Apa sih Virtual Reality itu?

Apa sih Virtual Reality itu?

Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user atau pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan 3 dimensi yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat para penggunanya seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.

Aplikasi dan Contoh Vitual Reality

Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur, dan penerbangan yang mempunyai risiko yang sangat besar dan membutuhkan prototype yang meniru kondisi nyata sebelum diimplementasikan. Contohnya, seorang calon pilot dapat menggunakan VR untuk simulasi penerbangan menggunakan komputer khusus untuk melakukan ujian tes menerbangkan pesawat.

Virtual Reality biasanya membutuhkan peralatan-peralatan khusus, seperti layar komputer (screen) untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara (speaker) untuk menerima informasi pendengaran, pelacak (tracker) untuk memonitor gerakan kepala user, sarung tangan (glove) untuk menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem, alat bantu jalan (walker) untuk memantau gerakan kaki, dan lain lain.

Cara Kerja Virtual Reality

Pada prinsipnya, pengguna melihat suatu dunia maya yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer. Melalui perangkat pendukung virtual reality, pengguna dapat berinteraksi dengan dunia maya dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

Banyak sekali keuntungan penerapan virtual reality, ada banyak pekerjaan yang sulit dapat dijadikan mudah dengan menggunakan teknologi ini misalnya seperti ujian menerbangkan pesawat untuk calon pilot, melihat desain dari sebuah hotel atau rumah, dan bermain game ketangkasan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai virtual reality yang memiliki manfaat yang banyak untuk mempermudah pekerjaan dan mengurang risiko. Bagi Anda yang tertarik di Bidang IT dan ingin memiliki skill IT, Anda dapat mengikuti coaching di Course-Net.

Course-Net adalah lembaga pelatihan IT yang menerima Global Award dari EC-Council di Atlanta, USA. Course-Net memberikan pelatihan untuk meningkatkan mutu SDM di Indonesia khususnya dibidang IT. Kami juga aktif mengadakan pelatihan IT setiap bulannya seperti kursus digital marketing, kursus hacker, kursus android developer dan masih banyak lagi.

7.000 Peserta telah bergabung di Course-Net dan dapatkan banyak benefit :

  1. Mendapatkan Sertifikat dari Course-Net (Attendance + Skill) dan juga Sertifikat Internasional (khusus pelajaran tertentu)
  2. Mendapatkan bimbingan langsung dari Praktisi Kelas Dunia
  3. 1x bayar BELAJAR SAMPAI BISA. Kurang paham? Tinggal ikut kelas ulang. GRATIS
  4. Setiap lulusan berkesempatan mengikuti Job Connector
  5. Tergabung dalam komunitas belajar & alumni

Berminat untuk memiliki skill IT yang bersertifikasi Internasional, solusinya ikut pelatihan di Course-Net. Hubungi tim kami sekarang juga untuk mendapatkan potongan harga untuk upgrade skill Anda.

Klik WA

Tinggalkan Balasan