Aplikasi Text Editor yang Wajib Anda Miliki sebagai Programmer Awam

Aplikasi Text Editor yang Wajib Kamu Punya sebagai Programmer Awam – Anda sedang belajar coding atau baru menjadi programmer awam? Jangan lupa, lengkapi aktivitas coding dengan memiliki aplikasi text editor yang wajib Anda install di laptop atau PC. Text editor merupakan aplikasi yang dipakai buat memasukkan kode pemrograman. Tidak hanya programmer saja, tapi web designer juga memakainya untuk membuat halaman web yang akan mereka desain.

Aplikasi seperti ini punya fitur khusus buat menulis script coding dan tidak ada compiler yang sudah terintegrasi sebelumnya. Biasanya di dalamnya ada fitur umum yang bisa membantu Anda membuat coding, mulai dari syntax highlighting, replace syntax, snippet, code folding, sampai line marking.

Ada banyak pilihan aplikasi text editor yang dapat Anda gunakan untuk belajar coding Android dan bahasa pemrograman yang lainnya. Simak saja beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan.

Sublime Text

sublimetext

Aplikasi text editor ini termasuk aplikasi terbaik untuk Anda yang masih awam dalam dunia programming. Bisa digunakan dengan mudah dan tampilannya yang tidak sulit tuk dimengerti juga akan membuat Anda tidak perlu repot-repot mencari cara memakainya. Untuk Anda yang menggeluti web developer, text editor ini wajib karena fiturnya yang lengkap untuk membuat website.

Untuk memakainya, ada 2 tipe yang dapat Anda pilih, yaitu gratis dan berbayar. Meski gratis, Anda bisa tetap menggunakan fitur yang sudah bisa membantu Anda dalam mempelajari sekaligus membuat coding-nya. Agar bisa semakin efektif membantu codingan, jangan lupa instal plugins buat melengkapi fitur lainnya.

Notepad++

notepad plusplus

Anda yang mau belajar coding juga tidak akan kerepotan menggunakan aplikasi text editor Notepad++. Aplikasi ini termasuk aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan di PC atau pun laptop. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan dari Notepad++, mulai dari Assembly, C, HTML, PHP, CSS, SQL, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada banyak kelebihan juga yang ditawarkan dari aplikasi gratis ini, seperti GUI-nya yang menarik dan sangat membantu Anda dalam membuat coding. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan plugins yang bisa memudahkan Anda belajar membuat program.

Bluefish Editor

bluefish editor

Aplikasi text editor lainnya yang efektif membantu Anda belajar coding yaitu Bluefish. Text editor ini juga punya keunggulan yang tidak kalah menariknya dari aplikasi sebelumnya. Ada fitur khusus yang bisa Anda pakai, seperti undo atau redo yang tidak terbatas, search code, membuka file tanpa batas, dan sebagainya.

Dari tampilannya, meski sangat simple, tapi tetap gampang dimengerti buat orang-orang yang masih awam. Anda yang ingin membuat aplikasi Android tidak ada salahnya juga menggunakan text editor ini, apalagi Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

Vim

VIM Editor

Vim atau dikenal juga dengan Vi Improved merupakan aplikasi text editor yang terbilang sangat powerful. Dengan tampilannya yang sederhana, Anda akan gampang mengontrolnya hanya dengan menggunakan keyboard saja atau shortcut keyboard. Jadinya, Anda tidak usah ribet-ribet lagi memilih tugasnya dengan memakai mouse.

Mulai dari mengubah dokumen, memindahkan, menghapus, sampai otomatis mengubah teks menjadi keunggulan tersendiri dari aplikasi text editor ini. Caranya yang simple dan tidak ribet, tidak heran banyak programmer yang menyukai aplikasi ini, apalagi pas banget buat Anda yang sedang belajar coding Android karena ada fitur yang lengkap.

Aplikasi text editor memang sangat penting Anda butuhkan, tapi tidak ada salahnya juga Anda mengikuti kursus coding tambahan agar skill Anda bisa semakin meningkat dengan cepat dan spesifik. Course-Net bisa menjadi pilihan tempat kursus IT yang terbaik, apalagi program materinya sangat menarik Anda ikuti. Dijamin saja setelah Anda ikut program Coaching, Anda bisa membuat aplikasi Android atau lainnya dari tangan Anda sendiri. Dapatkan promo menarik dengan Chat via Whatsapp dengan tim kami 🙂

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp