Apa Itu Data Science?

Apa Itu Data Science?

Apa Itu Data Science? – Menurut Urban Institute, data science merupakan sebuah keterampilan yang membutuhkan pengetahuan / ilmu komputer, pemrograman, teknologi, maupun statistik, di mana berada di luar rangkaian pelatihan dasar bagi peneliti ilmu sosial.

Keterampilan yang dimaksud disini mencakup teknologi dan teknik seperti memanfaatkan komputasi cloud, analisis big data, pembelajaran tanpa pengawasan atau biasa disebut dengan unsupervised learning, pemrosesan natural language. Pembelajaran tanpa pengawasan ini bisa dicontohkan seperti analisis cluster, web scraping, teknik fuzzy, machine learning, dan lain sebagainya.

Data science merupakan pilihan yang paling tepat karena data science dikatakan dapat sangat membantu peneliti agar dapat bekerja secara efektif untuk menghasilkan informasi terbaru yang tepat waktu, menjelajahi kumpulan data yang masih benar-benar baru dan dilengkapi dengan cara yang baru, mengubah pemodelan simulasi, serta kegiatan sejenis ini lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bukti yang diperlukan.

Bukti ini nantinya akan dibuat untuk membuat kebijakan yang lebih baik lagi, memperkuat komunitas, dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

3 komponen yang terlibat dalam data science adalah?

Data science sudah sering dibicarakan di berbagai kegiatan baik dalam diskusi kelompok, seminar, pelatihan, maupun acara sejenis ini lainnya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui 3 komponen yang terlibat dalam data science? Berikut 3 komponen yang terlibat dalam data science:

  • Organizing data, komponen ini memiliki arti proses penyimpanan data yang dikombinasikan dengan manajemen data.
  • Packaging data, komponen ini memiliki arti proses manipulasi dan penggabungan data yang mentah dan nantinya akan direpresentasikan.
  • Delivering data, komponen ini memiliki arti proses untuk memastikan bahwa pesan data sudah diakses oleh orang-orang atau individu masing-masing yang memang memerlukannya.

Dengan peningkatan aliran data yang drastis, akan membuahkan alat-alat baru yang dapat digunakan untuk memanfaatkan data mentah dengan tepat.

Alat untuk data science

Untuk mempelajari data science secara rinci, Anda juga perlu mengetahui dengan jelas tentang alat-alat yang umum digunakan dalam data science. Berikut daftar lengkap alat-alat yang umum digunakan dalam data science:

1. Big data

Alat yang paling utama dalam penggunaan data science ialah big data. Dengan menggunakan big data, maka seseorang yang memahami data science (data scientist) akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk memprediksi produk apa yang akan dijual, membantu perusahaan telekomunikasi untuk memprediksi waktu yang tepat dan alasan pelanggan mengganti operator, serta membantu perusahaan asuransi mobil untuk memahami seberapa baik pelanggan pada saat mengemudi.

2. Machine learning

Setelah big data, alat yang kedua adalah machine learning. Alat ini sedikit berbeda karena memiliki sifat interdisipliner dan menggunakan teknik dari bidang ilmu komputer, statistik, dan artificial intelligence.

Komponen paling utama yang dimiliki alat ini ialah algoritma yang dapat belajar secara otomatis dari pengalaman yang sudah ada untuk memperbaiki kinerjanya. Algoritma pada machine learning dapat diterapkan di berbagai bidang.

3. Data mining

Yang dimaksud dengan data mining adalah penerapan algoritma khusus untuk mengekstraksi pola pada sebuah kumpulan data. Alat ini berhubungan erat dengan machine learning. Mengapa begitu? Karena data mining merupakan sebuah proses yang menggunakan algoritma machine learning untuk mengekstrak pola-pola informatif yang telah disimpan dalam kumpulan data.

4. Deep learning

Alat yang biasa digunakan dalam data science selanjutnya adalah deep learning. Deep learning merupakan istilah yang terbilang relatif baru dan sedang banyak dibicarakan. Jika deep learning ialah proses penerapan teknologi deep neural network, sedangkan untuk deep neural network ialah arsitektur jaringan saraf dengan beberapa lapisan yang tersembunyi untuk memecahkan suatu masalah.

5. Artificial Intelligence (AI)

Saat ini sepertinya sudah banyak orang yang mengenal apa itu Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence (AI) adalah pengetahuan dalam bidang ilmu komputer yang menekankan pada penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti layaknya manusia.

Komponen inti dari alat yang satu ini adalah pemrograman komputer untuk sifat-sifat tertentu seperti misalnya pengetahuan, penalaran, pemecahan masalah, persepsi, pembelajaran, perencanaan, dan lain sebagainya.

Bagaimana, apakah sampai disini Anda sudah lebih mengenal tentang data science secara lebih rinci lagi? Anda bisa mengikuti kelas data science baik secara offline maupun online di Course-Net Indonesia. Anda akan belajar data science dari dasar hingga paham bagaimana mengelola data dengan benar.

Dapatkan juga sertifikasi internasional dari Wiley, jika Anda lulus dalam ujian dari Wiley. Sertifikasi ini menjadi modal besar Anda untuk menjadi data scientist andal dengan gaji puluhan juta rupiah.

Klik WA