You are currently viewing Apa Itu Keamanan Siber?

Apa Itu Keamanan Siber?

Pada era digital seperti sekarang ini dimana kehidupan maya dan kehidupan nyata menjadi satu kesatuan tak terpisahkan, kejahatan siber pun semakin merebak. Oleh sebab itu keamanan siber hadir di tengah – tengah kita. Lantas, apa itu keamanan siber?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tentang apa itu keamanan siber, tujuannya apa dan fungsinya seperti apa. Informasi selengkapnya tentang keamanan siber beserta tujuan dan fungsinya dapat Anda simak dalam pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Keamanan Siber dan Fungsinya

Siber merupakan kejahatan online yang seringkali terjadi dan hadir dengan berbagai macam cara. Hadirnya keamanan siber berfungsi sebagai bagian dari keamanan lalu lintas online untuk menanggulangi atau mengatasi maraknya kejahatan siber yang sering terjadi.

Tujuan para siber tentunya adalah untuk mengganggu, membuat kegaduhan, memeras dan bahkan memperkaya diri melalui jalan ninja memanfaatkan internet. Ada banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk melakukan agenda kejahatannya ini seperti mengirimkan malware, spyware, ransomware, DDoS (Denial of Service) atau pun phising. Semua itu sangat mungkin terjadi di dunia internet yang semakin canggih seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, kedudukan dari keamanan siber menjadi hal yang sangat penting. Untuk melindungi pengguna internet dari lalu lintas kejahatan siber, ada beberapa tipe keamanan siber yang berfungsi untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan dari oknum atau terduga oknum tak bertanggung jawab dan mencegah terjadinya kejahatan tersebut terjadi.

Beberapa tipe keamanan siber yang dimaksud seperti :

1. Enkripsi

Ketika enkripsi digunakan sebagaimana mestinya dan bukan di ransomware, maka akan sangat cocok dalam menjadi sistem keamanan suatu perangkat. Program enkripsi ini hadir dengan mengambil pesan atau file kemudian membuatnya menjadi kode yang tidak dapat dibaca.

Hal ini berarti bahwa meski ada seseorang di tengah komunikasi yang terjadi antara dua pihak atau orang yang terlibat, mereka tidak akan dapat melihat apapun. Sebagai contoh adalah sistem enkripsi dari WhatsApp. Jadi bagi Anda yang akan menggunakan aplikasi apapun, upayakan memiliki sistem enkripsi untuk melindungi data dan privasi Anda selama menggunakannya.

2. VPN

Apa itu VPN? Jadi program VPN adalah program keamanan siber yang dirancang untuk menyamarkan alamat IP. Alamat IP sendiri merupakan alamat yang memiliki fungsi untuk menjadi ID unik secara online yang serupa dengan alamat asli pengguna.

Dengan penyamaran melalui VPN, calon penipu tidak dapat mengetahui lokasi atau jaringan pengguna internet yang mengaktifkan VPN pada penggunaan internet di perangkatnya.

3. Autentifikasi

Autentifikasi dua langkah merupakan sistem lapisan keamanan ganda yang seringkali digunakan untuk masuk ke suatu akun misalkan akun instagram, agar kita bisa tahu ketika ada orang lain yang masuk ke akun yang kita punya tanpa izin.

4. SIEM

SIEM merupakan singkatan dari Security Information and Event Management atau informasi keamanan dan manajemen peristiwa. Program keamanan siber yang bernama SIEM ini merupakan suatu program keamanan yang akan bekerja secara real time. SIEM biasanya digunakan dalam bisnis dan dijual dalam bentuk perangkat lunak.

5. Antivirus dan firewall

Antivirus dan firewall merupakan program keamanan paling simple yang bisa diinstall sendiri untuk melindungi suatu perangkat seperti laptop atau perangkat seluler lainnya. Antivirus dan firewall hadi sebagai program keamanan siber yang dapat membantu menghentikan program jahat seperti malware yang dapat mengancam sistem yang digunakan.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu keamanan siber dan tipe – tipe keamanan siber yang bisa kita manfaatkan untuk melindungi data, file atau folder dari berbagai potensi kejahatan siber.

Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi informasi yang memberi manfaat dan menarik. Hubungi tim kami, jika Anda tertarik belajar keamanan siber secara mendalam.

Klik WA