Apa Itu Kartu Prakerja

Tahukah Anda, beberapa hari belakangan ini muncul sebuah kartu sakti yang cukup dinantikan kehadirannya sejak tahun lalu, Yap kartu tersebut adalah Kartu Prakerja. Melalui Kementrian Tenaga Kerja kini Pemerintah serius membuat program kartu prakerja.

Sasaran kartu ini adalah para warga Indonesia yang ingin mencari pekerjaan, namun kini pemerintah tampaknya lebih fleksibel terhadap sasaran kartu ini. Dan benar saja, kartu ini dapat dimanfaatkan juga bagi para pekerja yang dirumahkan atau PHK dikarenakan pandemi COVID-19.

Sayangnya hingga gelombang pertama pendaftaran kartu prakerja ditutup, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, seperti apa itu kartu prakerja.

Pada kesempatan yang istimewa ini, Course-Net.com akan memberikan informasi tentang “Apa Itu Kartu Prakerja”.

Apa itu kartu prakerja?

Dilansir dari laman resmi Prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi warga Indonesia yang ingin memiliki ataupun meningkatkan keterampilannya. Kartu ini hadir, karena Pemerintah percaya bahwa setiap warga Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan skill atau keterampilan yang dimilkinya.

Apa manfaat yang didapatkan bagi pemegang kartu prakerja?

Para pemegang kartu prakerja akan memperoleh dana manfaat sebesar Rp 3.550.000. Dana tersebut dapat digunakan dengan rincian antara lain

  • Biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000
  • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2.400.000
  • Insentif survey sebesar Rp 150.000

Penerima kartu tersebut dapat mengikuti pelatihan secara online melalui platform mitra resmi pemerintah, seperti Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy, Maubelajarapa, Pintaria, Pijarmahir, Sekolahmu, dan Sisnaker. Bantuan tersebut juga dapat hangus dalam waktu 30 hari jika penerima belum menggunakan kartu prakerja untuk pelatihan keterampilannya.

Apakah bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan secara tunai?

Bantuan tidak diberikan secara tunai melainkan akan diberikan secara non-tunai melalui mitra platform digital dan mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja. Seperti BNI, OVO, LinkAja, dan Gopay.

Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?

Bantuan akan diberikan sebanyak 8 kali dalam bentuk:

  1. Biaya pelatihan senilai Rp 1.000.000 (1 kali)
  2. Insentif pasca pelatihan senilai Rp 600.000(4 kali)
  3. Insentif survey senilai Rp 50.000 (3 kali)

Apa syarat mendapatkan kartu prakerja?

Penerima kartu prakerja harus memenuhi syarat seperti berkewarganegaraan Indonesia yang dibuktikan dengan kartu Tanda Penduduk (KTP), berusia minimal 18 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Untuk mendapatkan kartu tersebut, pencari kerja atau pekerja/buruh harus mendaftar secara online Prakerja.go.id.

Perlu diketahui, kartu prakerja ini bukanlah kartu seperti ATM atau BLT (Bantuan Langsung Tunai). Jika sudah mendaftar secara online, maka data akan diverifikasi oleh panitia pusat dan nanti akan diseleksi secara online selama 15 menit dengan soal kemampuan dasar dan motivasi.

Jika lulus maka Anda akan menerima notifikasi melalui Email yang didaftarkan. Intinya kartu prakerja untuk Anda meningkatkan kompetensi/kemampuan dengan pelatihan secara online.

Kapan pendaftaran kartu prakerja dibuka?

Gelombang pertama pendaftaran kartu prakerja dibuka mulai 11-16 April 2020. Pendaftaran gelombang pertama ini sudah ditutup. Kemudian, pendaftaran kartu prakerja dibuka pendaftaran gelombang ke dua pada tanggal 20 April hingga 23 April 2020 pukul 16:00 WIB.

Bagi Anda yang telah dinyatakan lulus pada gelombang pertama dan ingin memiliki kompetensi dibidang IT seperti :

  • Teknik Coding Dasar Untuk Menjadi Apps Developer
  • Pelatihan Strategi Praktis Menjadi Network Admin & IT Support
  • Tips & Trick Belajar Menjadi Java Apps Developer
  • Strategi Praktis Menjadi Database Admin Handal

Anda dapat menghubungi kami di kontak dibawah ini, Course-Net akan siap membantu Anda guna meningkatkan kompetensi di bidang IT.

Klik WA

Leave a Reply