7 Aplikasi Google yang Bisa Membantu Kamu Tangani Ketagihan Smartphone

Aplikasi Google ini bisa membantu kamu tangani ketagihan smartphone – Penggunaan smartphone kian hari kian meningkat. Bahkan sekarang smartphone sudah seperti kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Percaya atau tidak, lambat laun kita akan bergantung kepada smartphone.

Bagaimana tidak? Setiap orang kini lebih banyak mencari tahu melalui smartphone. Ketika belum ada smartphone, saat bingung mencari jalan saja, kita bertanya kepada orang atau berinteraksi. Sekarang buka aplikasi Google Maps atau Waze.

Ketika mencari nomor telpon suatu tempat pun, kadang kita mencarinya di Yellow Pages atau bertanya kepada teman atau kerabat. Sekarang, tinggal mengetikan nama tempat pun sudah bisa muncul nomor telpon yang bisa dihubungi.

Beberapa kasus diatas yang menginisiasi Google dalam menurunkan tingkat ketergantungan kepada smartphone. Secara tidak langsung Google pun memperhatikan kesehatan penggunanya. Ada beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh Google guna menekan angka “Kecanduan” ini. Berikut ini beberapa aplikasi Google ini bisa membantu kamu tangani ketagihan smartphone.

Unlock Clock

unlock lock

unlock lock

Yang pertama ialah Unlock Clock. Aplikasi ini sistem kerjanya seperti “live wallpaper” dengan tampilkan jumlahnya dari sebegitu banyak pemakai meng-unlock atau buka HP mereka.

Dalam deskripsinya, Unlock Clock dirangcang untuk pengguna smartphone dapat memperhitungkan berapakah banyak mereka buka HP pada 1 hari. Melalui aplikasi ini, pengguna jadi dapat lebih sadar akan jumlah dari memakai HP sehari-harinya.

Aplikasi ini dibangun dengan : Android Live Wallpaper API

Post Box

post box

post box

Setelah itu aplikasi selanjutnya adalah Post Box. Sederhananya, aplikasi ini mempunyai tujuan untuk batasi pemberitahuan tampil di monitor HP pemakai.

Bukannya ‘melemparkan’ segudang pemberitahuan selama seharian, Post Box akan memberikan pemberitahuan itu serta memunculkannya kembali di waktu yang dipastikan. Bila kamu takut melepaskan pemberitahuan penting, ada pilihan untuk pilih mana pemberitahuan yang tidak mau dibatasi.

Aplikasi ini dibangun dengan : Kotlin, Notification Access API, OpenGL

Morph

morph

morph

Morph pada intinya adalah launcher yang bisa menampilkan beberapa aplikasi berlainan berdasar kegiatan rutin serta tempat pengguna. Jadi, Morph dirancang untuk bisa menyesuaikan dengan apa yang pengguna sedang kerjakan.

Misalnya, bila kamu sedang ada di kantor, Morph akan tampilkan aplikasi seperti e-mail, kalender serta dokumen. Sebetulnya, telah ada aplikasi launcher lain yang tawarkan ide sama, tetapi Morph lebih sederhana.

Aplikasi ini dibangun dengan : Maps Places API

We Flip

we flip

we flip

We Flip direncanakan untuk ‘memotong’ tingkat pemakaian HP saat kamu sedang bergabung atau ada pada suatu percakapan group.

Singkatnya, We Flip akan masukkan smartphone kamu kedalam mode privacy dimana tidak ada pemberitahuan apapun yang akan muncul. Dengan We Flip, pengguna jadi dapat lebih bertanggungjawab dengan waktu bergabung bersama dengan rekan atau keluarga mereka.

Aplikasi ini dibangun dengan : Kotlin, Nearby API

Desert Island

desert island

desert island

Desert Island adalah aplikasi Digital Wellbeing dari Google selanjutnya yang dirancang untuk membantu para pengguna smartphone supaya masih konsentrasi pada aplikasi-aplikasi penting tersendiri.

Desert Island akan menggantikan smartphonemu serta cuma akan mengikutkan aplikasi yang di rasa diperlukan pemakai seperti kamera, catatan, aplikasi pesan dan sebagainya. Daftar aplikasi dapat dikustomisasi oleh pemakai serta Desert Island akan melawan pemakai untuk dapat terus memakai aplikasi yang tercatat dalam 24 jam ke depan.

Aplikasi ini dibangun dengan : Android SDK

Paper Phone

paper phone

paper phone

Bila dibanding dengan aplikasi lain di daftar ini, Paper Phone tambah lebih berlebihan, tetapi dalam pengertian baik. Sesuai dengan namanya, Paper Phone tuntut pemakai untuk cuma memakai “smartphone kertas” saat jalani hari-hari mereka.

Contohnya, pemakai ingin pergi ke satu restoran serta perlu panduan arah, karena itu Paper Phone akan cetak satu peta komplet dengan panduan arah, berbentuk kertas. Dengan adanya ini, pemakai jadi tak perlu bawa smartphone mereka.

Aplikasi ini dibangun dengan : Android SDK

Digital Wellbeing

kesehatan Digital

kesehatan Digital

Bila kamu merasa install tiap aplikasi di atas rasanya sangat merepotkan, karena itu kamu dapat coba cara cepatnya melalui Digital Wellbeing. Ini mungkin tidak mempunyai semua peranan dari 6 aplikasi awalnya, tetapi untuk peranan dasarnya, Digital Wellbeing mempunyai semua.

Digital Wellbeing bisa tampilkan seluruh catatan kamu saat membuka smartphone serta berapakah waktu yang dihabiskan untuk tiap aplikasi sehari-harinya. Tidak hanya tampilkan data-datanya saja, Digital Wellbeing dapat juga menolong pemakai dengan potensi limitasi waktu pemakaian di setiap aplikasi. 

Aplikasi-aplikasi diatas adalah sedikit gambaran bagaimana Google berusaha menjaga kesehatanmu terhadap kecanduan gadget khususnya smartphone. Namun Course-Net menemukan hal yang menarik dari beberapa daftar aplikasi diatas. Terlihat ada 2 aplikasi yang dibangun dengan Kotlin. Sebenarnya apa itu Kotlin?

Kotlin adalah ………………..

Kotlin

Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang dikembangkan oleh JetBrains (perusahaan software yang  bergerak dibidang pengembangan IDE IntelliJ IDEA dan Android Studio ) untuk membuat aplikasi multiplatform. Dan belum lama ini, Google telah mendukung Kotlin menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan untuk membangun aplikasi android.

Mengingat kelebihan Kotlin yang mampu memjawab masalah-masalah dalam industri aplikasi Android. Saat ini sudah banyak Developer yang menggunakan bahasa ini. Sebut saja UBER, Netflix, Coursera, Evernote dan masih banyak lagi. 

Kotlin memang dibangun berdasarkan pengalaman dari bidang industri aplikasi android, maka tak heran Kotlin mampu mengambil perhatian dengan cepat meskipun terbilang baru diluncurkan. 

Dengan maraknya permintaan di Indonesia, maka Course-net memberikan kesempatan untuk kamu untuk mempelajari bahasa pemrograman android terbaik saat ini. Kami pun menyediakan promo menarik berupa diskon biaya kursus android Kotlin, dengan cara isikan nama dan nomor whatsappmu di live chat sebelah kanan bawah. Atau kamu bisa chat langsung dengan staff kami bagaimana prosedur mengikuti kursus ini. 

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp