengan Laravel sangatlah mudah.

Itulah beberapa alasan mengapa banyak orang yang beralih menggunakan Laravel Framework dibanding framework lain. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh Laravel, namun lebih baik Anda mencobanya sendiri agar tahu dimana letak perbedaannya. Bagi yang ingin mempelajari Laravel lebih dalam lagi, Course-net mengadakan program kursus Laravel setiap bulannya.

kursus php, kursus php online, kursus php jogja, kursus php bandung, kursus php surabaya, kursus php jakarta, kursus php depok, kursus php laravel, kursus php murah, kursus php mysql jakarta, pemrograman php, pemrograman php pdf, pemrograman php adalah, pemrograman php dan mysql untuk pemula, pemrograman php dasar, pemrograman php dan mysql, pemrograman php dan mysql pdf, pemrograman php codeigniter black box, pemrograman php dan mysql untuk pemula pdf, pemrograman php untuk pemula, belajar php, belajar php dasar, belajar php pdf, belajar phpmyadmin, belajar php mysql, belajar php online, belajar php 7, belajar php oop, belajar php di android, belajar php laravel,

Dalam kursus Laravel Framework ini, Anda akan diajarkan membuat aplikasi web menggunakan framework terbaik saat ini. Tentunya mulai dari awal perancangan hingga installasi client server. Jika belum paham dengan materinya, Anda bisa mengikuti re-coaching di bulan berikutnya, dan itu GRATIS. Seperti penuturan salah satu peserta coaching Laravel bulan lalu, di bawah ini:

Bapak Fachrul Firmansyah telah mengikut kursus Laravel di Course-Net. Alasan mengapa beliau belajar Laravel Framework adalah framework ini sedang populer dan sekarang sedang banyak dicari juga web developer. Dengan mengikuti coaching Laravel, Anda akan mendapat sertifikat dari Course-Net sebagai bukti bahwa Anda memiliki skill pada framework populer ini.

Bagi Anda yang ingin belajar Laravel, saat ini Course-Net sedang membuka kelas Laravel. Dapatkan promo potongan harga, untuk Anda yang menghubungi tim kami hari ini juga.

Klik WA

Tinggalkan Balasan