Bagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer?

24 March 2018 By 0 Comments

Worm animal, Worm komputer, Worm virus, contoh virus Worm, pengertian WormBagaimana Cara Worm Menginfeksi Komputer? – Worm sangat mirip dengan virus komputer secara fungsi dan desainnya. Bisa dianggap worm adalah sub-kelas dari virus. Worm juga menyebar dari komputer ke komputer yang lain, tetapi tidak seperti virus, worm memiliki kemampuan untuk menyebar tanpa harus ada tindakan dari manusia. Worm mengambil keuntungan dari file yang mengatur sistem transportasi pada komputer yang mampu menyebar sendiri tanpa tindakan dari manusia.


Inilah Penyebab Utamanya

Karena sifat worm yang memiliki kemampuan menyalin dirinya sendiri dan mampu menyebar tanpa tindakan manusia, maka untuk kebanyakan kasus sistem yang terinfeksi worm akan banyak mengkonsumsi terlalu banyak sistem memori atau bandwidth jaringan, menyebabkan web server crash, server jaringan juga dapat terganggu, dan bisa saja masing-masing sistem komputer dapat berhenti merespons.

Perkembangan worm telah semakin menjadi-jadi, hingga sekarang telah muncul worm terbaru yang diberi nama worm Blaster, worm jenis ini sudah banyak dibicarakan di internet, worm ini dirancang untuk mampu masuk ke celah keamanan sistem kita dan memungkinkan si pengguna worm yang jahat tersebut dapat mengontrol komputer kita dari jarak jauh.


Worm adalah program komputer jahat yang mampu memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya sendiri dari komputer satu ke komputer yang lain. Worm akan menggunakan sumber daya manajemen waktu dan bandwidth jaringan pada komputer ketika melakukan proses duplikasi dirinya sendiri. Maka dari itu terkadang kinerja komputer akan terasa sangat panas dan berat padahal hanya menjalankan program biasa. Worm pertama kali muncul pada tahun 2001 dan banyak berasal dari Internet, sehingga seperti proses yang terus berputar tanpa bisa berhenti. karena pengguna internet sangat banyak, maka pertumbuhan worm juga dipastikan sama besarnya.


Worm yang berhasil lolos akan mengeksploitasi celah keamanan pada software yang kita instal atau pada sistem operasi. Sebagai bukti, kasus Worm yang parah terjadi pada tahun 2003, worm ini diberi nama worm slammer, worm slammer ini telah mampu menembus sistem yang memanfaatkan celah keamanaan pada Microsoft SQL server pada sebuah situs majalah, kemudian setelah ditemukan worm slammer ini hanya berukuran sangat kecil, yaitu sebesar 376 byte.


Worm juga mampu bergerak dan menginfeksi mesin komputer melalui jaringan komputer. diperkirakan mulai dari tahun 2001, worm telah mampu menduplikasi dirinya sendiri menjadi 250.000 setiap 9 jam.

Tetap pantau postingan dari Course-Net untuk informasi teknologi terkini. Selain itu Course-Net juga telah membuka pelatihan untuk kamu yang ingin mendalami dunia teknologi, seperti pelatihan belajar hacker untuk pemula misalnya 🙂